Rawan Terhantam Gelombang Tsunami, Jepang Bangun Dinding Raksasa Untuk Lindungi Warga. Greget Banget!

28 April 2018
|Galih Wisnu Brata
246SHARES

Jepang adalah salah satu wilayah yang rawan bencana gempa bumi dan tsunami. Letak Jepang yang berada di sepanjang Cincin Api Pasifik menjadi penyebabnya. Selain itu, Jepang yang merupakan negara kepulauan yang dikelilingi lautan rentan diterjang gelombang tsunami.

Bencana terdahsyat pernah mengguncang Jepang di tahun 2011, tepatnya di tanggal 11 Maret pukul 14.46 waktu setempat. Gempa berkekuatan 9,0 SR berhasil meluluhlantakkan kawasan Tohoku di lepas pantai Samudera Pasifik, tepatnya di timur Sendai, Honshu, Jepang. Gempa yang terjadi selama 6 menit itu disusul dengan gelombang tsunami sekitar satu jam kemudian. Tsunami setinggi 33 kaki atau 10 meter merenggut 15 ribu nyawa.

Saking parahnya, bencana tersebut menjadi bencana terbesar dalam sejarah dan masuk deretan bencana terparah di dunia. Karena hal itulah, Jepang berusaha megantisipasi tsunami dengan membangun dinding raksasa yang berfungsi sebagai pemecah tsunami.

Pemerintah Jepang sedang membangun dinding raksasa di sepanjang pantai untuk melindungi masyarakat dari hantaman gelombang tsunami. Banyak warga yang merasa senang dengan pembangunan ini karena mereka akan terlindungi dari gelombang nahas ini. Dinding setinggi 12,5 meter ini menjadi pengganti dinding pemecah ombak yang tingginya hanya 4 meter. Diharapkan dengan dibangunnya dinding ini, saat terjadi tsunami, dinding bisa menghambat laju air dan memberikan waktu bagi warga untuk menyelamatkan diri.

Seiring berjalannya waktu, ada beberapa keluhan terkait pembangunan dinding raksasa tersebut. Setelah pembangunan direalisasikan, banyak warga merasa seperti di dalam penjara. Beberapa warga juga khawatir, dinding tersebut akan merusak potensi wisata. Dibangunnya dinding itu juga dikhawatirkan akan menghalangi aliran air alami dari tanah dan mempengaruhi produksi ikan di masa yang akan datang.

Hingga kini, dinding telah dibangun sepanjang kira-kira 245 mil atau 395 km. Butuh biaya besar untuk membangun dinding besar yang sangat panjang ini. Biaya yang telah dikeluarkan sebesar 1,35 triliun Yen.

 

 

Kalau menurut kalian gimana? Hidup dengan dikelilingi dinding raksasa, berasa kayak di film aja ya. Memang jadi terasa aman dari tsunami, tapi juga membuat merasa seperti di penjara ya. Padahal, pemandangan lepas pantai tentunya indah sekali. Jadi dilemma!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
246SHARES