Inilah Berbagai Tradisi Muslim India Saat Bulan Ramadan Tiba

09 Juni 2017
|Faizah Pratama
175SHARES

India merupakan negara yang dihuni oleh orang-orang dari berbagai budaya, etnis, dan agama. Islam adalah salah satu agama yang cukup banyak penganutnya di India, terutama di Kota Delhi, Ibukota India. Dahulu Delhi adalah ibukota dari Kerajaan Islam Mughal. Itulah mengapa di Delhi penduduknya mayoritas memeluk agama Islam.

Ramadhan menjadi hari yang berbeda bagi masyarakat muslim India. Momen berbuka puasa dijadikan waktu untuk berkumpul bersama teman dan saudara dengan mengadakan pesta "Iftar." Mereka akan membuat pesta buka puasa, bahkan non-muslim pun boleh menghadiri pesta tersebut. Mereka akan berbuka puasa dengan nasi biryani, kebab, haleem, dan shorbas.

Selama bulan Ramadan, akan ada banyak orang yang berjualan makanan khas Ramadan di berbagai tempat di India. Ada banyak makanan lezat dan manis yang dibuat untuk menyambut Ramadan. Sebuah kedai makanan di Bangalore misalnya, yang menjual makanan penutup yang terbuat dari aprikot yang ditaburi biji pinus dan krim segar. Makanan lezat tersebut disebut Qubani ka Meetha.

Selain itu, di selatan Kota Zakir Nagar, Delhi terdapat beberapa makanan favorit yang ada saat Ramadan, yakni ayam afghan. Ayam afghan adalah masakan yang terbuat dari ayam yang direndam dalam yogurt agar lunak serta diberi bumbu rempah khas India.

Selain itu, yang tampak mencolok saat Ramadan tiba adalah masjid-masjid di India menjadi ramai saat bulan Ramadhan. Misalnya di masjid Jama atau masjid Jumat yang merupakan masjid warisan Kerajaan Islam Mughal. Selain untuk beribadah, di masjid ini juga selalu diadakan buka bersama.

Masyarakat muslim India juga mengartikan Ramadan sebagai waktu untuk menambah rezeki. Di bulan Ramadan, masyarakat muslim India akan mengadakan bazar. Dalam bazar tersebut akan dijual berbagai macam makanan dan pakaian. Selain itu, toko-toko muslim yang menjual pakaian juga akan menjadi semakin laris di bulan ini. Hal tersebut disebabkan di India ada tradisi baju baru untuk Hari Raya Idul Fitri.

Ada tradisi unik di India untuk menyambut Ramadhan. Para pria muslim India akan memakai celak di matanya. Mata mereka akan dihiasi dengan kohl, sejenis celak mata. Sebenarnya tradisi memakai kohl ini lebih dikenal sebagai tradisi dari Yaman saat menyambut Ramadan. Namun, ternyata pria muslim India juga melakukannya.

Itulah berbagai tradisi menyambut bulan Ramadan yang ada di India. Ternyata sebagian besar tradisinya hampir sama dengan orang muslim Indonesia, seperti bazar Ramadan dan masjid yang menjadi ramai saat Ramadan. Sesungguhnya hal yang baik perlu dilakukan setiap saat loh bukan hanya dilakukan saat Ramadan saja.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Faizah Pratama
"Di mana-mana hatiku senang!"
175SHARES