7 Fakta Unik Negara Inggris, Negara Kaya Raya yang Warganya Agak Ceroboh

12 Juni 2017
|Olphi Disya

Akhir-akhir ini, publik digemparkan dengan banyaknya serangan teroris yang terjadi di Inggris. Beberapa minggu lalu di kota Manchester dan beberapa hari lalu di London. Namun, di samping itu sebenarnya Inggris merupakan negara dengan bangsa yang besar dan juga unik. Beragam keunikan negara Inggris yang terpotret dari zaman dahulu hingga saat ini. Kira-kira apa aja ya fakta unik negara Inggris? Yuk, kepoin!

1. Regulasi paspor yang unik

Tahukah kamu kalau paspor yang diterbitkan di Inggris, Swedia dan Finlandia merupakan paspor bebas visa travel ke daftar negara terbanyak di dunia daripada paspor dari negara manapun. Selain itu, seluruh paspor di Inggris diterbitkan oleh Ratu Elizabeth II yang ternyata nggak punya paspor pribadi. Dan lucunya, di Inggris ada peraturan bahwa semua kuda, keledai, dan kuda poni harus memiliki horse passport.

2. Kecelakaan paling banyak adalah karena tersandung

Pada tahun 1999, dilaporkan ada lebih dari 3000 kasus warga Inggris yang dirawat di rumah sakit karena tersandung keranjang pakaian. Menurut data yang dipublikasikan BBC News, setiap tahunnya ada sekitar 6000 warga Inggris yang mengalami kecelakaan di dalam rumah yaitu karena tersandung celana panjangnya sendiri ataupun jatuh dari tangga karena berusaha melepaskan celananya tersebut. Dari kecelakaan tersebut tercatat ada yang luka-luka maupun meninggal dunia. Ceroboh banget ya?

3. Penjajah negara terbanyak

Inggris memang dikenal sebagai bangsa yang besar. Tercatat ada 58 negara yang merupakan negara jajahan Inggris dan juga menjadi negara federasi, misalnya seperti Australia, Malaysia, India, dan masih banyak lagi. Nah, jika seluruh daerah kekuasaan Inggris digabungkan maka akan lebih luas dari Afrika dan sebanding dengan luas permukaan bulan lho!

4. Kepemimpinan Ratu Elizabeth II

Sebelum menikah, ternyata Ratu Elizabeth II telah didekati oleh Pangeran Phillip ketika usianya 13 tahun dan pangeran yang berusia 18 tahun. Mereka pun sebenarnya adalah memiliki hubungan sepupu. Pada tahun 2015, Ratu Elizabeth II merupakan ratu kerajaan Inggris dengan masa pemerintahan terlama melebihi Ratu Victoria. Dan yang tak kalah menarik, Ratu Inggris merupakan pemilik sah seperenam luas daratan di permukaan bumi.

5. The Royal Family, keluarga kerajaan Inggris

Sebelum tahun 1917, anggota keluarga kerajaan Inggris nggak punya nama panggilan selain nama dinasti tempatnya berasal. Pangeran Charles dan Pangeran Willian pun nggak boleh terbang dalam satu pesawat yang sama. Hal ini diberlakukan untuk antisipasi apabila terjadi kecelakaan pesawat yang mereka tumpangi, masih akan ada salah satu penerus kerajaan yang selamat. Tapi kalau dihitung-hitung, ada lebih dari 5000 orang yang memenuhi syarat untuk meneruskan takhta kerajaan Inggris.

6. Regulasi yang mencengangkan terhadap anak-anak

Dalam 3 tahun terakhir, anak-anak usia 13 tahun di Inggris sudah bisa mendapatkan sertifikat kepemilikan senapan. Pada tahun 2008, kebijakan di Inggris memberlakukan surat izin penggunaan senjata pada seorang anak berusia 7 tahun. Di Inggris, anak di atas usia 5 tahun diperbolehkan untuk menenggak minuman beralkohol di rumah asal bukan di tempat umum. Tapi tentunya semua peraturan ini dikawal ketat oleh orang dewasa.

7. Big Ben yang ikonik

Pada tahun 1949, sekumpulan burung jalak bertengger di jarum jam Big Ben yang membuatnya menjadi telat 4,5 menit. Nah, saat ini ada tim yang dibentuk untuk membersihkan dan memperbaiki keempat jam Big Ben yang menghabiskan waktu selama 5 jam bergantung di ketinggian. Perusahaan yang mengurus Big Ben menyiapkan staf khusus yang siap sedia 24 jam setiap harinya jika ada panggilan darurat tentang Big Ben.

Nah, itu tadi segelintir fakta unik negara Inggris yang mungkin belum kamu ketahui. Meskipun telah terjadi aksi terorisme dalam waktu yang berdekatan namun Inggris tetaplah menjadi negara yang makmur dan kuat. Kamu nggak perlu takut kok kalau jalan-jalan ke sana.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
SHARES