Wow, Pantai Bercahaya di Maladewa Ini Tampak Seperti Cahaya Galaksi! Kok Bisa Ya?

19 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
168SHARES

Berkunjung ke pantai menjadi kegemaran banyak orang. Suasana dan pemandangan pantai yang indah membuat orang tak segan mengunjunginya. Selain itu, bermain ombak dan pasir juga menjadi tujuan utamanya. Nah, bukan cuma ombak dan pasir yang menghibur di Pantai bercahaya di Maladewa. Pantai bercahaya ini juga menawarkan keindahan yang unik bagi para pengunjungnya. Keindahan seperti apa ya? Yuk simak!

Setelah matahari terbenam, pantai bercahaya di Vaadhoo Island, Maladewa, akan tampak seperti Galaksi Bima Sakti versi air. Di seluruh pantai akan diterangi oleh cahaya kebiruan. Penampakan tersebut disebabkan oleh organisme laut yang hidup di pantai tersebut.

Cahaya kebiruan tersebut berhasil diidentifikasi oleh seorang Profesor Biologi, Cornell James Morin. Menurutnya, cahaya bioluminescent itu dihasilkan oleh Crustasea Ostracoda. Makhluk ini bersifat bioluminescent yang berarti dapat menghasilkan cahaya sendiri. Crustasea menghasilkan dua zat kimia yang disebut luciferin dan luciferase. Jika kedua zat tersebut berinteraksi dengan oksigen dan air laut, cahaya biru akan tercipta.

Jorge Ribas, ahli biologi kelautan, memaparkan hal yang serupa. Menurutnya, air laut di Maladewa dipenuhi dengan fitoplankton bioluminensi. Mikroorganisme tersebut akan bersinar jika mengalami stres. Gelombang yang kuat, dayung yang menghentak air, dan percikan air dari papan selancar juga menyebabkannya bersinar.

Jennifer Frazer dalam Scientific American mengungkapkan bahwa Crustasea jenis ini menggunakan cahaya untuk mendapatkan pasangan. Selain itu, cahaya juga menjadi alat perlindungan diri.

Sebenarnya, ada beberapa jenis hewan yang bersifat bioluminescent. Namun, cahaya yang dihasilkan digunakan secara berbeda-beda. Misalnya, Angelfish menggunakan cahayanya untuk mendapatkan mangsa. Ada juga kunang-kunang Photinus pyralis dan cacing Odontosyllis enopia yang menggunakan sifat tersebut untuk mendapatkan pasangan.

Keindahan pantai bercahaya di Maladewa pernah tertangkap kamera dari dua orang fotografer yang kebetulan sedang berlibur. Wil Ho, seorang fotografer asal Taiwan, mendapati pemandangan indah tersebut ketika sedang berbulan madu dengan istrinya. Ia pun tak menyia-nyiakan kesempatan, beberapa potret berhasil diambilnya. Doug Perrine yang juga seorang fotografer juga berhasil mengabadikan keindahan pantai bercahaya Maladewa di malam hari.

Kalau kamu ingin tahu betapa indahnya pantai tersebut, datang langsung aja ke sana. Kamu nggak cuma akan disuguhi indahnya pemandangan, namun juga dibuat takjub akan berbagai 'keajaiban' yang ada di alam. Makin jatuh cinta deh, sama alam!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
168SHARES