Olahan Telur Aneh dari Cina Ini Bakal Bikin Kamu Heran

14 Juli 2017
|Romlah Sundari
6SHARES

Siapa sih yang tidak suka telur? Makanan yang satu ini sudah jadi makanan universal yang hampir selalu hadir di meja makan. Selain praktis dan lezat, telur juga bergizi tinggi. Menurut ahli pangan, memakan telur setiap pagi telah mencukupi kebutuhan proteinmu dan akan membuatmu tidak cepat lapar kembali. Meski sering dijauhi karena dianggap mengandung kadar kolesterol yang tinggi, namun telur sebenarnya merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Dan kolesterol dalam telur sebenarnya tidak perlu ditakutkan. Karena meski kadar kolesterolnya cukup tinggi, namun kadar lemak jenuh telur sangat rendah sehingga tidak akan menyebabkan sumbatan pada pembuluh darah.

Di Indonesia, olahan telur tidak jauh-jauh dari telur rebus, telur mata sapi, atau telur dadar. Sedangkan di berbagai negara, telur dimasak dengan cara yang sangat beragam. Mulai dari Shakshuka, telur yang dimasak dalam saus tomat pedas dari Israel hingga Scotch egg, telur yang dibalut dalam daging giling dari Inggris. Namun di Cina, olahan telur tidak menggiurkan seperti di negara-negara lain. Tiga masakan berbahan dasar telur dari Cina ini alih-alih membangkitkan selera makanmu, justru akan membuatmu bertanya-tanya apa yang ada di pikiran para pembuat makanan ini.

Maodan

Maodan adalah telur bebek yang sudah dibuahi dan berkembang menjadi embrio. Namun alih-alih ditetaskan, telur ini justru direbus dan dimakan langsung dari cangkangnya. Olahan telur yang satu ini sangat populer di berbagai negara asia. Di negara-negara Asia Tenggara, makanan ini disebut dengan Balut dan menjadi jajanan pinggir jalan yang banyak ditemukan di Filipina, Thailand, dan Laos. Meski banyak ditemukan di Asia Tenggara, namun Maodan atau Balut sebenarnya berasal dari Cina dan dibawa ke Filipina dalam perkembangannya. Untuk membuat Maodan, telur bebek yang sudah dibuahi akan diinkubasi di dalam keranjang atau pasir selama 14 hingga 20 hari. Setelah masa inkubasi, telur bebek akan dicek dibawah cahaya lampu untuk melihat sejauh mana embrio bebek telah berkembang. Jika sudah waktunya, telur tersebut akan direbus dan disajikan masih dalam cangkang telurnya.

Century Egg

Olahan telur dari Cina yang satu ini memiliki penampakan yang sangat aneh. Bagian kuning telur berubah warna menjadi hitam dan bagian putih telur menjadi berwarna cokelat transparan. Masakan telur yang aneh ini dibuat dengan cara memeram telur bebek di dalam campuran abu, tanah liat, garam, kapur, dan sekam padi selama tiga sampai lima minggu.

Setelah proses peram, telur akan direbus dan dihidangkan begitu saja atau dipotong-potong dan menjadi campuran dalam masakan lain seperti mie goreng atau cap jay. Menurut orang-orang yang pernah mengonsumsi century egg, hidangan ini memiliki tekstur yang unik. Bagian kuning telur yang berubah menjadi hitam memiliki tekstur yang creamy dan terasa seperti keju. Sedangkan bagian putih telur memiliki tekstur yang kenyal seperti agar-agar. Meski sudah terkenal dan menjadi hidangan populer di Cina, namun century egg seringkali mengandung mineral yang berbahaya bagi tubuh.

Virgin Boy Egg

Jika kamu merasa century egg dan maodan belum cukup aneh, tenang, Cina masih punya kejutan lain untukmu. Ya, hidangan unik ini disebut Tong Zi Dan yang berarti telur anak laki-laki ini. Olahan ini dibuat dengan merebus telur dengan air seni dari anak laki-laki yang belum menginjak pubertas. Olahan telur ini populer sebagai jajanan pinggir jalan di Kota Dongyang, Provinsi Zhejiang, Cina. Air seni yang digunakan untuk merebus telur ini didapatkan dengan menaruh ember-ember yang dikhususkan untuk menjadi tempat penampungan urin anak laki-laki. Menurut mereka yang gemar mengonsumsi Tong Zi Dan, makanan yang satu ini selain lezat, juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ketiga olahan telur aneh dari Cina ini memang membuat kita bergidik saat membayangkannya. Namun hal ini juga membuktikan kekayaan kuliner dunia yang begitu beragam. Dan satu hal lagi, berbagai makanan aneh dari Cina juga membuktikan kehebatan tubuh manusia dalam beradaptasi sehingga dapat mencerna berbagai makanan aneh dan berbahaya tanpa harus jatuh sakit.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
6SHARES