Sedih, 9 Negara Ini Menjadi Negara Terkotor di Dunia. Indonesia Termasuk Nggak Ya?

18 Desember 2017
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Di berbagai negara, pencemaran lingkungan menjadi salah satu permasalahan yang sulit untuk di atasi. Pembakaran hutan dan penggunaan kendaraan bermotor yang terlampau banyak adalah penyebab terjadinya pencemaran udara. Sementara itu, pencemaran air lebih banyak disebabkan oleh limbah yang dibuang ke sungai atau laut, baik limbah rumah tangga ataupun limbah industri. Di dunia ini, ada beberapa negara yang disebut sebagai negara terkotor karena polusi udara dan air yang parah. Inilah 9 negara di dunia yang dianggap sebagai negara terkotor.

1. Azerbaijan

Azerbaijan menjadi pusat penambangan minyak. Karena hal tersebut, banyak kota di negara kotor ini yang tercemar. Air bersih yang layak dikonsumsi sulit untuk didapat. Udara yang bersih pun sulit diperoleh. Tingkat polusi udara dan air yang parah menempatkan Azerbaijan di peringkat pertama sebagai negara terkotor di dunia.

2. Bangladesh

Sungai di Bangladesh tercemar akibat perang yang pernah terjadi. Selain itu, air permukaan juga sering tebal dengan polutan akibat penggunaan pestisida. Tentunya, pencemaran air tersebut membawa dampak buruk bagi warga Bangladesh. Krisis air bersih dan munculnya berbagai penyakit adalah dampak yang harus diterima oleh warga Bangladesh.

3. Madagaskar

Kalian pasti nggak asing kan dengan negara Madagaskar? Madagaskar pernah terekspos dalam sebuah film animasi berjudul Madagascar. Dalam film tersebut digambarkan bahwa Madagaskar merupakan negara yang kaya akan floura dan fauna. Sayangnya, hal itu tidak terjadi di kenyataan. Madagaskar mengalami peningkatan jumlah penduduk yang menyebabkan peningkatan limbah industri.

4. Haiti

Di Haiti terdapat pelabuhan yang besar. Pelabuhan itu menjadi pusat banyak kegiatan, khususnya kegiatan perekonomian. Sayangnya, pelabuhan itu tidak mendatangkan keuntungan bagi Haiti. Justru sebaliknya, Haiti harus mengalami pencemaran lingkungan. Air bersih menjadi sulit didapatkan oleh para penduduk. Pantas saja jika Haiti masuk ke dalam daftar negara terkotor di dunia

5. Meksiko

Emisi Karbon yang disumbangkan Meksiko hampir mencapai 85%. Untuk itu, udara bersih sangat sulit untuk diperoleh. Ditambah lagi, negara ini dikelilingi oleh gunung api yang aktif yang sering membuat Meksiko dipenuhi kabut asap. Tak hanya itu, jumlah penduduk yang padat semakin memperparah tingkat polusi.

6. Ethiopia

Ethiopia menjadi salah satu negara termiskin di dunia. Karena miskin, banyak masalah yang belum terselesaikan di Ethiopia. Salah satunya adalah sanitasi dan pengelolaan limbah yang buruk. Kondisi memprihatikan ini membuat warganya mudah terserang berbagai penyakit  Selain itu, warga asing menjadi enggan untuk berkunjung.

7. India

Negeri para bintang Bollywood ini juga dinobatkan sebagai salah satu negara terkotor di dunia. Kemerosotan ekonomi menjadi penyebab utamanya. Banyak sampah yang menggunung di beberapa tempat. Sampah juga memenuhi sungai-sungai. Bahkan kotoran pun dibuang bebas di mana pun. Akibatnya, air bersih menjadi sulit diperoleh.

8. Kazakhstan

Kazakhstan mengembangkan industri berbasis petroleum. Sayangnya, industri tersebut menyebabkan masalah lingkungan. Selain itu, ketidakpedulian terhadap pencemaran lingkungan semakin memperparah keadaan. Tentunya, hal itu berbahaya bagi kehidupan warga dan lingkungan.

9. Kongo

Kongo harus menjalani hidup dengan polusi udara. Polusi udara di Kongo disebabkan oleh emisi udara. Selain polusi udara, pencemaran air juga melanda Kongo. Kotoran dan sampah menjadi faktor utama penyebab pencemaran air. Pencemaran air menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan kurangnya pasokan air bersih.

Parah banget kan 9 negara terkotor di dunia di atas? Polusi udara dan polusi air menjadi momok bagi dunia. Makanya jangan suka buang sampah sembarangan apalagi buang di sungai dan mulai menanam pohon. Kita sendiri yang akan rugi jika tidak merawat dunia. Berbagai penyakit bisa muncul dan kita juga bisa kekurangan air bersih. Yuk mulai jaga lingkungan kita.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
0SHARES