Dokter Bedah Ini Dikecam Karena Menorehkan Inisialnya di Hati Pasien. Duh, Kenapa Sih?

20 Desember 2017
|Idham Nur Indrajaya
947SHARES

Kita mempercayakan kesehatan tubuh kita kepada dokter. Bahkan, dalam kasus-kasus tertentu, kita bisa mempercayakan keselamatan nyawa kita kepada mereka. Namun, bagaimana jika ada seorang dokter bedah yang menandatangani organ dalam tubuh kita saat sedang menjalani operasi? Praktek itu dilakukan oleh seorang ahli bedah dari Inggris bernama Simon Bramhall. Dia adalah seorang dokter bedah yang cukup dikenal dengan baik oleh masyarakat karena kapabilitasnya, namun reputasi yang sudah dia bangun pun langsung runtuh karena perbuatannya yang dianggap tidak senonoh itu pun diketahui oleh orang-orang.

Bramhall terciduk telah mengukir inisial namanya dengan alat pemancar gelombang panas yang digunakan untuk mengendalikan pendarahan saat pasien sedang dioperasi. Pada awalnya, hobi dia itu tidak pernah ketahuan oleh para rekan-rekannya di ruang operasi. Dia mengukirkan inisial namanya di organ hati yang hendak ditransplantasi ke dalam tubuh pasien.

Aksinya tersebut akhirnya terungkap saat pasien yang telah ditransplantasi itu melakukan operasi untuk kedua kalinya, dan tersingkaplah inisial “SB” yang menghiasi hati pasien tersebut.

Setelah aksinya terungkap, pada awalnya kasus dirinya ditangani oleh Rumah Sakit Queen Elizabeth tempat dia bekerja sebagai skandal internal. Namun, berita tentang perbuatan dirinya pun tercium juga oleh masyarakat luar sehingga dia langsung mendapatkan panggilan dari pengadilan. Meskipun demikian, sejauh ini pihak jaksa penuntut belum bisa menjatuhkan hukuman pada dirinya karena perbuatannya bisa jadi dianggap tidak berbahaya bagi keselamatan pasien. Akan tetapi, pihak jaksa pun mempertimbangkan bahwa tindakannya itu tidak hanya menyimpang dari etika, melainkan juga bisa bersifat kriminal.

Terlepas dari apa yang diperbuatnya kepada dua pasien (satu pria dan satu wanita) yang namanya dirahasiakan hingga saat ini, Bramhall adalah dokter bedah yang telah menyelamatkan banyak nyawa orang, dan reputasinya itu pun membantu dirinya dalam menghadapi kecaman dari orang-orang. Salah satu mantan pasien Bramhall pun sampai ada yang menyatakan pembelaan terhadap dokter itu. Dia mengatakan bahwa hal yang dilakukannya itu bukanlah masalah besar karena toh dia tetap menyelamatkan nyawa pasien-pasiennya.

Hingga saat ini, kasus yang ditimbulkan oleh dokter bedah ini masih menjadi hal yang diperdebatkan oleh beberapa pihak. Kalau menurut kamu, pantas nggak sih Bramhall mendapatkan hukuman atas tindakan isengnya? Atau haruskah ia ditegur saja dan dibiarkan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Idham Nur Indrajaya
Gak Punya Quote Nih!
947SHARES