Indahnya Hutan Biru di Belgia Ini Bak Dalam Negeri Dongeng

20 Juni 2017
|Venanda
34SHARES

Berbeda dari hutan lain yang biasanya berwarna hijau, hutan yang satu ini justru sangat menarik karena didominasi dengan warna biru. Hutan unik ini hanya ada di Belgia tepatnya di kota Brussel. Saat kamu mengunjungi hutan ini, hamparan warna birunya akan membawamu seolah-olah sedang berada di dalam negeri dongeng. Penasaran mengapa hutan yang banyak pohonnya ini justru berwarna biru? 

Hutan yang merupakan satu-satunya hutan berwarna biru di Eropa ini, bernama Hallerbos Forest. Warna biru dari hutan ini berasal dari ribuan bunga bluebells yang tumbuh hampir di seluruh permukaan tanahnya. Bunga ini memang merupakan bunga endemik dari hutan ini. Mereka tumbuh diantara pohon-pohon yang menjulang tinggi. Warna biru yang dominan dari bunga bluebells ini menyebabkan Hallerbos Forest dijuluki sebagai hutan biru.   

Dulu warna biru di Hallerbos Forest pernah menghilang saat perang dunia pertama karena serangan tentara Jerman. Kemudian setelah perang usai, pada sekitar tahun 1930 dan 1950-an dilakukan revitalisasi dan reboisasi untuk mengembalikan keindahan hutan biru ini. Untungnya karena bunga bluebells adalah tumbuhan liar endemik dari ratusan tahun yang lalu, proses revitalisasi hutan ini berjalan lancar. Sehingga keindahannya bisa kita nikmati sampai sekarang.

Jika kamu ingin melihat keindahan hutan biru ini, sebaiknya kamu datang pada musim semi, yaitu pada akhir bulan April hingga awal bulan Mei. Pada waktu inilah bunga bluebells mekar dan membuat hutan Hallerbos seperti dilapisi karpet berwarna biru keunguan. Kamu bisa menikmati keindahan hutan ini sambil berjalan, bersepeda, atau bahkan berkuda di jalan setapak yang sudah disediakan. Pemerintah melarang keras pengunjung berjalan di antara bunga untuk menjaga kelestarian bunga bluebells yang menjadi ikon dari hutan ini.

Berjalan menikmati indahnya warna biru dari bunga bluebells dan mendengar suara gesekan daun di hutan itu bisa membuat pikiran menjadi segar setelah seharian disibukkan dengan kegiatan yang padat. Kamu juga bisa berjalan-jalan di hutan dekat tempat tinggalmu untuk refreshing di akhir pekan ini. Dengan berjalan-jalan ke alam sejenak, kamu bisa melepaskan penat dan mengisi energi lagi untuk beraktifitas minggu depan. Jadi sudah memutuskan mau kemana minggu ini?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
34SHARES