Fadli Zon Nyatakan Kita Butuh Pemimpin Seperti Putin, Benarkah Sosok Putin Cocok Memimpin Indonesia?

08 April 2018
|Ojik
0SHARES

Baru-baru ini Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon membuat pernyataan bahwa Indonesia butuh sosok pemimpin seperti Presiden Rusia, Vladimir Putin. Fadli mengungkapkan bahwa Putin merupakan pemimpin yang berani, visioner, dan tidak hobi hutang ke negara lain. Bahkan Fadli juga mengungkapkan bahwa Putin tidak planga plongo. Sebuah pernyataan yang diduga menyinggung seseorang.

Sontak saja pernyataan Fadli Zon ini langsung memicu pro dan kontra di kalangan netizen. Bahkan beberapa netizen juga mengungkapkan bahwa sindiran Fadli Zon itu menuju kepada pak Jokowi selaku Presiden Indonesia.  Perdebatan pro dan kontra terhadap pernyataan Fadli pun terus berlanjut, apalagi mengenai Putin yang dibawa-bawa ke dalam cuitan Fadli Zon ini.

Melihat nama Presiden Rusia dibawa kedalam pernyataan ini, muncul pertanyaan, apakah memang benar sosok seperti Putin cocok memimpin Indonesia? Nah biar ga penasaran, yuk kita analisis tingkat kecocokannya berdasarkan beberapa fakta mengenai Vladimir Putin yang kiranya sesuai dengan keadaan di Indonesia berikut ini!

1. Mengatasi masalah krisis ekonomi secara singkat

Putin sudah menjadi Presiden Rusia sejak tahun 2000. Setelah sekian lama ia menjabat menjadi presiden, tentu saja Putin sudah ikut bertanggung jawab terhadap tumbuh dan kembangnya negara ini. Salah satu kesuksesan Putin di Rusia adalah, mengatasi masalah krisis ekonomi Rusia yang berhasil di atasi dalam kurun waktu 1 tahun, yaitu 2005-2006. Bahkan Rusia berhasil melunasi hutangnya pada Paris Club yang jumlahnya cukup banyak.

2. Membongkar sejumlah kasus keuangan saat menjadi Wakil Perdana Menteri

Rusia sendiri pernah menjadi negara dengan perekonomian yang terpuruk akibat dari campur tangan pihak asing. Bahkan kondisi perekonomian terus memburuk hingga tahun 1998. Pada tahun itu, pemerintah Rusia bahkan mengungkapkan bahwa mereka tidak lagi mampu membayar hutang-hutang mereka. Namun kondisi tersebut mulai membaik pada tahun 1999, saat Putin menjadi Wakil Perdana Menteri. Pada posisi inilah Putin mengambil tindakan dengan menyelidiki beberapa kasus keuangan di Rusia, sehingga banyak skandal yang terbongkar.

3. Menjadi 100 orang paling berpengaruh di dunia

Keberhasilan Putin menjaga negaranya memasukkan Putin menjadi 100 orang paling berpengaruh di dunia. Putin mampu menghadapi semua masalah yang disebabkan oleh para pendahulunya, dan menjaga kondisi negara tetap utuh dan aman, bahkan mampu memperkuat perekonomian rusia. Salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia, yaitu mantan Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev bahkan memuji Putin secara terang-terangan.

Tapi tentu saja keberhasilan Putin ini ada dengan berbagai pengorbanan. Seperti penangkapan para kelompok kaya di Rusia yang menguasai berbagai industri strategis, hingga penangkapan lawan politiknya yang membuat Putin mendapatkan titel diktator dari berbagai pihak.

4. Mencaplok Crimea

Sebanyak 6000 pasukan Rusia pada tanggal 27 Februari 2014 bergerak ke arah semenanjung Crimea di Ukraina dan mengambil alih pangkalan militer, gedung pemerintah, serta tempat pertahanan politik. Bahkan setelahnya, Putin langsung meminta referendum yang kemudian berakhir dengan Crimea bergabung dengan Rusia. Walaupun Putin ditentang oleh negara-negara Barat, tetap saja Putin tidak mau mendengarkan karena Putin selalu satu langkah lebih dekat untuk mencapai impiannya menyatukan kembali masyrakat Rusia.

5. Menjadi negara superpower 2020 dan mengalahkan negara lainnya

Putin sangat berambisi untuk Rusia. Bahkan Putin mengungkapkan bahwa pada tahun 2020 negaranya akan meraih status kekuatan militer yang lebih besar dari negara Barat. Dengan proyek modernisasi militer yang berjalan baik, kantor militer dari yayasan global, Plougshares, melaporkan bahwa Rusia telah memiliki 8500 hulu ledak nuklir jauh lebih banyak dibanding Amerika. Bahkan pada 2015, terlihat 2 pesawat pengebom Rusia melintas di atas wilayah kanal Inggris

Itulah beberapa kebijakan dan keberhasilan Putin di Rusia. Meski banyak prestasi yang patut dipuji, namun jangan lupakan pula berbagai sikap dan kebijakan kontroversial Putin yang memantik amarah banyak pihak seperti berbagai pernyataannya yang seksis, dan dugaan kecurangan dalam Pemilu yang ia menangkan.

Tokoh Putin yang demikian, rasanya belum tentu cocok memimpin Indonesia. Pasalnya, karakteristik dari Putin tentu saja berbeda dengan karakteristik masyarakat di Indonesia. Pun kultur, budaya, serta sumber daya alam ataupun karakter manusia dari Rusia atau Indonesia pun berbeda. Jadi, apakah kamu setuju dengan pernyataan Fadli Zon bahwa sosok Putin tepat untuk memimpin Indonesia?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ojik
"masa muda masa yang berapiapi."
0SHARES