Lihai Bermain Pedang dan Strategi, 7 Samurai Jepang Ini Dikenang Sebagai Legenda. Hebat!

29 Januari 2018
|Galih Wisnu Brata
177SHARES

Jepang menjadi salah satu negara yang memiliki daya tarik luar biasa. Berbagai adat kebiasaan, sejarah, teknologi, dan budaya menjadi hal yang patut diperhatikan. Salah satunya adalah samurai. Samurai merupakan seorang ahli pedang yang mengabdi kepada seorang bangsawan atau masyarakat. Sebagai ahli pedang sudah barang tentu samurai memiliki kelihaian dalam memainkan pedang. Dari semua samurai yang pernah ada, berikut ini ada 7 samurai yang dikenal sebagai legenda. Yuk simak ulasannya.

1. Miyamoto Musashi

Pada eranya, Miyamoto Musashi dijuluki sebagai dewa pedang. Ia merupakan seorang ronin atau samurai yang tak bertuan. Ia mengembara dan tidak mengabdi pada siapapun. Semasa hidupnya, ia selalu berdual dan tidak pernah kalah. Pada akhirnya, ia memutuskan untuk mendirikan dojo atau tempat latihan. Ia juga menulis buku berjudul The Book of  the Five Rings yang berisi cara bermain pedang dengan baik. Miyamoto Musashi meninggal karena usia yang sudah renta.

2. Oda Nobunaga

Oda Nobunaga dikenal sebagai salah satu pemersatu Jepang. Ia berkeinginan untuk menyatukan semua klan yang ada di bawah kepemimpinannya. Secara perlahan, mimpinya tersebut menjadi kenyataan. Ia juga berhasil memperluas wilayah perdagangan internasional bagi Jepang. Sayangnya, Nobunaga harus mengakhiri hidupnya dengan harakiri, bunuh diri, setelah dihasut oleh anak buahnya. Karena kesadisannya dalam berperang, ia mendapat julukan Demon King atau Raja Iblis.

3. Toyotomi Hideyoshi

Selain Nobubaga, Hideyoshi juga dikenal sebagai sebagai pemersatu Jepang. Ia merupakan anak buah dari Nobunaga. Dulunya, Hideyoshi hanyalah prajurit rendahan. Namun, ia berhasil menjelma menjadi samurai yang hebat. Saat Oda Nobunaga tewas di tahun 1582, Hideyoshi mengambil alih kepemimpinannya. Kala ia memimpin, ia berhasil menguasai Jepang. Karena ambisi yang besar, Hideyoshi ingin memperluas kekuasaan hingga Cina dan Korea. Namun, keinginannya tersebut tidak terwujud hingga ia tewas.

4. Hattori Hanzo

Berbeda dengan samurai lainnya, Hattori Hanzo juga seorang ninja. Ia dapat memadukan permainan pedang dengan bela diri ala ninja. Berkat mempunyai keterampilan ala samurai dan ninja, Hanzo memiliki kemampuan hebat dalam membunuh musuhnya. Julukan devil Hanzo pun melekat pada dirinya. Setelah sekian lama mengabdi kepada tuannya, Hanzo memutuskan pensiun dan menjadi penganut Budha.

5. Honda Tadakatsu

Honda Tadakatsu mengabdi pada tuan yang sama dengan Hattori Hanzo. Dia dijuluki sebagai "prajurit yang melampaui kematian". Ia dijuluki seperti itu karena ia telah melawati ratusan pertempuran. Tak hanya itu, ia akan tetap bertempur walaupun keadaannya telah sekarat. Namun, ia disebut tak pernah terluka parah saat menjalani peperangan. Wah, hebat banget bukan?

6. Date Masamune

Mata sebelah kanan milik Date Masamune buta karena penyakit cacar. Walau buta sebelah, ia dijuluki dengan nama "naga bermata satu". Ia dikenal sebagai samurai yang paling kejam dan brutal yang pernah ada. Bahkan, semenjak kanak-kanak ia telah dikontrak menjadi samurai. Tahun-tahun awal ia berkarier, ia sering mengalami kekalahan. Namun, ia tidak patah semangat dan pada akhirnya ia menjadi jenderal hebat yang ditakuti.

7. Takeda Shingen

Masa ketika Takeda Shingen adalah salah satu masa paling kejam dalam sejarah samurai. Pada saat itu, banyak klan yang bertempur untuk memperebutkan kekuasaan. Klan yang dipimpin Takeda Shingen menjadi salah satu klan yang mendominasi di Jepang pada saat itu. Takeda memiliki perbedaan dengan samurai lain. Ia tak hanya lihai memainkan pedang, melain jitu juga dalam menembakkan anak panah. Bahkan, ia juga mampu menggunakan senjata api. Sayangnya, Takeda harus tewas dalam sebuah peperangan di tahun 1573 karena tertembus timah panas.

Sayangnya, eksistensi samurai dari tahun ke tahun mulai menurun. Pedang mulai ditinggalkan dan digantikan dengan senjata api. Cara bertarungnya pun mulai ditinggalkan. Masyarakat Jepang mulai mengadopsi cara bertarung ala barat yakni dengan senapan dan pesawat terbang. Meski Samurai sudah tidak lagi tampak di Jepang, namun kisahnya tetap abadi hingga kini. Bahkan terdapat banyak komik serta novel yang mengisahkan tentang kehebatan para Samurai legendaris tersebut. Inilah kehebatan Jepang dalam melestarikan budaya. Kapan ya Indonesia bisa gencar melestarikan budaya layaknya Jepang?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
177SHARES