Menikmati Indahnya Bunga Sakura Dalam Festival Hanami di Jepang

15 Juni 2017
|Faizah Pratama
0SHARES

Momen mekarnya bunga Sakura selalu dinantikan oleh banyak orang. Sebagai bunga yang menjadi ikon negara Jepang, mekarnya bunga ini tidak hanya dinanti oleh masyarakat Jepang, tetapi juga warga negara lain yang memang sengaja bertandang ke Jepang saat musim bunga Sakura bermekaran. Warna pink bunga sakura saat bermekaran akan menjadi pemandangan indah tersendiri di Jepang.

Di Jepang ada sebuah festival yang memang didedikasikan untuk menyambut mekarnya bunga Sakura. Acara tersebut dinamakan Festival Hanami yang diadakan setiap tahunnya. Festival ini juga dikenal dengan Festival Cerry Blossom. Festival ini bukan semata-mata digelar untuk bersenang-senang saja, tetapi ditujukan untuk lebih menghargai keindahan yang hanya dapat dilihat beberapa kali setahun. 

Festival Hanami biasanya dimulai pada siang hari dan berlangsung hingga malam hari. Tanggal festival ini bervariasi karena setiap lokasi tumbuhnya pohon Sakura memiliki waktu mekar yang berbeda-beda berdasarkan perbedaan cuaca dan iklim. Namun, secara umum bunga Sakura mekar pada akhir Maret sampai dengan sekitar bulan Mei. 

 

Saat Festival Hanami orang-orang akan berkumpul di bawah pohon Sakura yang bermekaran untuk makan, minum, dan bernyanyi bersama. Taman-taman kota pun seketika penuh dengan kehadiran orang-orang yang ingin menikmati momen merekahnya bunga Sakura ini.

 

Minuman yang dipilih untuk Hanami umumnya adalah sake, minuman tradisional Jepang yang mengandung alkohol. Namun, sebagian lainnya kadang juga memilih meminum teh. Ada pula makanan yang hanya ada saat festival tersebut, yaitu Wagashi semacam permen Jepang. Ada juga sakura organik yang dapat ditambahkan ke dalam teh hitam atau teh hijau. 

 

Jepang bisa dibilang sebagai negara beruntung tempat tumbuhnya bunga secantik bunga Sakura. Festival Hanami pun merupakan bentuk penghargaan warga Jepang untuk bunga Sakura. Tetapi tak hanya dihargai, keberadaa bunga Sakura juga harus terus dijaga.

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
0SHARES