Banyak Diperbincangkan dan Memicu Perdebatan di Indonesia. Berikut 5 Negara Yang Melarang Penggunaan Cadar

10 April 2018
|Ojik
0SHARES

Baru-baru ini penggunaan cadar banyak diperbincangkan dan perdebatan di Indonesia. Asal muasal perbincangan ini berasal dari adanya larangan pemakaian cadar di salah satu universitas di Indonesia yang kemudian menjadi viral. Kasus ini kemudian menimbulkan banyak perdebatan di sosial media ataupun di kehidupan bermasyarakat secara langsung. Belum selesai kasus pelarangan cadar di beberapa kampus ini, ornamen pakaian perempuan muslim tersebut kembali diributkan. Hal ini disebabkan oleh puisi dari Sukmawati Soekarno Putri, yang salah satu bait puisinya berisi ‘sari konde ibu indonesia sangatlah indah, lebih cantik dari cadar dirimu’. Perdebatan terkait cadar atau niqab ini pun semakin kencang terdengar.

Sebenarnya penggunaan niqab ini sudah banyak diperdebatkan oleh beberapa negara. Bahkan ada beberapa negara yang sudah mengeluarkan peraturan untuk melarang penggunaan artikel pakaian perempuan muslim ini. Seperti baru-baru ini di Austria yang telah mengesahkan undang-undang yang berisi tentang larangan menutup wajah di ruang publik, termasuk penggunaan burqa bagi perempuan muslim di ruang publik.

Sebenarnya negara mana saja sih yang melarang penggunaan cadar di dunia ini? Biar kita ga semakin penasaran, berikut beberapa negara yang melarang penggunaan cadar!

1. Perancis

Perancis adalah negara pertama di Eropa yang melarang penggunaan cadar. Tepatnya pada tahun 2011 lewat peraturan resmi, Perancis melarang penggunaan cadar di tempat umum.

2. Italia

Italia sendiri sebelumnya sudah melarang masyarakatnya untuk menutup muka ditempat umum baik dengan helm, ataupun jilbab sejak tahun 1975. Namun secara resmi, salah satu wilayah Italia, Lombardy, melarang penggunaan cadar di kantor publik dan rumah sakit sejak tahun 2015.

3. Belgia

Aturan di Belgia sendiri bermakna bahwa seseorang dilarang mengenakan pakaian yang mengaburkan wajah mereka di tempat umum. Tentu saja ini berlaku untuk cadar. Aturan di Belgia ini berlaku sejak tahun 2011.

4. Tiongkok

Tak hanya di Eropa, ternyata pelarangan penggunaan cadar juga berlaku di salah satu wilayah Asia ini. Namun tidak seluruh wlayah di negara Tiongkok melarangnya. Aturan ini berlaku untuk wilayah Xinjiang, Tiongkok Barat. Aturan larangan penggunaan cadar berlaku sejak tahun 2014.

5. Jerman

Negara pemenang piala Dunia pada tahun 2013 ini ternyata juga melarang penggunaan cadar. Sebelumnya menteri dalam negeri Jerman, Thomas de Maizier telah meminta terlebih dahulu agar setiap perempuan wajib menampakkan wajahnya ketika mengemudi, mendaftar dalam urusan dengan pihak berwajib, hingga di sekolah, universitas, kantor publik, dan pengadilan. Namun kemudian kebijakan itu baru diresmikan pada Agustus 2016, oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel, yang mengumumkan bahwa setiap orang wajib menampakkan wajahnya di tempat-tempat publik tertentu.

Terlepas dari perdebatan yang ada di Indonesia, nyatanya penggunaan cadar ini menjadi tindakan ilegal di beberapa negara. Kebanyakan keberatan negara akan burqa atau niqab ini namun bukanlah terkait sentimen keagamaan melainkan karena artikel pakaian yang menutup wajah ini dapat mempersulit proses identifikasi. Nah, kalau menurut kamu nih untuk Indonesia sendiri sebaiknya bagaimana dalam menyikapi cadar? Atau adakah metode identifikasi lainnya bagi perempuan bercadar agar tak perlu dipaksa melepas cadar yang merupakan bagian dari bentuk keimanannya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Ojik
"masa muda masa yang berapiapi."
0SHARES