Jadi Lambang Ketampanan dan Wibawa, Polisi Berkumis Di India Mendapat Gaji Lebih Besar!

18 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata

Selain dokter, polisi juga sering menjadi jawaban ketika seorang anak ditanyai mengenai cita-cita. Kegagahan polisi saat mengenakan seragam menjadi daya tarik bagi masyarakat, terutama anak-anak. Ditambah lagi, pistol yang dimilikinya. Untuk menjadi seorang polisi bukanlah perkara yang mudah. Serangkaian seleksi harus diikuti, mulai dari seleksi berkas, tes tulis hingga tes fisik.

Nah, ngomongin soal polisi nih, ada yang unik di India. Kalian yang hobi nonton film Bollywood pasti sudah tahu kan gimana penampakan polisi India. Selain berbadan tegap dan berwajah tampan, di Indonesia pun mayoritas polisi berkumis. Kenapa ya kok berkumis?

Menurut masyarakat India, pria berkumis akan terlihat lebih tampan dan berwibawa. Maka dari itu, polisi berkumis di India akan lebih dihormati.

Tak hanya itu, polisi yang berkumis juga akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Aturan ini berlaku untuk polisi yang bertugas di Madhya Pradesh, India. Polisi yang menumbuhkan kumis atau rambut di bawah hidungnya akan digaji lebih tinggi daripada mereka yang tidak berkumis.

Menurut Mayank Jain, kepala polisi di Distrik Jhabua, Madhya Pradesh, polisi yang memiliki kumis akan memancarkan aura yang berbeda. Ia menambahkan bahwa kumis dapat meningkatkan kepribadian para polisi. Selain mendapatkan aura khusus, polisi berkumis juga akan memunculkan energi yang lebih positif. Warga lokal pun akan lebih menghormati.

Mayank Jain juga membenarkan bahwa polisi berkumis akan mendapat gaji yang lebih besar. Jain memaparkan bahwa polisi berkumis akan mendapatkan tambahan gaji sebesar 30 rupee per bulan atau setara dengan Rp6.000,00. Ehm, nggak banyak ya sebernya, tapi mungkin di India segitu sudah banyak.

Jadi, kalau di film-film Bollywood kebanyakan polisi berkumis itu bukanlah sebuah tuntutan peran, melainkan realitasnya seperti itu. Ya, kan banyak keuntungan kalau berkumis. Dibilang tampan, berwibawa, lebih dihormati, dan gaji lebih banyak.

Kira-kira kalau aturan tersebut diterapkan untuk polisi di Indonesia gimana ya? Mungkin, para polisi akan berlomba-lomba menumbuhkan kumis. Kalau kamu mau nggak menumbuhkan kumis demi tambahan gaji? Atau justru menganggap peraturan seperti itu tidak masuk akal dan memberatkan?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memento mori"
SHARES