7 Hukum dari Negara ini Bakal Bikin Kamu Kaget Saking Anehnya!

whattheflicka.com

Pekan lalu, dua orang wisatawan asal Cina ditahan di depan gedung parlemen Jerman setelah melakukan selfie atau swafoto. Alasan dibalik penahanan ini adalah karena kedua wisatawan ini berpose dengan menirukan gestur Hail Hitler ala Nazi. Selain dianggap menyinggung bagi masyarakat Jerman yang kerap masih sensitif dengan masa kelam sejarahnya, gestur ini ternyata juga melanggar hukum di Jerman. Menurut hukum di Jerman, menggunakan simbol dari organisasi atau partai yang dianggap melanggar hukum adalah suatu bentuk tindakan kriminal. Karena itu, kedua wisatawan ini dikenai hukuman denda sebesar hampir 600 dollar Amerika.

Belajar dari kasus ini, kita jadi harus lebih berhati-hati saat menginjak tempat yang asing karena kita tidak tahu hukum-hukum apa saja yang ada di tempat tersebut. Bisa saja hal yang biasa dilakukan di negara kita menjadi sesuatu yang ilegal disana. Karena itu, Yukepo kumpulkan hukum aneh yang berlaku di berbagai negara yang kamu perlu tahu! Simak daftar ini ya!

1. Mengganti bola lampu sembarangan di Victoria, Australia

inhabitat.com

Jika bola lampu di rumah kita mati, biasanya kita akan dengan santai mengambil tangga dan mengganti bola lampu itu sendirian. Namun, hal ini ternyata ilegal dan tidak boleh dilakukan di Victoria, Australia. Pemerintah negara bagian ini melarang penduduknya untuk mengganti bola lampu sendiri dan mengharuskan penggantian bola lampu dilakukan oleh seorang teknisi listrik yang berlisensi.

2. Jepang melarang penduduknya untuk menjadi terlalu gendut

www.independent.co.uk

Meski Jepang adalah negara dimana olahraga Sumo berasal, namun ternyata Jepang melarang penduduknya untuk menjadi terlalu gemuk. Pada tahun 2009 silam, pemerintah Jepang menetapkan bahwa pria yang sudah berumur lebih dari 40 tahun tidak boleh memiliki lingkar pinggang melebihi  31 inci atau 78 cm. Sedangkan bagi perempuan, lingkar pinggang tidak boleh melebihi 35 inci atau sama dengan 88 cm. Hukum aneh ini memang benar lho adanya.

3. Dilarang menyiram toilet setelah pukul 10 malam di Swiss

www.thespruce.com

Jika kamu ingin kencing atau buang air besar setelah pukul 10 malam di sebuah apartemen di Swiss, lebih baik kamu menahan keinginan buang air tersebut. Karena di negara maju ini, menyiram toilet setelah pukul 10 malam adalah tindakan ilegal karena pemerintah menganggapnya sebagai polusi suara. Cukup bikin speechless ya hukum aneh ini.

4. Permen karet dilarang di Singapura
flanagansmiles.com

Jika kamu akan bepergian ke Singapura, pastikan untuk meninggalkan permen karetmu di rumah. Karena di negara yang sangat bersih ini, terdapat larangan keras terhadap permen karet. Namun, negara ini bukan melarang kita untuk mengunyah permen karet. Singapura hanya melarang penjualan dan impor permen karet. Hal ini dikarenakan permen karet dapat mengganggu kebersihan tempat umum serta merusak sistem sensor bawah tanah di Singapura jika dibuang sembarangan.

5. Penduduk Milan, Italia, diwajibkan untuk tersenyum setiap saat
www.theodysseyonline.com

Jika kamu mengira Indonesia adalah negara yang paling ramah di dunia karena orang-orangnya gemar tersenyum, catat ini: Indonesia mungkin kalah dari Kota Milan di Italia yang mewajibkan penduduknya untuk terus tersenyum. Ya, setiap penduduk Kota Milan diwajibkan untuk tersenyum kecuali pada acara pemakaman atau mengunjungi orang sakit. Mereka yang lupa atau tidak mau senyum dapat dikenai denda yang cukup besar. Kamu harus mempraktikkan hukum aneh ini jika mampir ke Milan ya.

6. High heels adalah benda ilegal yang tidak boleh digunakan di beberapa tempat di Yunani

www.self.com

High heels memang benda yang begitu disukai oleh mayoritas perempuan dimanapun mereka berada. Namun di Yunani, berlaku hukum aneh tentang penggunaan sepatu kesukaan perempuan ini. Dilarang untuk dipakai di beberapa tempat bersejarah. Peraturan ini diberlakukan karena high heels dianggap dapat merusak situs-situs bersejarah dan mengganggu jalannya usaha preservasi situs-situs tersebut.

7. Memberi makan burung-burung di Venesia, Italia, adalah pelanggaran hukum

www.sfgate.com

Tindakan memberi makan hewan-hewan liar mungkin memang merupakan tindakan yang mulia. Di Indonesia, mereka yang memberi makan kucing dan anjing liar secara sukarela kerap mendapat pujian dan sanjungan. Namun berbeda halnya dengan di Venesia. Di kota yang terletak di timur tenggara Italia ini, memberi makan burung-burung di area St. Mark Square justru menjadi aksi yang illegal dan dapat dikenai hukuman berupa denda hingga 700 dollar Amerika Serikat.

Kita memang harus hati-hati saat bertandang ke negeri orang. Karena dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Kita harus tunduk kepada aturan negara asing saat berada di wilayah mereka. Walaupun hukum aneh berlaku di sana, kamu wajib patuh. Karena itu, ada baiknya kita mencari tahu dulu mengenai hukum di negara tersebut sebelum bertandang kesana.

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Nggak Pengen Menyinggung Perasaan Ketika Pacar Nanyain Soal Bobot Tubuhnya? Kasih Aja Jawaban Penuh Pujian Gini - Keepodotme

Nggak Pengen Menyinggung Perasaan Ketika Pacar Nanyain Soal Bobot Tubuhnya? Kasih Aja Jawaban Penuh Pujian Gini - Keepodotme

Walau Islamofobia Merebak, 7 Kota di Eropa ini Tetap Ramah Muslim, Lho!

Walau Islamofobia Merebak, 7 Kota di Eropa ini Tetap Ramah Muslim, Lho!

6 Tips Percaya Diri Bahasa Inggris Buat Kamu Yang Ingin Go International! - Keepodotme

6 Tips Percaya Diri Bahasa Inggris Buat Kamu Yang Ingin Go International! - Keepodotme

Beri Dukungan Kekeringan yang Melanda Roma, Vatikan Matikan 100 Air Mancur

Beri Dukungan Kekeringan yang Melanda Roma, Vatikan Matikan 100 Air Mancur

Gak Pakai Air, Bule ini Manfaatkan Serbuk Kayu Untuk Siram BAB di Penginapannya, Videonya Bikin Geger Warganet - Keepodotme

Gak Pakai Air, Bule ini Manfaatkan Serbuk Kayu Untuk Siram BAB di Penginapannya, Videonya Bikin Geger Warganet - Keepodotme

Kroasia Disebut Memiliki Presiden Seksi Karena Berbikini, Netizen Salah Sangka Sama Foto Ini

Kroasia Disebut Memiliki Presiden Seksi Karena Berbikini, Netizen Salah Sangka Sama Foto Ini

loading