Sebelum Baper Batik Diklaim Malaysia, 5 Negara Ini Juga Ternyata Punya Batik!

02 Oktober 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Setiap Hari Batik Nasional, masyarakat Indonesia biasanya akan dihimbau untuk mengenakan batik di hari tersebut. Biasanya, himbauan itu diikuti dengan kalimat-kalimat bernada mengancam yang menyatakan bahwa batik dapat diklaim oleh negara lain jika kita tidak melestarikannya dengan cara menggunakannya. Namun, benarkah ancaman itu? Benarkah batik dapat diklaim oleh negara lain? Padahal, UNESCO telah menyatakan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia sehingga mengukuhkan bahwa batik merupakan hasil kebudayaan Indonesia.

Pada kenyataannya, meskipun batik adalah hasil kebudayaan Indonesia, namun batik nggak cuma ada di Indonesia, lho. Beberapa negara lain juga memiliki jenis-jenis batiknya sendiri. Karena itu, meskipun batik Indonesia telah diakui, namun tetap saja Indonesia tidak bisa mematenkan atau mengklaim batik. Menurut data dari Kementerian Perindustrian Indonesia, hingga kini tercatat telah ada dua belas negara lain yang memiliki hasil kebudayaan berupa batik. Berikut Yukepo kemukakan lima negara yang juga memiliki batik di dunia. Yuk, kepo!

1. Cina

Beberapa waktu lalu, santer kabar beredar bahwa pasar batik di Indonesia dibanjiri dengan batik produksi dari Cina. Namun, tidak hanya memproduksi batik printing yang jauh lebih murah daripada metode pembuatan batik tradisional, Cina ternyata juga memiliki batiknya sendiri. Seperti batik di Indonesia, cara pembuatan batik di Cina juga menggunakan lilin untuk melapisi kain terlebih dahulu sebelum dicelupkan dengan warna-warna. Namun, batik Cina ini memiliki motif yang khas, yaitu burung, naga, dan bunga.

2. Malaysia

Nggak perlu baper bilang Malaysia klaim batik sebagai kebudayaannya. Nyatanya, sejak abad ke-17 Masehi, Malaysia juga sudah memiliki batiknya sendiri. Namun, batik di Malaysia tidak menggunakan metode pembuatan seperti di Indonesia. Di Malaysia, pembuatan batik dilakukan dengan cara dilukis menggunakan kuas langsung. Motif yang digunakan juga berbentuk tumbuhan serta motif-motif geometris. Perbedaannya dengan motif batik Indonesia adalah motif batik di Malaysia cenderung lebih sederhana dan besar-besar daripada motif batik Indonesia yang cenderung kecil dan rumit. 

3. India

Batik di India memiliki cara pembuatan yang sama dengan Indonesia, yaitu dengan menutup bagian-bagian tertentu menggunakan lilin atau adonan tepung dan mencelupkannya ke dalam pewarna. Akan tetapi, motif batik India sangat berbeda dengan motif batik di Indonesia. Batik India menggunakan motif dewa-dewa yang tidak rumit. Kini, batik di India sudah tidak diproduksi dengan cara yang tradisional lagi, kecuali oleh perempuan-perempuan penyandang disabilitas di Delhi.

4. Azerbaijan

Siapa sangka kalau Azerbaijan juga memiliki batik? Ya, Negara Timur Tengah ini juga memproduksi batik yang biasanya digunakan sebagai motif pada syal tradisional perempuan Azerbaijan yang disebut dengan Kelagayi. Batik pada Kelagayi di Azerbaijan ini menggunakan metode cap dan masih menggunakan lilin serta proses pencelupan warna juga. Uniknya, pewarna yang digunakan dalam produksi kelagayi merupakan pewarna alami.

5. Thailand

Jika kita berjalan-jalan ke Thailand, kita pasti sering melihat celana-celana atau gaun-gaun bermotif batik yang dikenakan oleh penduduk setempat dan turis asing. Mungkin kita mengira bahwa Thailand mencuri batik Indonesia. Namun, pada kenyataannya, Thailand memang memiliki motif dan corak batiknya sendiri. Biasanya di Thailand, motif batik yang digunakan adalah bentuk gajah dan memiliki warna yang lebih cerah.

Nah, setelah tahu bahwa batik nggak cuma ada di Indonesia, rasanya kita nggak perlu lagi baper jika lihat ada negara lain yang mengenakan batik. Nyatanya, emang negara lain pun punya budaya membatik atau budaya corak kain yang mirip batik. Meski begitu, kita tetap tidak boleh mengacuhkan kekayaan budaya yang satu ini. Kita tetap harus melestarikannya dengan mengenakannya dalam kehidupan sehari-hari, nggak cuma pas Hari Batik Nasional aja!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES