Wow, Dari Mekong Hingga Kapuas, Ini Dia 7 Sungai Terpanjang di Asia Tenggara!

30 Desember 2017
|Pandu Rijal Pasa

Asia Tenggara merupakan sebuah kawasan tropis yang memiliki banyak sungai yang mengalir di dalamnya. Penggunaan sungai ini sendiri sangat beragam fungsinya, mulai dari sumber air bagi pertanian, budidaya perikanan hingga sebagai sarana transportasi bagi penduduk sekitar sungai tersebut. Diantara banyak sungai yang terdapat di kawasan Asia Tenggara, ada beberapa sungai yang paling panjang. Nah, ini dia 7 sungai terpanjang di Asia Tenggara :

1. Sungai Mekong - 4.023 Km

Sungai yang paling panjang di Asia Tenggara adalah Sungai Mekong yang terletak di dataran Tibet. Panjangnya mencapai 4.023 km dan mengalir dari Gunung Jifu di Tibet kemudian ke Yunnan (China), Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja hingga sampai ke Vietnam. Selain sebagai sungai terpanjang di Asia Tenggara, sungai ini juga tercatat sebagai sungai terpanjang ke-12 di dunia setelah Sungai Lena yang ada di Siberia.

2. Sungai Thanlwiin - 2.815 Km

Sungai terpanjang di Asia Tenggara berikutnya adalah Sungai Thanlwin. Panjang sungai ini jauh lebih pendek dibandingkan Sungai Mekong, yaitu hanya sepanjang 2.815 km saja. Sungai ini mengalir di tiga negara Asia yakni China, Myanmar dan juga Thailand.

3. Sungai Irrawaddy - 2.170 Km

Sungai Irrawaddy menjadi sungai terpanjang ke-3 di Asia Tenggara dengan panjang yang juga cukup jauh dengan sungai sebelumnya, yaitu sepanjang 2.170 km. Sungai yang berlokasi di Myanmar ini merupakan salah satu sungai utama yang dijadikan sebagai jalur perdagangan di Myanmar, sehingga tidak heran jika sungai ini termasuk salah satu sungai paling penting di negaranya.

4. Sungai Chindwin - 1.207 Km

Sama seperti Sungai Irrawaddy, Sungai Chindwin ini juga berlokasi di Myanmar. Sungai yang sebenarnya merupakan anak Sungai Irrawaddy ini memiliki panjang 1.207 km. Aliran air dari Sungai Chindwin ini berasal dari Lembah Hukawng, Kachin, Myanmar.

5. Sungai Kapuas - 1.143 Km

Selanjutnya adalah Sungai Kapuas yang terletak di Kalimantan Barat, Indonesia. Sungai ini memiliki panjang yang mencapai 1.143 km yang mengalir di sepanjang Pulau Kalimantan bagian barat. Nama sungai ini sendiri diambil dari nama daerah sumber sungai tersebut yaitu daerah Kapuas. Tapi karena sungai ini juga mengalir di daerah yang sekarang dikenal sebagai Kabupaten Melawi, maka ada pula yang menyebutnya sebagai Sungai Batang Lawai.

6. Sungai Fly - 1.050 Km

Sungai Fly merupakan sungai terpanjang nomor dua di pulau Papua dengan panjang yang mencapai kurang lebih 1.050 km. Sungai ini mengalir dari Gunung Emanuel Victor ke arah bagian tenggara di Teluk Papua. Hal yang menarik dari sungai ini adalah bahwa sungai ini juga merupakan bagian dari perbatasan antara Provinsi Papua di Indonesia dengan Papua Nugini.

7. Sungai Mahakam - 920 Km

Sungai Mahakam merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Timur dengan panjang yang mencapai 920 km. Sejak dulu hingga saat ini, sungai ini punya peran yang cukup penting dalam kehidupan masyarakat di Kalimantan Timur seperti sebagai sumber air, budidaya perikanan serta sarana transportasi. Aliran sungai ini bersumber dari Kabupaten Kutai Barat dan bermuara di Selat Makassar.

Itu dia beberapa sungai terpanjang di Asia Tenggara. Selain sebagai sarana perairan utama bagi para petani yang berada di sekitar aliran sungai tersebut, biasanya sungai-sungai ini memegang peranan yang cukup penting sebagai sarana transportasi serta budidaya perikanan. Sehingga penting bagi kita mengetahui alam yang ada di sekitar kita dengan baik supaya kita juga bisa merawatnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
SHARES