Lebih Sepi dari Hati Para Jones, Inilah Mongolia, Negara Paling Sepi di Dunia!

06 Februari 2018
|Pandu Rijal Pasa
0SHARES

Siapa sih yang enggak tahu negara dengan jumlah penduduk paling banyak di dunia? Sudah menjadi rahasia umum bahwa Cina merupakan negara terpadat di dunia dengan 1,3 miliar jiwa lebih yang tercatat disana. Jika Cina merupakan negara dengan penduduk paling banyak, bagaimana dengan yang sebaliknya? Ternyata Mongolia jadi negara yang menempati posisi tersebut. Meskipun lokasi kedua negara ini bersebelahan, tapi soal jumlah penduduk, Mongolia berada pada posisi yang paling buntut.

Secara geografis, Mongolia masuk ke dalam wilayah Asia Timur dan berbatasan langsung dengan, Republik Rakyat Tiongkok (Cina) di selatan, serta Rusia di sebelah utara. Dahulu, negara yang menetapkan Ulan Bator sebagai ibukotanya ini merupakan pusat Dinasti Mongol yang fenomenal pada abad ke-13. Namun negara Mongolia sendiri baru terbentuk pada 1921 atas bantuan Uni Soviet, dan baru diakui oleh Cina pada tahun 1949. Setelah Uni Soviet runtuh, barulah Mongolia menerapkan demokrasi sebagai sistem pemerintahannya.

Wilayah negara ini memang hanya seluas antartika, namun apa yang ada di dalamnya jelas berbeda satu sama lain. Jika di antartika kita hanya bisa menjumpai es, di Mongolia, kita hanya bisa banyak menjumpai gurun pasir. Ya, sebagian besar wilayah dari Mongolia merupakan padang pasir serta padang rumput yang gersang. Meskipun tetap banyak daerah-daerah yang merupakan tempat pemukiman penduduk disana. Di Mongolia sendiri memang terdapat Gurun Gobi yang merupakan gurun terbesar di Asia dan nomor 5 terbesar di dunia.

Karena wilayahnya yang sebagian besar merupakan padang gersang, tidak heran rasanya jika negara ini memiliki penduduk yang tidak banyak. Dengan wilayah yang seluas 1,5 juta kilometer persegi, hanya sekitar 3 juta orang yang tinggal di negara ini. Sehingga, setiap kilometer persegi Mongolia hanya ditempati oleh 1 hingga 2 orang saja. Bahkan, jumlah hewan ternak yang ada, seperti kuda maupun domba, bisa jauh lebih banyak daripada manusia yang tinggal disana, lho! Tidak heran jika sebagian besar penduduknya tinggal secara nomaden. Gimana? Tertarik untuk meramaikan negara ini?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
0SHARES