Kocak! Inilah 7 Profesi Unik yang Hanya Ada di India!

11 Juni 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

India memang terkenal sebagai negara yang unik dan ajaib. Berbagai budaya dan kebiasaan mereka seringkali membuat kita terheran-heran. Meski banyak juga bagian dari budaya mereka yang kita nikmati, seperti makanan-makanannya yang super lezat atau film-film Bollywood yang menemani masa kecil kita. Namun, keunikan India tidak hanya berhenti pada budayanya saja. Bahkan hingga ke dunia profesional, India memiliki fakta-fakta yang akan bikin kita keheranan. Salah satunya adalah beragam profesi unik yang ada di India. Padatnya populasi India yang seringkali tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang ada membuat masyarakat India jadi lebih kreatif dalam menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri. Nah, ini dia sembilan profesi unik yang tercipta dan hanya ada di India! 

1. Dokter gigi emperan

Tidak hanya di rumah sakit atau klinik gigi, dokter gigi di India bahkan ada yang buka usahanya itu di emperan jalan lho guys! Mungkin sebutan dokter gigi kurang tepat karena mereka tidak mendapatkan pendidikan sebagai dokter gigi. Mereka lebih tepat disebut sebagai tukang gigi. Namun, mereka dapat melakukan jasa-jasa yang ditawarkan oleh dokter gigi dengan harga yang jauh lebih murah. Mereka juga memiliki peralatan dokter gigi yang cukup lengkap meski kebersihannya patut untuk dipertanyakan. Mereka dapat menambal gigi, membersihkan gigi, bahkan mencabut gigi tanpa anestesi! Meski tidak direkomendasikan untuk pergi ke tukang gigi emperan ini, namun profesi ini menjawab persoalan yang dihadapi oleh masyarakat India: Harga berobat ke dokter gigi yang mahal.

2. Pembersih telinga keliling

Bukan hanya dokter gigi, di India kita juga dapat menemukan tukang pembersih telinga di jalan-jalan. Dengan alat sekadarnya, yaitu jarum besi yang besar dan tajam, kapas, serta pinset, para pembersih telinga ini berkeliaran di jalan-jalan India. Mereka membersihkan kuping orang-orang asing yang mereka temui di jalan dengan bayaran 20 – 25 rupee atau sekitar 4000 – 5000 rupiah. Meski tidak terlihat higienis dan cukup berbahaya, namun pelanggan jasa pembersihan telinga ini tidak mengkhawatirkan hal tersebut. Mereka percaya bahwa praktik ini cukup aman untuk dilakukan dan justru membuat mereka merasa lebih baik. Bagaimanapun, kini jumlah pelanggan jasa unik ini semakin berkurang karena meningkatnya kesadaran masyarakat India mengenai kesehatan.

3. Langurwallah

Jika kita biasa melihat orang yang berprofesi sebagai petugas keamanan yang mengusir orang jahat atau orang-orang yang tidak diinginkan dari suatu tempat, di India terdapat profesi yang hampir mirip, namun dengan objek yang berbeda. Di negara yang terdapat banyak sekali monyet yang hidup secara liar ini, pawang monyet menjadi suatu kebutuhan utama. Maka beberapa instansi di India mempekerjakan petugas keamanan yang bertugas mengusir monyet dari gedung mereka. Uniknya, pawang monyet ini tidak hanya mengusir monyet dengan cara biasa. Mereka berdandan seperti monyet dan menakut-nakuti monyet asli yang hendak masuk ke dalam gedung.

4. Hijras atau transgender penghibur

Dalam acara pesta, terutama pesta pernikahan, seringkali sang tuan rumah mengundang musisi atau kelompok penghibur untuk mengisi acara. Namun di India, kelompok penghibur yang diundang untuk mengisi acara-acara tersebut bukanlah musisi atau penghibur biasa, melainkan para transgender. Menurut masyarakat India, kehadiran hijras di acara mereka akan membawa nasib baik karena hijras dipercaya membaca keberuntungan dan kemakmuran di mana pun mereka tampil. Maka dari itu, setiap pesta pernikahan maupun ulang tahun anak di India tidak akan lengkap tanpa hadirnya hijras yang menari, menyanyi dan bertepuk tangan bagi sang empunya acara.

5. Dabbawalla atau pengantar makanan

Profesi yang satu ini mungkin juga banyak kita temui di Indonesia dalam bentuk jasa delivery makanan. Akan tetapi, dabbawalla bukanlah bagian dari servis restoran ataupun kurir pengantar yang diatur oleh satu perusahaan besar, seperti di Indonesia. Dabbawalla adalah pengantar makanan mandiri yang memang menawarkan jasanya secara bebas. Dabbawalla mengantarkan makanan-makanan rumahan ke kantor-kantor dan mengembalikan kotak-kotak yang sebelumnya digunakan ke rumah-rumah produksi tersebut. Profesi dabbawalla ini banyak digunakan karena reputasinya sebagai jasa pengantaran yang efisien, tepat waktu, dan sangat murah.

6. Rudaali atau peratap professional

Jika profesi-profesi di atas belum cukup aneh, ini dia profesi ajaib yang hanya ada di India: Peratap professional atau rudaali. Biasanya, rudaali adalah perempuan-perempuan yang disewa untuk menangisi dan meratapi kematian seseorang di acara pemakamannya. Mereka menjadi bentuk kompensasi atas budaya yang melarang anggota keluarga untuk meratap. Oleh sebab itulah rudaali disewa dan mereka akan segera meratapi dan menangisi kepergian mayat dengan histeris. Bahkan rudaali sampai bergulingan di tanah dan memukuli dirinya sendiri untuk meratapi kematian. Selain menangis dan meratap, rudaali juga menyanyikan lagu kematian dan menyampaikan pesan-pesan mengenai orang yang telah meninggal.

7. Pembawa wahyu Tuhan

Profesi yang satu ini mungkin tidak begitu aneh dan dapat ditemukan di beberapa negara lain, bahkan di Indonesia. Namun, profesi ini harus mendapatkan tempat khusus karena profesi ini sangat marak berkembang di India. Ya, India dikenal sebagai negara spiritual dengan begitu banyak aliran kepercayaan dan terkenal mudah percaya kepada takhayul. Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika terdapat banyak guru spiritual yang mengaku sebagai ‘nabi’ di India. Namun, tidak hanya berhenti disitu. Para ‘nabi’ ini memonetisasi ajarannya sehingga menjadi sumber penghasilan. Mereka memungut bayaran untuk setiap jasa yang mereka lakukan bagi masyarakat. Beberapa juga menjual merchandise dirinya dan memungut bayaran untuk mereka yang ingin hadir dalam seminar spiritualnya.

Terlepas dari keajaiban tujuh profesi di atas, perlu kita ingat juga bahwa fenomena ini berakar dari tingginya tingkat pengangguran di India. Oleh sebab itulah masyarakat India lantas menjadi begitu kreatif dan menciptakan berbagai pekerjaan yang aneh. Jika kamu termasuk ke dalam bagian orang-orang yang cukup beruntung untuk mendapatkan pekerjaan, bersyukurlah. Meskipun mungkin pekerjaanmu tidak menyenangkan atau sangat berat, namun setidaknya kamu memiliki penghidupan dan tidak harus menjadi pembersih kuping keliling untuk dapat makan setiap harinya. Lagipula, semua pekerjaan bisa jadi menyenangkan kok tergantung dari perspektif dan mindset kita.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES