8 Fakta Menakjubkan tentang Islandia, Negara Paling Damai di Dunia!

09 Oktober 2017
|Lulu Lukyani
0SHARES

Hidup damai, nyaman, dan aman pastinya jadi impian setiap orang. Masalah-masalah di sekitar kita, seperti kejahatan, kerusuhan, keributan di sana-sini kadang bikin kita jadi rungsing dan pengen menetap di suatu tempat yang tenang, nyaman, dan pastinya damai. Emangnya ada ya tempat yang bener-bener damai? Nah, ini! Di tengah hiruk-pikuk permasalahan dunia, ternyata ada, lho, tempat yang bener-bener nyaman banget sampai dijuluki sebagai negara paling damai di dunia. Di mana ya kira-kira? Yup! Islandia!

Islandia adalah negara kecil di Eropa yang letaknya berdekatan dengan Greenland. Menurut Global Peace Index, Islandia adalah negara paling damai di dunia. Fakta tersebut adalah hasil dari kompilasi data yang dihimpun oleh Institute for Economics & Peace. Emangnya kenapa sih Islandia dijuluki sebagai negara terdamai di dunia? Islandia adalah negara progresif dengan sistem kesehatan, pendidikan, dan keamanan nomor satu di dunia. Islandia juga memiliki lingkungan tinggal yang sangat bersih dan sehat. Tata kota yang sangat rapih, bebas polusi, minim penyakit, dan pemandangan alam yang sangat indah bisa kamu temui di Islandia.

Wow! Pasti jadi pengen makin tau tentang Islandia kan? Nah, kali ini YuKepo punya fakta-fakta tentang Islandia yang pastinya bakal bikin kamu bilang “Gila, keren banget!” dan dijamin bikin kamu makin terkagum-kagum sama Islandia. Apa aja sih faktanya? Yuk, langsung aja kita kepoin delapan fakta menakjubkan tentang Islandia, negara paling damai di dunia!

1. Tidak ada polusi

Kalau kamu biasa wara-wiri di kota besar yang sangat aktif dan dipenuhi debu serta polusi dari kendaraan dan pabrik, kamu pasti bakalan kaget banget kalau berkunjung ke Islandia. Tidak ada polusi di Islandia, guys! Tidak ada polusi! Kamu bakal menemukan tempat yang benar-benar sejuk dengan udara segar dan airnya yang sangat bersih. Saking bersihnya, kamu bisa, lho, langsung minum air dari keran yang jauh lebih bersih daripada air kemasan. Gimana gak bikin betah coba?

2. Tidak ada nyamuk

Selain negara yang bebas polusi, Islandia juga satu-satunya negara yang bebas nyamuk. Nyamuk yang biasanya berkembang biak di tempat-tempat kotor pasti tidak bisa hidup di negara sebersih Islandia. Mantep kan? Kamu gak akan bentol-bentol, gak akan tepok nyamuk sana-sini lagi kalau tinggal di Islandia.

3. Tidak ada McDonald

Sampai sekarang, sama sekali tidak ada McDonald di Islandia. McDonald sudah tidak ada lagi di Islandia setelah terjadi krisis keuangan pada tahun 2009 silam. Selain itu, di Islandia juga tidak ada toko waralaba. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Islandia, jangan harap bisa makan cheeseburger atau mcflurry dari McD ya. Eh, tapi gapapa gak ada McD, jadi mengurangi konsumsi junkfood kan. Jadi makin sehat deh masyarakatnya. 

4. Tidak ada pornografi

Islandia memang negara yang memiliki pandangan bebas dalam masalah seksual, tapi Islandia melarang keras pornografi, lho. Gak cuma itu, Islandia juga melarang penari telanjang. Makanya, di Islandia ini tidak ada bar striptis dan stus-situs pornografi juga diblokir oleh pemerintahnya. Hal ini bertujuan untuk melindungi anak-anak dari kejahatan pornografi. Salut!

5. Percaya pada dunia Peri

Folklore ternyata masih dipegang kuat oleh masyarakat Islandia. Walaupun mayoritas agama di Islandia adalah agama Kristen aliran Lutheran, mereka masih percaya pada dunia Peri dan masih menyembah berhala. Penduduk Islandia percaya bahwa Peri tinggal di daerah bebatuan. Peri bagi mereka memiliki kekuatan magis dan jika rumah mereka diganggu, mereka akan marah sehingga penduduk Islandia tidak sembarangan merusak alam. Mereka pun tetap memegang kepercayaan tradisinya untuk melestarikan alam. Keren!

6. Tidak ada nama keluarga

Biasanya penduduk Eropa selalu mempunyai nama belakang dengan menggunakan nama keluarga. Berbeda nih dengan penduduk Islandia. Nama belakang penduduk Islandia menggunakan nama ayah atau ibu dengan ditambahkan “son” untuk anak laki-laki dan “dottir” untuk anak perempuan. Misalnya, nama belakang anak laki-laki adalah “Gunnarson” atau “Gunnardotir” untuk anak perempuan dari seorang “Gunnar”. Lucu, ya?

7. Negara yang sangat hobi membaca

Penduduk Islandia ini punya kegemaran yang sangat tinggi, lho, dalam membaca. Bahkan, tingkat membaca di negara ini mencapai angka 100%. Penduduknya juga dijamin gak ada lagi yang buta huruf. Penduduk Islandia punya pepatah kuno, katanya, “lebih baik telanjang daripada tidak membaca”. Gak heran kan kalau Islandia juga dikenal memiliki kualitas sistem pendidikan kelas dunia. 

8. Tidak punya kekuatan militer

Islandia sama sekali tidak memiliki kekuatan militer. Bahkan, para polisi di Islandia pun tidak pernah membawa senjata, lho! Selain itu, keamanan di Islandia juga dibantu oleh para penjaga pantai. Gedung kepresidenan di Islandia juga tidak mempunyai pengamanan. Waduh?! Pantes aja ya kalau negara yang satu ini dijuluki sebagai negara paling aman di dunia.

Itu dia delapan fakta tentang Islandia! Ajaib banget kan? Pasti sekarang kalian masih kepo, kok bisa sih ada negara sehebat itu? Nah, jangan cuma terkagum-kagum ya, guys! Hal-hal keren dari Islandia harusnya bisa kita ikuti dan kita terapkan di Indonesia, seperti menjaga kebersihan, menjaga lingkungan, gemar membaca, dll. Islandia kan bisa sehebat itu karena masyarakatnya juga. Jadi, kalau mau hidup nyaman dan damai di Indonesia, harus mulai dari tindakan-tindakan kita sendiri ya. FYI, Indonesia berada di urutan ke-63 sebagai negara paling damai di dunia. Hm, lumayan jauh, ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lulu Lukyani
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES