Salut! Gempa 5,8SR yang Guncang Fukushima, Jepang Tak Merusak Reaktor Nuklir di Dekatnya

21 Juli 2017
|Venanda
358SHARES

Kamis (20/7) pagi pada pukul 09.11 Fukushima, Jepang kembali diguncang gempa. Setelah enam tahun lalu gempa dahsyat terjadi di daerah ini, gempa 5,8 Skala Richter (SR) kembali melanda daerah Fukushima. Berdasarkan informasi yang didapat dari Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa Jepang ini terjadi di lepas pantai prefektur Fukushima, Jepang. Gempa ini terjadi di kedalaman 34 kilometer di bawah laut.

Dari bencana gempa Jepang yang terjadi kemarin, tidak ada kerusakan baru pada reaktor nuklir yang berada di daerah Fukushima. Perlu kamu ketahui bahwa gempa yang terjadi pada tahun 2011 lalu membuat rektor nuklir di daerah ini bocor dan membuat warga Fukushima dievakuasi ke tempat lain agar tidak terkena paparan radioaktif dari reaktor nuklirnya. Radiasi ini memang sangat berbahaya bagi kesehatan.

Pada bulan Maret 2011 lalu, Jepang diguncang gempa hebat berkekuatan 9 SR. Akibat gempa Jepang ini, terjadi tsunami besar yang menerjang reaktor Nuklir yang ada di Fukushima. Hal ini yang membuat Jepang dilanda bencana dahsyat. Gempa, tsunami, dan juga kebocoran reaktor nuklir. Bahkan paparan radioaktif yang ditimbulkan baru akan berangsur-angsur menghilang minimal setelah empat puluh tahun.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) memberikan pernyataan bahwa gempa Jepang yang terjadi kemarin tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Kepolisian daerah ini juga tidak mendapat laporan adanya kerusakan atau korban jiwa dari bencana ini. Operator Tokyo Electric Power Co, perusahaan pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima Daiichi menyatakan tidak ada dampak yang signifikan dari gempa yang terjadi. 

 

 

 

Jepang memang merupakan salah satu negara yang berada dalam zona rawan gempa. Seperti Indonesia, Jepang berada di area pertemuan antar lempeng bumi. Hal inilah yang membuat Jepang menjadi salah satu negara yang sering mengalami bencana gempa bumi. Untunglah Jepang memiliki persiapan yang baik dalam menghadapi bencana. Terbukti setelah sempat mengalami kebocoran karena gempa pada tahun 2011, reaktor nuklir tidak mengalami gangguan dari gempa yang terjadi kemarin. 

Cara negara Jepang menghadapi bencana gempa ini seharusnya kita tiru. Di Indonesia, jika terjadi gempa, banyak sekali kerusakan yang ditimbulkan karena bencana ini. Padahal bencana gempa juga bukan hal baru di beberapa wilayah di Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia harus banyak belajar dari peristiwa gempa Jepang di Fukushima ini. Karena mereka selalu mampu belajar dari pengalaman sebelumnya dan jadi modal untuk membangun sistem yang lebih baik.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Venanda
"Keep moving forward"
358SHARES