Selain Sari, Inilah Pakaian Tradisional India yang Jarang Kamu Tahu

21 Juli 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

India memang beragam budaya dan tradisi yang seolah tidak pernah habis bila dikupas satu per satu. Soal pakaian wanita-wanita India masih mempertahankan tradisi mereka dengan memakai pakaian Sari. Mereka tidak hanya mengenakan pakaian tradisional saat acara adat tetapi juga pada keseharian mereka. Mereka tampak cantik dengan mengenakan pakaian Sari. Dengan rambut dihiasi bunga melati dan rambut ditata rapi, kecantikan wanita India semakin terpancar.

Kebanyakan orang tahu bahwa pakaian tradisional India hanyalah pakaian Sari. Ternyata pakaian India bukan hanya Sari, dan di setiap daerah di India berbeda-beda. Tak hanya untuk perempuan, India juga memiliki pakaian tradisional untuk laki-laki. Berikut pakaian adat India baik laki-laki maupun perempuan, selain pakaian Sari.

1. Kurta Pyjama

Kurta Pyjama merupakan pakaian yang dipakai laki-laki. Berupa setelan atas bawah, dengan atasan seperti jubah namun dengan panjang selutut dan bawahan berupa celana panjang. Kurta Pyjama biasanya dipakai di seluruh India dalam berkegiatan sehari-hari, acara perayaan ataupun upacara adat.

2. Dhoti

Dhoti merupakan pakaian laki-laki India yang biasanya dipakai oleh penduduk desa. Dhoti berupa pakaian atasan dan bawahan yang tampak seperti sarung yang diikat bagian tengahnya hingga menyerupai celana. Kita dapat melihat orang yang memakai Dhoti di seluruh India. Dalam acara pernikahan, Dhoti biasanya dikombinasikan dengan Sherwani, yaitu semacam jubah atasan tetapi memilki motif dan corak yang lebih glamor. 

3. Sherwani

Sherwani adalah pakaian semacam jubah panjang  yang dipakai laki-laki. Sherwani memiliki hiasan berupa bordiran benang-benang emas di bagian di dada. Pakaian Sherwani ini biasaya dipakai dalam acara-acara resmi. 

4. Pheeran

Pheeran merupakan pakaian tradisional dari Khasmir yang berupa pakaian jubah panjang dan tebal. Pakaian ini merupakan pakaian hangat yang di pakai selama musim dingin di Kashmir. Pakaian ini dapat dipakai oleh pria maupun wanita. Pakaian wanita lebih berwarna dan bermotif, sedangkan untuk pakaian pria biasanya polos.

5. Lungi

Lungi adalah pakaian tradisional India yang sering dipakai di India Selatan. Pakaian tersebut terbuat dari sutra atau katun. Pakaian tersebut merupakan pakaian yang digunakan saat musim panas. Pakaian Lungi sering dikenakan oleh pria dalam tarian Bhangra.

6. Sharara

Sharara merupakan bawahan bordir longgar yang memiliki lipatan. Bawahan tersebut biasanya dipakai bersama baju Kameez. Sharara merupakan pakaian tradisional di Lucknow sebuah wilayah di India. 

7. Ghagra Choli

Ghagra atau  dikenal juga dengan Lehenga Choli biasnya dipakai oleh orang-orang Rajasthan dan Gujarat. Ada berbagai macam bentuk pakaian ini, salah satunya adalah Ghagra berbordir yang biasanya dikenakan saat upacara pernikahan.

Ternyata pakaian tradisional India bermacam-macam dan masih sering dipakai oleh masyarakatnya. Tidak hanya pakaian Sari yang selama ini banyak dikenal. Hal tersebut menandakan bahwa masyarakat India tetap mempertahankan tradisinya dari masa ke masa.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES