Nenek di Thailand Wisuda di Umur 91 Tahun, Skripsimu Apa Kabar?

www.bbc.com

Masa perkuliahan bukanlah masa yang mudah untuk dijalani. Mulai dari jam kuliah yang padat, praktikum maupun kegiatan kampus yang terus memenuhi kalender, hingga tugas yang seabrek. Namun masa kuliah tidak perlu menjadi begitu berat jika kita dapat menguasai diri dan mengatur waktu serta energi dengan baik.

Pasalnya, bagi mahasiswa, hal yang paling berat untuk dilakukan adalah memaksa diri untuk bergerak dan menyelesaikan apa yang telah kita mulai. Sehingga pada masa-masa akhir perkuliahan, saat kita tinggal mengerjakan skripsi, seringkali kita terlena dan menunda skripsi begitu lama karena sangat sulit bagi kita untuk menemukan motivasi lulus. Padahal langkah untuk menuju prosesi wisuda tinggal selangkah di depan mata.

coconuts.co

Nah, kamu-kamu yang malas menyelesaikan kuliah dan menunda-nunda untuk wisuda seharusnya merasa malu pada Nenek Kimlan Jinakul. Mengapa? Karena nenek berusia 91 tahun ini saja dapat memacu terus dirinya untuk wisuda meski dengan kondisi tubuh dan otak yang sudah menua dan tidak prima seperti tubuh dan otak kita.

Eits, jangan dulu mengelak dengan argumen “Dia aja nenek-nenek baru lulus, santai lah, ngapain buru-buru”. Argumen itu salah besar karena Nenek Kimlan bukannya berkuliah selama puluhan tahun, ia memang baru memasuki dunia perkuliahan di usianya yang ke 85.

coconuts.co

Nenek Kimlan berasal dari Thailand, tepatnya di Provinsi Lampang, Thailand utara. Saat gadis, ia merupakan gadis yang cemerlang dan sangat pintar. Kimlan berhasil bersekolah di salah satu sekolah terbaik di Provinsi Lampang. Ia pun sangat ingin meneruskan pendidikannya hingga ke tingkat universitas. Sayangnya, pendidikan Kimlan harus berhenti karena kondisi keluarganya yang tidak memungkinkan. Dan setelah keluarga Kimlan pindah ke Bangkok, ia lantas menikah dan harapannya untuk berkuliah harus pupus.

Namun harapan Kimlan akan pendidikan yang lebih tinggi ini ia turunkan ke anak-anak dan cucunya. Ia membesarkan kelima anaknya dengan baik dan mendorong mereka untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi. Kimlan berhasil, buktinya, empat anaknya berhasil duduk di bangku pascasarjana dan meraih gelar master mereka.

www.bbc.com

Melihat anak-anaknya telah berhasil menempuh pendidikan tinggi, Kimlan pun terdorong untuk juga turut mengenyam pendidikan di tingkat universitas. Ia mendaftarkan diri di Universitas Terbuka Sukhothai Thammathirat di Bangkok pada usianya yang ke 72, bersamaan dengan masuknya salah satu putri Kimlan di universitas tersebut. Namun putrinya tersebut meninggal di tengah masa studinya dan membuat Kimlan begitu terpukul hingga ia memutuskan berhenti dari kegiatan perkuliahan.

www.bbc.com

Semangat Kimlan untuk berkuliah bangkit lagi saat ia berusia 85 tahun. Kimlan bangkit dari kesedihannya dan memutuskan untuk kembali menuntut ilmu di universitas yang sama. Kali ini, Kimlan memilih jurusan Ekologi Manusia, jurusan yang dianggapnya dapat membuat Kimlan hidup dengan lebih baik dan bahagia. Motivasi terbesar Kimlan untuk kembali ke bangku pendidikan adalah untuk membuat mendiang putrinya bangga. Ia berharap mendiang putrinya akan senang melihat Kimlan semangat menyelesaikan mimpinya yang telah lama tertunda ini.

englishnews.thaipbs.or.th

Jatuh bangun nenek 91 tahun ini patut diacungi jempol. Meski sudah tua dan tidak lagi selincah dahulu, namun Kimlan mengakui bahwa ia selalu siap untuk belajar dan otaknya masih cukup tajam untuk diajak berfikir. Determinasi dan ambisinya yang kuat adalah kunci keberhasilannya menyelesaikan proses perkuliahan yang berat. Ia selalu percaya bahwa tidak ada kata terlambat untuk belajar. Dunia, menurut Kimlan, tidak pernah berhenti, dan akan selalu ada masalah-masalah baru untuk dipecahkan, karena itu ilmu pengetahuan pun selalu turut berkembang.

Kisah Nenek Kimlan yang wisuda di usia senja ini menjadi pengingat bahwa tidak ada kata terlambat dalam mempelajari sesuatu. Setiap ilmu yang kita pelajari pasti bermanfaat, kapanpun kita mempelajarinya. Dan mimpi memang harus selalu dikejar, sebelum kita masuk ke liang kubur. Berapapun usia kita, kita masih terus dapat memulai kembali dan berusaha mewujudkan mimpi-mimpi kita.

Termasuk kamu yang sudah semester tua tapi belum juga lulus, jangan malu karena usia tua, selesaikan skripsimu dan lekaslah lulus!

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Miliki Wajah dan Tampilan Baru, Pinterest Disebut Melirik Gaya Khas Instagram - Keepodotme

Miliki Wajah dan Tampilan Baru, Pinterest Disebut Melirik Gaya Khas Instagram - Keepodotme

Orangtua di Cina Lakukan Tes DNA Pada Anak Mereka Karena Terlalu Tampan

Orangtua di Cina Lakukan Tes DNA Pada Anak Mereka Karena Terlalu Tampan

Pengen Nolak Seseorang Tanpa Menyakiti Perasaannya? Kamu Bisa Mencoba Serangkaian Trik Menolak Secara Halus Ini - Keepodotme

Pengen Nolak Seseorang Tanpa Menyakiti Perasaannya? Kamu Bisa Mencoba Serangkaian Trik Menolak Secara Halus Ini - Keepodotme

Penangkapan Pria yang Menjuluki Dirinya Sultan of Sex di Bangladesh

Penangkapan Pria yang Menjuluki Dirinya Sultan of Sex di Bangladesh

Manfaat Istimewa Menstrual Cup Yang Jarang Diketahui - Keepodotme

Manfaat Istimewa Menstrual Cup Yang Jarang Diketahui - Keepodotme

Fakta Unik Tentang Kimchi, Sayuran Fermentasi dari Negeri Korea

Fakta Unik Tentang Kimchi, Sayuran Fermentasi dari Negeri Korea

loading