Bukan Sulap Bukan Sihir, 6 Negara Ini Hilang dari Peta Dunia, Kok Bisa?

24 Desember 2017
|Galih Wisnu Brata
3.1 KSHARES

Sebuah negara pasti akan tertera dalam peta dunia. Tercantumnya nama negara di peta dunia menunjukkan bahwa negara tersebut diakui keberadaannya. Karena keberadaannya lenyap, ada beberapa negara yang dihapuskan dari peta. Hilangnya negara-negara tersebut bisa terjadi akibat bergabung dengan negara lain atau pecah menjadi beberapa bagian. Nah, Inilah 6 negara yang keberadaannya telah dihapus dari peta dunia.

1. Vietnam Selatan (1954-1975)

Vietnam pernah terbagi menjadi dua bagian pada tahun 1954 berdasarkan Perjanjian Jenewa. Perjanjian itu dibuat setelah Sekutu berhasil mendesak mundur Perancis yang saat itu menjajah Vietnam. Dalam perjanjian itu, Vietnam dibagi menjadi Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Namun, keduanya kembali menjadi satu negara setelah melakukan perang dari tahun 1957 hingga 1975.

2. Jerman Timur

Jerman pernah terbagi menjadi 4 wilayah kekuasaan, yakni zona Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan Uni Soviet. Pembagian itu terjadi saat berakhirnya Perang Dunia II. Keempat wilayah itu mengerucut menjadi 2 wilayah, yaitu Jerman Barat yang dipegang AS dan Sekutu serta Jerman Timur yang dipegang Uni Soviet. Namun, setelah tembok Berlin dirobohkan Jerman Timur menghilang dan menyatu menjadi negara Jerman.

3. Yugoslavia (1918-2003)

Yugoslavia pernah menjadi salah satu negara yang besar di dunia. Keberadaan negara ini tercatat berdiri sejak 1918 sampai 2003. Namun, pada awal 1990-an, konflik internal menyerang negeri ini. Masalah politik dan perang saudara yang berkelanjutan menjadi pemicu konflik tersebut. Akhirnya, Yugoslavia terpecah menjadi beberapa negara, yaitu Serbia, Kroasia, Macedonia, Montenegro, Bosnia, dan Slovenia.

4. Uni Soviet

Sama halnya dengan Yugoslavia, Uni Soviet menghilang dari peta karena terpecah menjadi 15 negara. Dulunya, Uni Soviet merupakan negara adidaya yang memimpin blok Timur. Negara yang berdiri sejak 30 Desember 1922 ini akhirnya harus bubar di tahun 1991. Bubarnya negara besar ini salah satunya dipicu oleh mundurnya Gorbachev, presiden yang menjabat saat itu.

5. Sikkim (Abad 8 M-1975)

Mungkin banyak yang belum tahu terkait eksistensi negara Sikkim. Negara Sikkim terletak di Pegunungan Himalaya dan terhimpit antara India dan Tibet-Cina. Negara monarki kecil ini berdiri sejak abad 8 Masehi hingga akhir abad 20, tepatnya tahun 1975. Sikkim memutuskan untuk bergabung ke India setelah rakyatnya mengalami kemiskinan yang tak berkesudahan.

6. Cekoslowakia (1918-1992)

Cekoslovakia merupakan negara warisan dari Kekaisaran Austro-Hungaria. Selama berdiri, negara ini mencoba mempertahankan sistem demokrasi. Pada Maret 1939, Cekoslovakia diambil alih oleh Jerman. Kemudian, negara ini direbut oleh Uni Soviet. Pada saat itu, Cekoslovakia mencoba untuk bangkit. Namun, etnis Slavia menuntut kemerdekaan hingga akhirnya Cekoslovakia terpisah menjadi Republik Ceko dan Slovakia.

Itulah 6 negara yang sudah tidak tampak lagi keberadaannya di peta dunia karena berbagai alasan. Kalian sempat menjumpai negara-negara tersebut di peta? Semoga Indonesia tidak mengalami pelenyapan seperti negara-negara di atas ya. Karena itu, yuk kita selalu jaga keutuhan dan persatuan Indonesia!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
3.1 KSHARES