Walaupun Kelihatan Nggak Menarik, 9 Makanan Unik Asli India Ini Enak Banget!

21 September 2017
|Lidya Kartika
0SHARES

Selain Italia dan Jepang, salah satu negara dengan pesona kuliner yang telah mendunia adalah India. Makanan asli India yang paling terkenal adalah berbagai jenis kari. Ternyata, selain kari, ada berbagai makanan lainnya yang tidak kalah unik dan memiliki rasa yang sangat enak. Sudah tahu makanan apa saja yang dimaksud? Langsung aja yuk lihat 9 makanan asli India yang lezat berikut ini.

1. Dahi Bhalla

Dahi Bhalla merupakan salah satu makanan asli India yang dapat kamu temui di jalanan. Dahi Bhalla merupakan makanan yang terbuat dari chaat yoghurt lembut (dahi) dan sejenis roti goreng. Kemudian, di bagian atasnya, ditambahkan biji delima, kismis kuning, dan buah tamarind. Di lidah kamu, makanan asli India ini akan terasa pedas dan juga manis.

2. Rabri Faluda

Rabri Faluda tersusun atas makanan yang berbentuk bihun (faluda), dan makanan tradisional bernama rabri. Rabri sendiri berasal dari susu yang telah direbus, krim, gula, kacang, dan kapulaga. Saat penyajian, rabri akan diletakkan di atas segelas faluda, kemudian ditambahkan es, kemudian dicampur dengan baik.

3. Paratha

Paratha adalah roti isi berbentuk rata, digoreng, dan tidak beragi. Paratha terbuat dari tepung terigu, diisi dengan berbagai sayuran dan atau paneer. Paratha kemudian disajikan dengan sejumlah roti, sabzi, dan sayuran acar. Makanan ini tidak terlalu berminyak, tapi segar, lembut, dan kenyal sekaligus. Kalau suatu saat kamu berkunjung ke kota tua Delhi, kamu harus mencoba makanan asli India ini!

4. Jalebi

Jalebi terbuat dari adonan fermentasi, yang digoreng dengan mentega ghee (mentega dari kerbau) dan dibentuk membulat seperti pretzel. Setelah itu, adonan ini direndam dalam sirup gula panas. Jalebi terasa renyah, kenyal, dan manis.

5. Sohan Halwa

Sohan halwa adalah sejenis permen dari kacang Punjabi manis. Bahan-bahan yang digunakan di antaranya tepung terigu, kacang-kacangan, mentega ghee, susu, serta gula. Pada zaman dahulu, makanan ini sangat terkenal, bahkan menjadi persembahan untuk tamu terhormat.  Ada tiga taburan kacang utama yang paling terkenal,  pistachio, kacang mede, dan kacang almond.

6. Kulfi

Makanan yang satu ini bisa disebut sebagai versi India dari es krim. Kulfi adalah makanan penutup berbasis susu beku yang secara tradisional dibuat dengan susu mendidih sampai mengembun. Kulfi kemudian dipermanis, didinginkan, dan dibekukan. Karena tidak menggunakan telur atau pelembut lainnya, kulfi sangat padat, halus, dan lembut.

7. Kullee, Aloo Chat

Kulle dipercaya berasal dari Delhi, dan berasal dari buah dan sayuran segar yang telah dikupas. Sayuran yang dimaksud di antaranya buncis, biji delima, jus limau, dan masala. Perpaduan ini menciptakan campuran rasa yang asin dan tajam. Selain Kullee, ada juga Aloo Chat yang terbuat dari kentang potong yang telah dibumbui kemudian digoreng.

8. Papri Chaat

Papri chat berbentuk seperti roti wafer yang bulat renyah. Mungkin ini yang bikin penggemarnya ketagihan. Makanan ini kemudian diisi dengan kentang rebus, buncis, saus yoghurt, ketumbar, dan sering kali buah delima, sev, atau tepung gram goreng. Makanan asli India ini memberikan sensasi yang pedas, manis, dan tajam.

9. Bedmi-aloo, nagori-halwa

Makanan ini sering dijadikan sarapan di Kota Delhi. Makanan ini harus disajikan sepasang, sebagai pasangan makanan yang gurih dan manis, kemudian dimakan bersamaan. Rasa yang gurih berasal dari adonan seperti roti yang digoreng bernama bedmi, dan kemudian disajikan dengan saus pedas aloo sabzi (bisa juga dengan kare kentang). Kemudian, untuk rasa yang manis berasal dari nagori, sebuah makanan garing, dan disajikan dengan suji halwa, yang rasanya manis.

Wah, makanannya kayaknya enak-enak ya. Kalau kamu ke India kelak, mana nih makanan asli India yang mau kamu coba duluan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lidya Kartika
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES