Wow! 7 Rute Kereta Api di India Ini Sangat Menakjubkan

19 Juni 2017
|Monica Petra

Kereta api adalah salah satu sarana transportasi yang cukup ekonomis. Karena selain tidak mengalami macet di jalan seperti naik bus atau mobil pribadi, kereta api juga masih bisa digunakan untuk bepergian dalam jarak yang agak jauh. Hitung-hitung tidak semahal biaya naik pesawat. Walau pesawat masih lebih menang dari segi waktu, tapi perjalanan dengan kereta api juga tidak bisa disepelekan. Beberapa orang yang memiliki waktu santai bakal lebih memilih melakukan perjalanan dengan kereta api. Karena selain ekonomis, kamu juga bisa banyak meluangkan waktu untuk melihat pemandangan ke luar jendela. Perjalanan yang cukup panjang biasanya membuat para penumpang cukup akrab dengan pemandangan di balik jendela kereta api. Nah, berikut ini, YuKepo mau kasih lihat ke kamu, rute-rute kereta api di India yang pemandangannya gak boleh kamu lewatin gitu aja. Nggak hanya Indonesia yang unik dan eksotis, India juga menawarkan sesuatu yang menawan dari jendela kereta api lho.

1. Jammu-Udhampur, Kashmir Railway

Ketika berbicara tentang pengalaman kereta yang menakjubkan dan mengesankan, orang tidak bisa melewatkan pesona dan keindahan Kashmir. Gunung, dan puncak yang tertutup salju, pemandangan yang indah dan menakjubkan di sekitarnya, serta angin sepoi-sepoi yang menyenangkan membuat perjalanan kereta ini menjadi suatu keharusan bagi semua orang. Terletak di antara Lembah Jammu dan Udhampur, rute kereta ini melewati jalur sepanjang 53 km dengan medan yang menggembirakan, beberapa zona gempa besar, dan Pegunungan Shivalik Ranges yang anggun. Sepanjang jalan, penumpangnya akan melalui lebih dari 20 terowongan yang memikat, melewati sekitar 158 jembatan, dan pada beberapa tempat, melewati tepi pegunungan dan lembah yang indah.

2. Chennai-Rameswaram, Sethu Express

Dikenal sebagai salah satu rute perjalanan terindah di negara ini, jalur kereta api Chennai-Rameswaram menjadi pengalaman yang sangat menakjubkan yang bisa kamu dapatkan di India. Rameswaram, kawasan yang dianggap sebagai salah satu tempat paling suci di negara ini menjadi daya tarik tersendiri dari rute kereta yang dilewatinya.Menurut legenda mitologi, Lord Rama membangun jembatan di Rameswaram untuk menyeberangi laut dan menyelamatkan Sita. Perjalanan kereta ini pasti akan membuat kamu merasakan aura legenda bersama dengan pengalaman yang luar biasa saat menyeberangi laut dan Jembatan Pamban yang sempit.

3. Udhagamandalam-Coonnor, Nilgiri Mountain Railway

Jalur kereta api menakjubkan lainnya dibuat pada masa penjajahan Inggris. Jalur kereta api Udhagamandalam-Coonoor di Tamil Nadu adalah salah satu trek paling terkenal di India. Meskipun perjalanannya singkat, -sekitar 26 km- pengalaman yang ditawarkannya kepada penumpang hampir tidak dapat dibandingkan dengan jalur lain di negara ini. Dalam jarak yang relatif pendek ini, kereta api akan melewati lebih dari 200 belokan dan sekitar 16 terowongan. Berjalan di sistem 'ABT Rack and Pinion', jalur kereta yang tenang dan memesona ini menawarkan pemandangan yang paling menjanjikan dan tentunya, tempat-tempat wisata yang berada di dekatnya.

4. Ratnagiri-Madgaon-Honnavar-Mangalore, Konkan Railway

Jika kamu ingin menikmati keindahan alam yang murni dan tak tersentuh, kamu harus naik kereta api Konkan yang melewati Ratnagiri-Madgaon-Honnavar-Mangalore. Berjalan di sepanjang wilayah pesisir Laut Arab yang perkasa dan Bukit Sahyadri yang anggun, jalur sepanjang 741 km ini melewati tiga negara bagian yang berbeda: Maharashtra, Goa dan Karnataka. Sementara itu, sebagian besar rute akan dilalui dengan pepohonan subur, pemandangan air terjun yang menakjubkan, dan jembatan yang menggembirakan. 

5. Kalka-Shimla, Himalayan Queen

Sudah diakui oleh 'Guinness Society' karena telah menyelesaikan jalur paling curam, rute Kalka-Shimla di Ratu Himalaya adalah suatu keharusan bagi orang-orang yang mencari sensasi dan kegembiraan. Melewati 102 terowongan dan lebih dari 82 jembatan, rute ini juga memikat para pecinta alam dan para turis ke Shimla. Jalur ini juga telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO di tahun 2008.

6. Mumbai-Goa, Mandovi Express

Perjalanan dari Ibu Kota Mumbai ke Kota Goa yang kamu lalui akan terasa menakjubkan karena disuguhi oleh pandangan yang kontras tentang bagaimana kita dapat mengatasi jadwal hidup yang sibuk dan menikmati saat-saat tenang di pangkuan alam. Jalur yang memiliki panjang 580 km ini akan memakan waktu sekitar 12 jam. Selama itu, kamu akan menyaksikan beberapa sungai, jembatan indah, semak rimbun, desa yang teduh, dan masih banyak lagi.

7. Siliguri- Newmal-Hasimara-Alipurduar, Dooars Voyage

Bagi pecinta alam, rute kereta Dooars Express yang bertolak dari Siliguri ke Alipurduar adalah sebuah perjalanan yang penuh dengan kesenangan dan keajaiban. Tersembunyi dari sebagian besar dunia, Lembah Dooars di Benggala Barat dipeluk oleh pesona menawan dari Teesta dan Sungai Sankosh yang berdeguk dengan Himalaya Timur yang berfungsi sebagai latar belakang. Rute kereta sebagian besar diliputi oleh pemandangan dan lebatnya hutan yang indah. Jalur ini juga terkenal karena menawarkan pemandangan satwa liar dan pegunungan Himalaya yang menakjubkan. Selama perjalanan, kamu akan dibawa untuk melewati tempat-tempat suci, seperti Mahananda dan Jaldapara, Buxa Tiger Reserve, dan juga Hutan Chapramani yang rimbun.

Kamu tertarik untuk merasakan sensasi naik kereta di India? Sekaranglah waktunya. Memang Indonesia nggak kalah indah dengan India. Akan tetapi, mengumpulkan pengalaman bepergian sebanyak mungkin, tentu akan memmbuat hidupmu lebih berwarna.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Monica Petra
Gak Punya Quote Nih!
SHARES