10 Kejadian Penting Ini Telah Mengubah Kehidupan di Dunia. Kamu Sadar Nggak Nih?

14 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Usia Bumi diperkirakan lebih dari lima miliar tahun. Manusia diduga telah mendiami Bumi sejak 200 ribu tahun yang lalu. Dalam waktu selama itu, tentunya Bumi telah mengalami banyak perubahan. Perubahan kehidupan di Bumi disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah campur tangan manusia. Berikut ini adalah 10 kejadian yang telah mengubah kehidupan dunia.

1. Peristiwa bom atom pada Perang Dunia II

Pada Perang Dunia II, wilayah Jepang, Nagasaki dan Hiroshima dijatuhi bom atom. Kejadian yang menggemparkan pada Agustus 1945 itu dapat mengakhiri perang. Dengan berakhirnya perang, dunia kembali dari segala kekacauan dan kerusuhan.

2. Runtuhnya Tembok Berlin, Jerman

Pada bulan November 1989, tembok Berlin yang ada di Jerman diruntuhkan. Kejadian runtuhnya tembok tersebut menandai bersatunya kembali Jerman Barat dan Jerman Timur, serta berakhirnya pengaruh perang dingin di Jerman.

3. Ditemukannya listrik

Saat ini, di sebagian besar wilayah di dunia, listrik telah menjadi kebutuhan pokok. Berbagai kegiatan sehari-hari dilakukan dengan bantuan listrik, mulai dari memasak, mencuci, hingga bekerja. Dulunya sebelum ada listrik, manusia masih memanfaatkan hal-hal yang ada di alam. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kejadian penemuan listrik telah mengubah kehidupan.

4. Penemuan lampu oleh Thomas Alva Edison

Setelah melakukan percobaan berulang kali, Thomas Alva Edison akhirnya dapat menciptakan lampu. Ia berhasil menemukan lampu di tahun 1879. Penemuannya ini menjadikan dunia yang gelap pada malam hari bisa tetap bersinar.

5. Penemuan tidak sengaja oleh Alexander Flemming

Secara tidak sengaja, Alexander Flemming menemukan penisilin. Penisilin merupakan salah satu antibiotik yang digunakan untuk mencegah penyebaran bakteri. Tentunya, penemuannya ini membawa dampak besar bagi dunia kesehatan.

6. Ditemukannya telepon, alat komunikasi jarak jauh

Sebelum ada telepon, komunikasi jarak jauh agak terhambat. Komunikasi harus menggunakan surat yang membutuhkan waktu lebih lama. Alexander Graham Bell akhirnya menciptakan telepon yang membawa dampak positif untuk dunia.

7. Diciptakannya pesawat

The Wright bersaudara berhasil menciptakan pesawat terbang pada tahun 1903. Hasil ciptaannya tersebut hanya bisa membawa satu orang. Namun, seiring perkembangan zaman, kini pesawat telah mampu menampung banyak orang.

8. Ditemukannya komputer

Komputer berfungsi untuk mengolah data. Tak hanya itu, berbagai pekerjaan bisa dilakukan dengan komputer. Bahkan, saat ini, pekerjaan-pekerjaan tertentu mengharuskan untuk bisa mengoperasikan komputer.

9. Internet yang telah menghubungkan dunia

Selain komputer, internet pun telah mengubah dunia. Internet diciptakan oleh ilmuwan Inggris bernama Tim Berber-Lee pada tahun 1989. Dengan internet, segala bentuk informasi bisa ditemukan lewat internet. Komunikasi pun bisa dilakukan melalui internet.

10. Sosial media yang bermunculan

Siapa sih yang nggak pakai sosial media? Di zaman sekarang, sosial media telah menjadi kebutuhan. Dengan sosial media, komunikasi juga menjadi lebih lancar. Tak hanya itu, segala hal juga bisa kita bagikan lewat sosial media.

Kehidupan di dunia memang senantiasa akan mengalami perubahan. Ya, baik kita sadari atau tidak, perubahan tersebut juga berdampak terhadap kehidupan kita. Gimana? Kamu merasakannya nggak?

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES