Ilegal dan Dikecam di Indonesia, Profesi Prostitusi Justru Legal di 9 Negara Ini!

16 April 2018
|Galih Wisnu Brata
365SHARES

Prostitusi telah ada sejak dulu. Walaupun demikian, kegiatan tersebut tetap menjadi sesuatu yang ilegal di banyak negara karena dianggap melanggar norma dan memiliki berbagai bahaya dan risiko. Namun, ternyata ada beberapa negara yang justru melegalkannya lho. Kok bisa ya? Yuk kita kepo negara mana aja!

1. Kanada

Negara yang luasnya 9,9 juta kilometer persegi ini awalnya menganggap prostitusi sebagai aktivitas ilegal. Namun, pada 20 Desember 2013, aturan pun berbalik. Pengadilan tinggi Kanada menemukan bahwa ilegalnya prostitusi tidak sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Maka dari itu, prostitusi menjadi profesi legal di negara ini.

2. Selandia Baru

Sejak tahun 2003, Selandia Baru juga melegalkan prostitusi. Bahkan para pekerja seks di Selandia Baru mendapatkan hak yang sama dengan pekerja yang lain. Perlindungan hukum, layanan kesehatan public, dan tunjangan sosial diterima oleh para pekerja seks di Selandia Baru.

3. Jerman

Sama halnya dengan pekerja seks di Selandia Baru, pekerja seks di Jerman juga mendapat haknya sebagai pekerja. Asuransi kesehatan dari pemerintah dan tunjangan sosial diterima oleh pekerja seks. Namun, mereka juga dikenai pajak seperti pegawai lainnya. Di Jerman, prostitusi legal sejak tahun 1927.

4. Brasil

Nama negara Brasil diambil dari nama kayu lokal di negara tersebut. Di Brasil, pertanian dan hutan hujan tropis banyak ditemukan. Walau demikian, di tahun 1990-an, pelacur di Brasil diperkirakan mencapai 1 juta orang. Bisa dikatakan bahwa pelacuran di negara ini merupakan bisnis terbesar.

5. Belanda

Secara terang-terangan, Belanda telah melegalkan berbagai hal yang tabu di banyak negara lain, seperti perkawinan sesama jenis dan prostitusi. Di wilayah yang disebut red light district, jejeran PSK bisa ditemukan. Sekitar 30 ribuan pekerja seks bisa dijumpai di sana.

6. Jepang

Jepang terkenal sebagai negara penghasil teknologi. Tak hanya itu, negara ini juga dikenal masyarakat dunia karena menghasilkan banyak anime yang digemari. Tak ketinggalan, film biru juga sering diproduksi di Jepang. Di negeri Ramen ini, prostitusi juga dilegalkan loh. Bahkan per tahunnya, Jepang bisa meraup untung hingga 24 juta dolar dari industri seks.

7. Austria

Di Austria, prostitusi telah dilegalkan. Syarat untuk menjadi pekerja seks adalah berusia minimal 19 tahun. Jika ingin mendaftar, harus melakukan registrasi ke pemerintah agar terdata secara resmi. Untuk menjaga kesehatan para pekerja seks, layanan kesehatan diberikan pemerintah secara berkala.

 

Agak mengherankan ya keputusan negara-negara ini. Kira-kira apa pertimbangannya bagi mereka hingga melegalkan profesi ini ya? Apa nggak berisiko tinggi bagi negara itu sendiri? Bukannya prostitusi sering bersandingan dengan berbagai bentuk kriminalitas lainnya seperti perdagangan manusia dan peredaran obat-obatan terlarang? Entahlah, mungkin kita perlu memahami lagi pertimbangan negara tersebut dan nilai yang dianut oleh masyarakatnya. Yang pasti, untuk di Indonesia yang berasaskan pancasila, prostitusi masih jauh dari kata legal dan masih menjadi profesi yang tabu untuk dilakukan.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
365SHARES