Inilah 7 Fakta Unik Nepal, Negara yang Nggak Punya Hari Kemerdekaan

27 Juni 2017
|Olphi Disya
127SHARES

Namaste! Kali ini YuKepo akan membahas fakta-fakta unik negara Nepal, sebuah negara tertua di Asia Selatan. Nepal merupakan negara beribu kota di Kathmandu dan sering diidentikkan dengan pegunungan Himalaya. Biar kamu nggak penasaran dengan apa aja yang ada di Nepal sehingga dikategorikan sebagai negara yang unik? Yuk, kepoin!

1. Nggak punya hari kemerdekaan

Yang namanya hari kemerdekaan tentulah menjadi hari di mana sebuah negara terbebas dari penjajah atau koloni. Nah, berhubung Nepal nggak pernah dijajah oleh siapa pun dan nggak pernah menjadi koloni negara mana pun, maka Nepal otomatis nggak punya hari kemerdekaan. Tapi bukan berarti Nepal nggak punya tanggal penting yang berhubungan dengan kenegaraan. Sejak 25 September 1768 Nepal berdiri sebagai kerajaan, lalu pada 15 Januari 2007 pernyataan sebagai negara yang kemudian menjadi negara republik pada 28 Mei 2008.


PILIHAN EDITOR

2. Bendera dengan bentuk terunik

Kalau kamu perhatikan, Nepal merupakan satu-satunya negara dengan bendera yang beda dari yang lain bentuknya. Jika umumnya bendera berbentuk persegi panjang, maka Nepal memiliki bendera kebangsaan berbentuk dua segitiga. Bendera ini berwarna merah marun dengan pinggir berwarna biru tua dan terdapat dua simbol. Bagian segitiga yang atas terdapat simbol bulan, sedangkan yang di bawahnya terdapat simbol matahari. Segitiga melambangkan Himalaya dan kedua simbol melambangkan dua agama mayoritas yaitu Hindu dan Buddha. Konon, desain bendera ini udah ada sejak 2000 tahun yang lalu lho.

3. Puncak gunung tertinggi di dunia

Tahukah kamu, kalau ternyata 8 dari 10 puncak gunung tertinggi di dunia ada di Nepal? Tentu aja puncak tertinggi nomor satu adalah Gunung Everest yang berada pada 8848 mpdl. Sementara di posisi ke-3 hingga ke-8 adalah puncak Kangchenjunga, Lhotse, Makalu, Cho Oyu, Dhaugaliri I, Manaslu, dan di posisi ke-10 adalah Annapurna I. Sedangkan posisi ke-2 dan ke-9 ada di Pakistan. Semua puncak tertinggi tersebut berada pada deretan pegunungan Himalaya yang spektakuler itu guys. Bahkan saking dianggap agungnya, Gunung Everest juga dinamai Sagarmatha yang artinya “Goddess of the Sky”.

4. Sebagai tempat lahir Sidharta “Buddha” Gautama

Mungkin kamu pikir sosok Buddha yang diagungkan oleh penganut agama Buddha (Buddhism) berasal dari Asia Timur karena banyaknya penganut dari negara-negara seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea. Tapi kenyataannya, Buddha lahir di dekat Lumbini, Nepal pada abad ke-6 SM. Tempat kelahirannya tersebut pun dijadikan salah satu situs ziarah dan dianggap sebagai tempat yang suci. Banyak biarawan yang berasal dari berbagai negara di dunia yang berkunjung ke tempat ini untuk memanjatkan doa.

5. The Amazon of Asia

Nepal dijuluki sebagai Amazon-nya Asia karena keanekaragaman hayatinya. Terutama pada habitat flora dan faunanya. Nepal merupakan rumah bagi ragam spesies hewan yang udah mulai langka di dunia. Beberapa di antaranya adalah harimau benggala, panda merah, badak bercula satu, macan tutul salju, 870 spesies burung bahkan kalau spesies di Eropa dan Afrika Utara digabungkan masih kalah jumlah dengan di Nepal, 650 spesies kupu-kupu, dan masih banyak lagi. Floranya juga keren-keren banget dengan 5980 spesies tanaman bunga di mana beberapa bunga hanya terdapat di Nepal. Nggak heran Nepal punya sekitar 9 taman nasional di negaranya.

6. Kawasan cagar budaya situs warisan dunia

Ibu kota Nepal, Kathmandu merupakan museum kehidupan berbudaya terbesar di dunia lho. Kota ini telah diresmikan oleh UNESCO sebagai situs warisan budaya. Bahkan Kathmandu sendiri punya 7 situs warisan budaya dengan radius hingga 15 kilo meter. Peradaban Kathmandu yang menunjukkan seperti apa budaya orang-orang Nepal sebenarnya menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk mengunjungi kota ini. UNESCO telah menetapkannya dari tahun 1979 dan saat ini terhitung ada 130 situs ziarah dan monumen wisata.

7. Surga bagi pecinta olahraga ekstrem

Kamu gemar olahraga ekstrem? Kamu harus ke Nepal nih. Karena di sana, udah bagaikan surga bagi pencinta olahraga ekstrem. Dari olahraga di udara, di air maupun di daratan dengan beragam pemandangan yang spektakuler. Sebagian besar olahraga esktrem bisa kamu nikmati di area pegunungan Himalaya yang telah dikondisikan untuk para wisatawan. Misalnya paralayang, sky diving, mendaki gunung, bungee jumping, panjat tebing, white water rafting, hingga ke taman nasional untuk jungle safari. Seru banget kan?

Nah, itulah tadi beberapa fakta unik Nepal yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya. Meskipun Nepal termasuk salah satu negara miskin, tapi pendapatan negaranya yang berasal dari sektor pariwisata cukup besar lho. Oh ya bonus satu fakta lagi nih. Kalau kamu lihat peta Nepal secara geografis dan kamu putar 90 derajat, maka peta wilayah negaranya mirip banget sama negara Portugal!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
127SHARES