Lebih Cantik dari Kembang Desa, Ini Dia 10 Bunga Nasional Negara Asia Tenggara!

23 Februari 2018
|Median
0SHARES

Setiap negara memiliki identitasnya masing-masing. Salah satunya adalah bunga nasional. Beda negara, beda pula bunga nasionalnya, walaupun ada juga beberapa yang sama. Hal ini tergantung pada bunga apa yang paling dihargai di masyarakat dan pandangan masing-masing masyarakat juga tentunya. Selain harus mengenal bunga nasional Indonesia, kita kenalan juga yuk dengan bunga nasional dari kesembilan negara ASEAN lainnya. Yuk, kepo!

1. Bunga simpor (Brunei Darussalam)

Bunga dengan nama Latin Dillenia suffruticosa ini adalah bunga berwarna kuning yang tampak seperti payung apabila mekar sempurna. Pohon bunga simpor biasanya dapat dijumpai di sepanjang sungai dan daerah rawa-rawa di Brunei Darussalam. Bunga nasional ini biasanya dijadikan sebagai gambar-gambar desain di berbagai kerajinan tradisional dan gambarnya juga terdapat di uang kertas 1 dolar Brunei Darussalam.

2. Bunga melati putih (Indonesia)

Bunga melati putih (Jasminum sambac) sebenarnya hanyalah salah satu dari tiga bunga nasional Indonesia. Dua lainnya adalah anggrek bulan dan padma raksasa. Melati adalah sebagai puspa bangsa, anggrek bulan sebagai puspa pesona, dan  padma raksasa sebagai puspa langka. Dari ketiganya, mungkin kamu paling akrab dengan melati karena di setiap acara tradisi, pernikahan khususnya, pasti ada deh bunga putih harum yang melambangkan kesucian, keanggunan, ketulusan, dan kesederhanaan satu ini.

3. Bunga sampaguita (Filipina)

Bunga sampaguita ini kalau di Indonesia adalah bunga melati. Bagi rakyat Filipina, bunga yang juga biasa disebut sebagai Arabian jasmine ini adalah lambang kesucian, kesederhanaan, kemanusiaan, dan kekuatan.

4. Bunga rumdul (Kamboja)

Bunga yang dapat dijumpai di banyak tempat di Kamboja ini telah digunakan oleh para wanita Khmer sejak zaman kuno. Bunga dengan nama Latin Mitrella mesnyi ini berwarna kuning-keputihan dan akan mengeluarkan aroma harum yang khas pada malam hari. Jadi penasaran deh ya baunya kaya gimana.

 

5. Bunga dok champa (Laos)

Dok champa (Plumeria) adalah bunga nasional Laos yang melambangkan ketulusan dan kebahagiaan hidup. Bunga beraroma manis yang memiliki beragam warna ini biasanya digunakan masyarakat Laos sebagai dekorasi dalam upacara keagamaan dan karangan bunga untuk penyambutan tamu.

 

6. Bunga raya (Malaysia)

Bunga raya (Hibiscus rosa-sinensis) ini kalau di Indonesia dikenal sebagai bunga sepatu. Bunga berkelopak lima ini secara simbolik merepresentasikan lima prinsip kekuatan nasional Malaysia dan warna merahnya menyimbolkan keberanian. Bunga raya dapat ditemukan dengan mudah dan biasa digunakan sebagai pengobatan tradisional dan bahan kosmetik.

7. Bunga anggrek vanda ‘Miss Joaquim’ (Singapura)

Bunga anggrek satu ini adalah hasil persilangan dan dinamai sesuai dengan nama penemunya, Agnes Joaquim. Bunga ini dapat mekar sepanjang tahun. Dari 40 bunga, bunga cantik berwarna ungu muda ini berhasil menjadi pemenang pada tahun 1981 sebagai bunga nasional Singapura.

8. Bunga padauk (Myanmar)

Nama Latin bunga padauk adalah Pterocarpus indicus. Bunga ini berwarna kuning keemasan dan biasa mekar pada bulan April, bertepatan dengan Myanmar New Year Festival. Ketika semua bunganya sudah mekar, pohon bunga padauk akan tampak seperti warna emas dan makin indah lagi jika terlihat pada malam hari. Bagi masyarakat Myanmar, bunga padauk adalah lambang kekuatan dan ketahanan.

9. Bunga ratchaphruek (Thailand)

Pohon bunga ratchaphruek (Cassia fistula) ini kalau di Indonesia disebut sebagai tengguli. Bagi masyarakat Thailand, bunga kuning menjuntai yang setiap tahunnya mekar pada bulan Februari—Mei ini merupakan bunga yang melambangkan persatuan dan harmoni dalam kebersamaan.

10. Bunga lotus (Vietnam)

Lotus berwarna merah muda (Nelumbo nucifera) adalah bunga yang paling banyak dipilih sebagai bunga nasional Myanmar dari empat bunga dan tanaman yang diusulkan. Ketiga  lainnya adalah pinus, bambu, dan krisan. Bunga lotus atau teratai bagi masyarakat Vietnam adalah lambang kesucian, komitmen, dan optimisme terhadap masa depan.

Sudah bunganya cantik-cantik, filosofinya dapet pula. Eh tapi kok cuma sepuluh negara, Timor Leste ke mana? Iya, Timor Leste memang negara yang masuk kawasan Asia Tenggara, tapi sejauh ini Timor Leste masih dalam perundingan untuk masuk ASEAN. Kita doakan yang terbaik saja deh ya. Nah, dari kesepuluh bunga nasional tadi, kamu sendiri paling suka yang mana nih?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
0SHARES