Jika Indonesia Merayakan Kemerdekaan dengan Lomba, Ini 7 Perayaan Kemerdekaan di Negara Lainnya

18 Agustus 2017
|Romlah Sundari

Perayaan hari kemerdekaan di Indonesia biasanya begitu semarak dengan berbagai cara di tiap daerah. Biasanya, setiap kampung mengadakan perlombaan 17 Agustusan dan perayaan yang lebih khidmat. Yaitu malam tirakatan, di mana semua warga berkumpul di lapangan pada malam hari untuk menonton pentas seni dan memaknai hari merdekanya Indonesia. Perayaan meriah yang diadakan setiap tahun ini menjadi tradisi yang lekat dengan masyarakat Indonesia. Bagusnya, selebrasi semacam ini membuat hari kemerdekaan Indonesia terasa di seluruh pelosok negeri.

Tapi penasaran nggak sih, bagaimana hari merdeka di negara-negara lain dirayakan? Biar nggak penasaran, nih Yukepo kasih tahu selebrasi kemerdekaan unik di berbagai negara lain!

1. India

Seperti halnya di Indonesia, India juga merayakan hari jadi negaranya yang jatuh pada tanggal 15 Agustus setiap tahunnya. Namun cara merayakannya berbeda dengan di Indonesia. Selain dengan upacara pengibaran bendera, masyarakat India merayakan hari istimewa ini dengan bermain layangan. Ya, di hari spesial India, langit akan dipenuhi dengan layang-layang berbagai bentuk dan rupa. Kabarnya sih, menerbangkan layang-layang ini merupakan simbol kebebasan bagi masyarakat India.

2. Australia

Selebrasi dirgahayu di Australia sangatlah meriah. Terdapat dua bentuk perayaan yang selalu dilakukan di Australia, yang pertama adalah Australia Day Regatta yaitu lomba balapan ratusan kapal di Sydney Harbor. Yang kedua dan paling unik, adalah Havaianas Thong Challenge, yaitu tantangan yang dilakukan tiap tahunnya di pantai Adelaide, di mana masyarakat Australia berusaha memecahkan rekor dunia dalam kategori meniup balon besar berbentuk sandal jepit terbanyak di lautan.

3. Perancis

Hari merdekanya Perancis jatuh pada tanggal 14 Juli setiap tahunnya. Perayaan di negara ini layaknya di banyak negara lain. Seperti parade kemerdekaan, pertunjukan kembang api di area taman Menara Eiffel, dan bendera yang dikibarkan oleh rakyat Perancis. Namun yang membuat perayaan hari kemerdekaan di Perancis menjadi unik adalah adanya pesta meriah yang diselenggarakan di tiap pangkalan pemadam kebakaran Perancis. Pesta dansa besar-besaran ini dibuka untuk umum dan dilakukan selama dua hari, pada tanggal 13 dan 14 Juli.

4. Korea Selatan

Hari kemerdekaan di Korea Selatan disebut dengan Gwangbokjeol atau “Restorasi hari cahaya”. Peristiwa bersejarah ini jatuh pada setiap tanggal 15 Agustus. Sebenarnya perayaan hari kemerdekaan di Korea Selatan, layaknya di banyak negara lain. Ada upacara kemerdekaan di Independence Hall di Korea yang diisi dengan sebuah pidato dari Presiden dan nyanyi-nyanyian lagu tradisional Korea Selatan oleh semua peserta upacara. Namun yang unik dari hari kemerdekaan di Korea adalah keistimewaan yang diberikan oleh presiden kepada para tahanan di penjara. Pada hari kemerdekaan, presiden membebaskan para tahanan di Penjara Korea selama seharian penuh.

5. Ghana

Ghana merayakan kemerdekaannya dari jajahan Inggris setiap tanggal 6 Maret sejak tahun 1957. Negara pertama yang merdeka di daerah Sub Sahara ini merayakan kemerdekaannya dengan sangat meriah. Hari penting bagi masyarakat Ghana ini dirayakan dengan parade meriah oleh angkatan bersenjata Ghana dan anak-anak sekolah. Parade ini dilangsungkan di alun-alun besar di ibukota Ghana. Setelah parade selesai, maka dilanjutkan dengan festival di jalanan dan pesta yang meriah di pantai-pantai di Ghana. Pesta ini diramaikan dengan musik hiphop tradisional Ghana dan berbagai tarian serta perlombaan.

6. Finlandia

Hari kemerdekaan Finlandia jatuh pada  tanggal 6 Desember setiap tahunnya. Tidak seperti di negara-negara lain yang Yukepo bahas sebelumnya, perayaan di Finlandia tidak dilakukan dengan acara besar-besaran. Negara yang dulunya merupakan bagian dari Rusia ini merayakan kemerdekaan dalam skala individual dan lokal di tiap rumah. Yang menjadikan perayaan hari kemerdekaan di Finlandia menarik adalah tradisi tiap keluarga untuk menyalakan dua buah lilin dan menaruhnya di jendela rumah mereka. Tradisi ini muncul karena dulu menyalakan lilin di jendela rumah merupakan sinyal bahwa rumah tersebut mau menampung tentara Finlandia yang sedang sembunyi. 

7. Kamboja

Perayaan hari kemerdekaan di Kamboja berpusat di monumen kemerdekaan Kamboja yang terletak di Phnom Penh. Pada hari istimewa ini, Raja Kamboja akan menyapa rakyatnya di monumen kemerdekaan tersebut bersama dengan berbagai pejabat pemerintahan. Sang Raja akan menyalakan obor yang ada di monumen tersebut. Api yang juga disebut ‘api kemenangan’ ini akan menyala selama tiga hari tiga malam. Selain penyalaan obor, masyarakat Kamboja akan menyambut Raja mereka dengan membawa buket bunga dan melepaskan balon-balon warna-warni ke udara.

Ternyata, perayaan kemerdekaan di berbagai negara itu unik-unik, ya. Bagaimanapun cara merayakannya, poin penting yang harus diingat dalam setiap perayaan kemerdekaan adalah konsep kemerdekaan itu sendiri. Apa makna dari kemerdekaan dan apa tanggung jawab yang kita emban dengan adanya kemerdekaan. Karena sungguh, kebebasan dan kemerdekaan tidak datang tanpa pengorbanan dan tanggung jawab. Maka sebagai manusia yang merdeka, kita juga memiliki tanggung jawab yang besar terhadap kebebasan yang kita miliki.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
SHARES