Duh, Hati-Hati Tertukar. Bendera Negara-Negara Ini Mirip Banget. Kebetulan Bukan Ya?

30 Januari 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Setiap negara memiliki bendera yang menggambarkan filosofi tiap negara tersebut. Bendera negara memang menjadi lambang identitas dan ciri dari suatu negara. Dilihat dari fungsinya tersebut seharusnya bendera dari tiap negara tidak ada yang mirip apalagi sama. Namun, siapa sangka, ada loh negara-negara yang bendera negaranya mirip bahkan sama? Negara mana saja ya? Penasaran kan? Simak ulasan berikut ini yah.

1. Amerika Serikat, Liberia, Malaysia

Ketiga bendera negara ini memiliki warna yang sama dan juga pola yang sama. Yang membedakan hanyalah gambar di pojok kiri. Bendera Amerika Serikat diisi gambar puluhan bintang, bendera Liberia diisi gambar satu bintang, dan bendera Malaysia diisi gambar bulan dan matahari.

2. Argentina, Nikaragua, El Salvador, Honduras, dan Uruguay

Keempat negara ini memiliki bendera dengan warna dan corak yang sama. Warna bendera terdiri dari biru dan putih yang disusun menjadi tiga lapis dengan lapis putih diapit lapis warna biru. Yang membedakan adalah gambar yang ada di tengah bendera. Untuk bendera Uruguay lebih mirip ke bendera Argentina karena dulunya Uruguay merupakan bagian Argentina.

3. Belanda, Luksemburg, Slovenia, Rusia, Slovakia, Paraguay, dan Kroasia

Tujuh negara ini memiliki bendera dengan warna yang sama, biru, putih, dan merah. Selain itu, ketujuh benderanya juga terdiri dari tiga lapisan. Bendera negara Belanda dan Luksemburg memiliki sususan warna yang sama, bedanya Luksemburg biru yang digunakan biru muda. Rusia, Slovakia, Slovenia memiliki susunan warna yang sama, tetapi Slovenia dan Slovakia disertai gambar di benderanya. Begitu juga dengan Paraguay dan Kroasia.

4. Denmark, Finlandia, Swedia

Tiga negara yang berada di wilayah benua Eropa bagian utara ini menggunakan bendera dengan salib horizontal di dalamnya. Yang membedakan adalah warna dasar yang digunakan.

5. Irlandia dan Pantai Gading

Oren, putih, dan hijau adalah warna yang diusung di dua negara ini menjadi warna bendera. Irlandia dan Pantai Gading mempunyai bendera yang terlihat berkebalikan.

6. Italia dan Hungaria

Italia menjadikan warna bahan pembuat pizza menjadi warna bendera, yaitu hijau dari daun basil, putih dari keju mozzarella, dan merah dari tomat. Warna yang sama digunakan juga di bendera negara Hungaria, tetapi Hungaria menyusunnya secara horizontal.

7. Jerman dan Belgia

Sama halnya dengan Italia dan Hungaria, Jerman dan Belgia memiliki warna bendera yang sama. Bedanya, Jerman menyusun secara vertikal, sedangkan Belgia menyusun secara horizontal.

8. Bolivia, Ghana, Mali, Kamerun, Guinea, dan Senegal

Keenam negara benua Afrika ini menggunakan warna kuning, hijau, dan merah untuk benderanya.  Perbedaannya keenam bendera negara tersebut terletak pada penyusunan warna dan penambahan gambar.

9. Monako, Indonesia, Polandia, Greenland, dan Austria

Merah putih ternyata tak hanya milik Indonesia, tetapi juga dimiliki oleh Monako. Polandia dan Greenland memilih untuk membalik warnanya, menjadi putih merah, sedangkan Austria menyusunnya menjadi tiga lapis, merah, putih, dan merah.

10. Norwegia dan Islandia

Tanda salib horizontal juga digunakan oleh Norwegia dan Islandia. Kedua bendera ini tampak saling berkebalikan dalam menggunakan warna.

11. Rumania, Chad, Andorra, dan Moldova

Lagi-lagi warna dasar yang dipilih sama. Tak hanya itu, susunan warnanya pun sama. Rumania dan Chad memiliki bendera negara yang sama persis. Andorra dan Moldova menggunakan lambang di benderanya.

12. Somalia dan Vietnam

Tidak seperti negara-negara sebelumnya, dua negara ini memilih warna dasar bendera yang berbeda. Namun, keduanya sepakat menggunakan gambar bintang yang besar di tengah bendera.

13. Sudan, Yordania, Palestina

Pola yang dipilih tiga negara ini sama persis, warnanya pun sama. Hanya susunan warna dan gambar di benderalah yang membedakannya.

14. Suriah, Irak, Yaman, dan Mesir

Keempat negara ini menggunakan warna merah, putih, dan hitam. Susunan warnanya sama, tetapi Suriah dan Mesir menaruh gambar di tengahnya, sedangkan Irak meletakkan tulisan di tengahnya.

15. Thailand dan Kostarika

Sama halnya dengan negara-negara sebelumnya, warna yang dipilih kedua negara ini untuk bendera sama. Yang membedakan adalah cara penyusunannya.

Gimana, bingung nggak bedainnya? Kalau lagi di acara bareng, kira-kira pernah ketuker nggak ya benderanya? Bagaimanapun, penetapan warna, susunan dan motif bendera negara pasti didasarkan pada pemikiran dan perhitungan yang matang. Karena itu, kita harus hargai bendera setiap negara ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES