Menjijikan! Jepang Ubah Kotoran Manusia Jadi Makanan

07 November 2017
|Galih Wisnu Brata
0SHARES

Manusia memerlukan makan dan minum untuk hidup. Makanan kebanyakan diperoleh dari tumbuhan dan hewan yang kemudian dioleh sedemikian rupa. Setelah itu, makanan diproses di organ pencernaan yang pada akhirnya akan dikeluarkan menjadi feses atau kotoran. Tentunya, makanan dan kotoran memiliki bentuk, rasa, dan bau yang berbeda walaupun asalnya sama. Hal tersebut membuat semua orang enggan melihatnya, apalagi memakannya ulang. Tapi di Jepang, ada sebuah penemuan baru yang sangat mencengangkan. Ilmuwan di Jepang berhasil mengubah kotoran manusia menjadi makanan. Wow, kok bisa?

Seorang ilmuwan dari Okayama Laboratory yang bernama Mitsuyuki Ikeda adalah ilmuwan yang berhasil mengubah kotoran manusia menjadi makanan. Ia mengekstraknya dan mencampurnya dengan saus steak. Hasil ekstrak dari kotoran manusia akan diendapkan. Setelah itu, endapan akan diberi cairan enhancer. Kemudian akan diolah dengan alat khusus yang bernama exploder. Hasil akhirnya akan menyerupai steak daging sapi.

Eksperimen ini merupakan permintaan dari pemerintah Jepang. Pemerintah Jepang kesulitan untuk mengatasi penumpukan lumpur dari limbah kotoran. Meski sebagian besar telah dibuang ke laut, lumpur kotoran masih saja menumpuk. Untuk itu, pemerintah meminta Ikeda untuk mengolahnya menjadi makanan. Selain itu, eksperimen ini dianggap bisa mengatasi masalah kekurangan pangan apabila krisis tiba-tiba datang melanda.

Setelah berwujud seperti steak, makanan dari kotoran tersebut diujicobakan kepada beberapa orang. Mereka mengatakan bahwa rasanya lebih enak dari steak daging sapi. Kalau saja mereka tahu bahan dasarnya, mereka pasti udah muntah-muntah dah itu. Para pencicip memang tidak diberitahu bahan dasar pembuat steak tersebut. Mereka mengira bahwa steak itu berasal dari daging. Rupa, warna, tekstur, bahkan rasa dibuat sama persis seperti steak.

Tak hanya rasanya saja yang enak, makanan dari kotoran manusia ini juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Di dalamnya terkandung 63% protein, 25% karbohidrat, 3% vitamin, dan 9% mineral. Selain itu, bakteri di dalam kotoran manusia pun tidak berbahaya. Dengan proses pemanasan, bakteri akan mati. Sayangnya, biaya produksi masih lebih mahal 10 hingga 20 kali lipat dibanding dengan daging sapi.

Gimana, kamu tertarik mau coba? Rasanya lebih enak, lho, dari steak daging sapi. Tapi, jangan sambil bayangin kalau itu dari kotoran manusia. Ntar malah muntah lagi.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES