Duh, Kasihan! 8 Negara Ini Berumur Pendek. Baru Merdeka Sebentar, Langsung Bubar Jalan!

07 Desember 2017
|Galih Wisnu Brata
467SHARES

Negara menjadi tempat berlindungnya setiap orang. Dengan adanya negara, setiap orang bisa mendapatkan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Berdirinya sebuah negara tentunya diharapkan agar langgeng dan bisa terus maju. Tapi, ternyata ada beberapa negara di dunia ini yang hanya berumur pendek, tidak mampu berdiri merdeka dalam jangka waktu yang panjang. Inilah 8 negara yang kemerdekaannya hanya berumur pendek.

1. Republic of Hatay (294 hari)

Dahulu Republik of Hatay merupakan jajahan Perancis. Republic of Hatay juga pernah bergabung dengan Suriah atas mandat dari Perancis. Saat ini, daerah ini menjadi bagian dari Turki. Sebelumnya, Republic of Hatay merupakan sebuah negara yang menyatakan kemerdekaannya pada 7 September 1938. Negara ini pun telah membuat dan menerapkan undang-undang dan mata uang yang diadopsi dari Turki. Namun, pada 29 Juni 1939, Republic of Hatay menyatakan bergabung dengan Turki dan menjadi Provinsi Hatay. Dengan demikian, negara ini hanya berdiri selama kurang dari setahun atau sekitar 294 hari.

2. Neapolitan Republic (165 hari)

Neapolitan Republic awalnya merupakan bagian dari kerajaan Spanyol. Saat terjadi krisis ekonomi, Philip IV yang saat itu memegang kekuasaan tidak peduli dengan rakyatnya. Karena hal itu muncullah pemberontakan yang dipimpin oleh Gennaro Annese. Melalui pemberontakan ini, berdirilah Neapolitan pada 22 Oktober 1674 sebagai negara yang merdeka. Untuk memperkuat pemerintahan, pemimpin saat itu meminta bantuan Perancis.

Sayangnya, kemerdekaan negara ini berumur pendek dan harus berakhir setelah 165 hari berdiri tepatnya pada tanggal 5 April 1648. Henry, pemimpin Neapolitan Republic, ditekan oleh Philip yang juga melancarkan serangan tanpa balasan dari pihak Henry. Akhirnya, Neapolitan Republic bergabung kembali ke Spanyol.

3. Juliana Republic (113 hari)

Perang Farrapos yang melibatkan pemerintah Brazil melawan pemberontak dari Riograndense Republic menjadi alasan kuat berdirinya Juliana Republic. Juliana Republic dulu berdiri di provinsi Santa Catarina, Brazil. Para pemberontak Riograndense dibantu tentara Italia yang dipimpin oleh Giuseppe Garibaldi menyerang dan menguasai Santa Catarina. Mereka kemudian memproklamasikan berdirinya Juliana Republic pada 24 Juli 1839. Namun lagi-lagi kemerdekaan tersebut berumur pendek. Pemerintah Brazil pun turun tangan yang pada akhirnya bisa merebut kembali wilayahnya tersebut pada 15 November 1839. Dengan demikian, Juliana Republic hanya bediri selama 113 hari.

4. Galician Soviet Socialist Republic (75 hari)

Perang Polandia dan Uni Soviet menjadi pemicu berdirinya negara yang berumur pendek ini. Uni Soviet berhasil menduduki sebuah daerah di Polandia. Kemudian, Uni Soviet menamainya Galician Soviet Socialist Republic. Negara ini menyatakan proklamasinya pada 8 Juli 1920. Tetapi, pemerintahan yang dibentuk tidak mampu berjalan sebagaimana mestinya. Pada akhirnya, wilayah itu dikembalikan ke Polandia oleh Uni Soviet melalui Perjanjian Perdamaian Riga tanggal 21 September 1920. Jadi, Galician Soviet Socialist Republic hanya bertahan selama 75 hari.

5. Labin Republic (38 hari)

Labin Republic didirikan oleh para penambang di kota Labin, Provinsi Istria, Italia pada tahun 1921. Negara yang berumur pendek ini berdiri sebagai wujud protes para penambang yang menolak rezim fasis yang menguasai Italia. Para penambang menguasai kota dan memproklamasikan kemerdekaannya selama 38 hari. Masa pemerintahan di negara ini berlangsung sejak 2 Maret 1923 dan berakhir pada 8 April 1921. Kini, Labin Republic telah menjadi bagian dari Kroasia.

6. Bavarian Republic (28 hari)

Republik Bavarian hanya berdiri selama 28 hari. Negara yang berumur pendek ini muncul akibat revolusi Jerman yang terjadi pada 1918 hingga 1919. Kemerdekaan negara ini dideklarasikan oleh kelompok komunis di selatan Jerman, yaitu Unabhangige Sozialdemokratische Partei Deutschlands pada 6 April 1919. Karena pejabatnya dipilih dengan tidak bijak, negara ini pun tidak mampu menjalankan pemerintahan dengan stabil. Pada tanggal 6 Mei 1919, tentara Jerman mengambil alih Bavarian dan menghukum kelompok komunis. Sejak saat itu, Bavarian bergabung dengan Jerman.

7. Connaught Republic (13 hari)

Negara ini berdiri di Irlandia selama masa pemberontakan tahun 1798. Republik Connaught juga memiliki nama lain, Republic of Connacht atau Irish Republic. Dukungan untuk negara ini didapat dari tentara Perancis. Republik Connaught mendeklarasikan diri sebagai negara pada tanggal 13 Agustus 1798. Sayangnya, pada 8 September 1798, Republik Connaught berhasil digulingkan oleh pasukan Inggris. Dengan kata lain, negara ini hanya bertahan selama 13 hari. Kini, Connaught kembali bergabung dengan Irlandia.

8. Carpatho (kurang dari 24 jam)

Carpatho menjadi negara dengan umur terpendek di dunia. Negara ini berumur kurang dari 24 jam. Dulunya, Carpatho merupakan daerah otonomi dari Cekoslovakia sejak 1938 hingga 1939. Setelah Cekoslovakia kalah terhadap Jerman, banyak daerah-daerah di Cevoslovakia yang kemudian melepas diri menjadi sebuah negara, termasuk Carpatho. Carpatho menyatakan kemerdekaan pada 14 Maret 1939. Hal ini memicu kemarahan dari negara tetangga, Hungaria. Pada hari itu juga, Hungaria menyerang dan berhasil mengambil alih Carpatho. Keesokan harinya, Carpatho resmi bubar. Carpatho saat ini merupakan bagian dari Ukraina.

Wah, sayang sekali ya. Negara yang didirikan dengan susah payah harus berakhir dengan singkatnya. Mungkin, karena negara-negara tersebut kurang mampu mempertahankan kemerdekaannya sehingga harus menelan pil pahit kekalahan dari pihak lain. Bagaimanapun, keberadaan negara-negara berumur pendek di atas menegaskan kepada kita bahwa keinginan merdeka memang harus diperjuangkan dan dipertahankan sedemikian rupa. Beruntung Indonesia masih mampu mempertahankan kedaulatannya sehingga nggak bernasib sama dengan negara-negara berumur pendek di atas.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
467SHARES