Inilah Beberapa Fakta tentang India yang Tidak Kamu Tahu!

29 Oktober 2017
|Meidiana
0SHARES

Berbicara tentang India mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan negara berpenduduk terbesar kedua di dunia ini. Paling tidak, kamu sudah sedikit mengenal India melalui film-film dan drama India yang tayang di televisi Indonesia. Apa jangan-jangan kamu malah sudah merasa sangat mengenal India karena penggemar film Bollywood, nih? Hmm, tapi yakin udah kenal banget sama India? Oke, buat buktiin masih yakin enggaknya, sekarang simak fakta-fakta tentang India berikut ini. Yuk, kepo!

1. Tidak memiliki bahasa nasional

Nah, lho, kok bisa sih? Iya, di India itu tidak ada yang namanya bahasa nasional, adanya hanya bahasa resmi yang diakui pemerintah. Cukup banyak juga, 22 bahasa resmi. Beberapa di antaranya adalah bahasa Hindi, Marathi, Punjabi, Gujarati, Oriya, Bengali, dan Telegu. Jadi, walaupun sama-sama orang India, kalau bukan penutur bahasa yang sama, mereka bisa saja tidak memahami perkataan satu sama lain.

 

2. Disiplin berlalu lintas yang rendah

Besok kalau kamu ke India, jangan heran ya kalau banyak kendaraan yang tidak memiliki kaca spion kiri. Walaupun kesannya aneh, mobil tanpa kaca spion kiri adalah hal yang lumrah di sana. Sebagai gantinya, para pengemudi jadi sering membunyikan klakson ketika ingin menyalip dan memberitahukan posisinya. Karena itu juga, hampir di bagian belakang setiap truk di India selalu ada tulisan, “Horn OK Please”. Bukan kaca spion, melainkan klakson dan remlah yang paling penting di sana. Nih ya, menurut penelitian pada awal tahun 2017, Mumbai menjadi kota paling bising di India yang menghasilkan suara setinggi 110 desibel atau setara dengan tingkat kebisingan di sebuah konser rock. Bisa bayangin kan betapa bisingnya jalanan di India? Polisi di sana saja sampai lelah, lho, ngaturnya.  

3. Suka difoto

Kalau kamu suka banget difoto, cocok dah jadi orang India. Kebanyakan orang India suka banget sama kamera, hmm difoto maksudnya. Begitu ada orang, apalagi orang asing, lagi foto-foto bangunan atau sesuatu, mereka biasanya langsung ikutan nimbrung buat difoto. Kalau kamu minta izin ingin foto bareng orang-orang sana, dengan sangat bersedia mereka pasti mengiyakanmu. Tenang aja, mereka nggak se-selaw itu kok buat minta file fotonya segala.

4. Terdapat perkampungan kumuh terluas di Asia

Sebagai kota yang paling padat di India, Mumbai tentu tak lepas dari berbagai masalah sosial. Oleh karena menjadi kawasan industri yang maju, banyak yang kemudian pindah ke Kota Mumbai untuk mencari nafkah. Harga sewa rumah di Mumbai yang termasuk tertinggi dunia akhirnya membuat mereka memilih untuk tinggal di Dharavi, perkampungan kumuh yang menawarkan harga sewa rumah yang murah dan terjangkau. Sekitar satu juta orang sekarang tinggal di tempat tersebut. Cukup luasnya wilayah Dharavi pun menjadikannya sebagai perkampungan kumuh terluas di Asia.

5. Terdapat bangunan paling mahal di dunia

Di Mumbai, ada sebuah rumah pribadi yang dinobatkan sebagai rumah termahal di dunia. Rumah tersebut milik Mukeshi Ambani, seorang pengusaha dan miliarder asal India, dengan harga senilai satu miliar dolar Amerika. Benar-benar nilai yang fantastis! Rumah bernama Antilia tersebut memiliki 6000 kamar, 3 lapangan helikopter, kolam renang, dan teater mini. Ngalah-ngalahin hotel, ya.  

6. Memiliki kompleks produksi film terluas di dunia

Kompleks produksi film Bollywood yang ada di Mumbai (dulu bernama Bombay) ternyata nggak main-main, lho, luasnya, yaitu seluas 210 hektare. Di kompleks produksi film ini terdapat sekitar 20 studio dan 40 bangunan lainnya sebagai latar film. Sekitar 53 film diproduksi dalam sehari, jadi ya pantes aja masuk rekor dunia. Kalau setahun, udah seribuan film tuh. Keliatannya banyak banget, tapi di sana film sebanyak itu ternyata nggak ada apa-apanya dibandingkan dengan jumlah penonton yang selalu membeludak.

 

7. Orang India sangat bangga dan suka dengan film Bollywood

Menjadi bintang film adalah impian hampir sebagian besar orang India. Hal itu tidak terlepas dari kecintaannya terhadap film-film produksi dalam negeri dan para bintang filmnya. Orang India sangat suka menonton film, tidak hanya film rilisan terbaru, tetapi juga film lama. Mereka biasa datang ke bioskop Maratha Mandir di Mumbai yang masih memutar film-film lama. Salah satu film lama yang paling disukai orang India adalah "The Brave-Hearted Will Take Away the Bride" yang dirilis pada tahun 1995. Bahkan, banyak yang mengakui bahwa mereka telah menonton film yang dibintangi Shahrukh Khan dan Kajol itu sebanyak tiga puluh kali. Film tersebut tayang di Maratha Mandir selama dua puluh tahun tanpa henti dan menjadi film terlama yang diputar di bioskop sepanjang sejarah Bollywood. Wah, lama pakai banget ini mah.

8. OST film yang rilis lebih dulu dibandingkan dengan filmnya

Di India, lagu-lagu OST (original soundtrack) film rilis terlebih dahulu, filmnya mah belakangan. Terjual dengan baik atau enggaknya OST ternyata ngaruh, lho, ke filmnya. Respon terhadap film biasanya akan baik apabila OST sebelumnya juga terjual dengan baik. Masuk akal juga sih sebenernya. Poin penting film India kan ada pada adegan nyanyi sambil nari itu, jadi kalau banyak yang merasa OST-nya kurang bagus, ya bakal ngurangin gereget masyarakatnya buat nonton. Lalu, kalau suatu OST mendapat respons yang bagus, biasanya setelah itu sang penyanyi akan merilis album sendiri, lho.

Oke deh. Gimana, jadinya masih yakin kalau kamu sudah tau banget tentang India? Ya udah, yang penting sekarang sudah nambah lagi ya wawasannya biar besok siapa tau kalau ke India bisa deh dibawa buat bekal informasi. Gitu ya dan semoga bermanfaat.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Meidiana
"Bahagia bersama senandika."
0SHARES