Jadi Simbol Perdamaian di Meja Makan, Begini Asal-Usul Sumpit di Tanah Tiongkok!

21 April 2018
|Pandu Rijal Pasa
0SHARES

Rasanya saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal sumpit. Piranti makan elegan yang berasal dari Asia yang satu ini memang dikenal banyak orang sebagai salah satu cara makan paling khas, utamanya untuk menyantap mie. Meski begitu, nyatanya tidak banyak orang yang tahu kenapa sampai ada peralatan makan unik ini. Jadi, bagaimana cerita awal mula paduan dua buah stik ini menjadi bagian dari peralatan makan?

Sumpit diduga telah dikenal oleh manusia sejak 5000 tahun sebelum masehi. Pendapat ini didasarkan pada penemuan benda-benda arkeologis yang berjumlah kurang lebih 2000 benda, dimana sekitar 40 benda diantaranya memiliki bentuk batang yang terbuat dari diduga kuat merupakan sumpit yang terbuat dari tulang binatang pada tahun 1993 hingga 1995 di ekskavasi situs arkeologi Lonqiuzhang, Gayou, Provinsi Jiayou. Penemuan ini menguatkan temuan sebelumnya oleh arkeolog Tiongkok berupa enam batang sumpit perunggu dan sendok pada situs Anyang, serta di beberapa daerah lain seperti Hubei, Anhui dan juga Yunan.

Legenda paling terkenal tentang asal usul sumpit adalah tentang Da Yu dari Dinasti Xia (2011-1600 SM) yang bersiap menghadapi banjir besar dimana ia mematahkan ranting dan menjadikannya sebagai alat makan. Kisah lain berasal dari Raja Zhou (1105-1046 SM) yang menggunakan sumpit gading untuk menyantap makanan sembari menunjukkan gaya hidup mewah. Meskipun poin utama dari kisah-kisah yang ada cukup berbeda, namun ada benang merah diantara itu semua bahwa sumpit ini berasal dari tanah Tiongkok.

Sehingga, tidak heran jika pemakaian sumpit sering dikaitkan dengan ajaran dari seorang filsuf legendaris dari Cina yang juga seorang vegetarian, Konfusius. Katanya, orang terhormat akan menjauhkan dirinya dari rumah jagal dan dapur, serta tidak akan memperbolehkan ada pisau di meja makannya. Bisa jadi, itu pula yang menjadi alasan kuat bahwa sumpit diciptakan dengan ujung yang tumpul. 

Jika cerita Konfusius ini benar adanya, rasanya kita bisa menyimpulkan bahwa sumpit merupakan simbol perdamaian yang dimulai dari meja makan. Kamu setuju? Tapi memang perdamaian bisa dimulai dari dialog di meja makan, dengan kehangatan kebersamaan dan perut yang kenyang.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Pandu Rijal Pasa
"Be The Best Version of You"
0SHARES