Inilah 15 Bangunan Pencakar Langit yang Ada di Dunia. Tingginya Nggak Karuan!

05 November 2017
|Galih Wisnu Brata
Asia
0SHARES

Bangunan biasanya dibangun dengan tujuan tertentu. Ada yang digunakan sebagai kantor, hotel, apartemen, atau pusat perbelanjaan. Biasanya bangunan atau gedung dibangun dengan tembok yang kokoh dan megah. Tak jarang bangunan dibuat dengan menjulang tinggi hingga mencakar langit.

Nah, kali ini kita akan membahas bangunan pencakar langit yang super tinggi yang ada di dunia. Langsung saja kita simak.

1. Eiffel Tower, Perancis (324 meter)

Bangunan yang berupa menara ini sudah terkenal seantero jagad raya. Eiffel Tower atau Menara Eiffel memiliki tinggi 324 meter. Menara ini dibangun tahun 1889 oleh Gustav Eiffel. Jadi bisa dikatakan nama menara tersebut diambil dari nama pembuatnya. Pada awalnya, menara yang saat ini sering dijadikan tempat foto prewedding ini difungsikan sebagai menara pengamatan. Seiring berjalannya waktu Menara Eiffel dibuka sebagai tempat wisata.

2. Tokyo Tower, Jepang (332,9 meter)

Sama halnya dengan Menara Eiffel, Tokyo Tower dibangun dengan maksud untuk dijadikan menara pengamatan. Menara yang berada di Negeri Sakura ini memiliki tinggi 332,9 meter. Pembangunan menara ini hanya memakan waktu 1 tahun dari 1957 hingga 1958. Pembangunannya dipimpin oleh Tachu Naito. Tak hanya menawarkan keindahan pemandangan melalui ketinggiannya, di sekitar menara ini kita juga bisa menjumpai restoran, pertokoan, dan museum.

3. Guangzhou International Finance Center, Cina (439 meter)

Negeri Tirai Bambu juga tidak mau kalah. Di negeri ini ada bangunan setinggi 439 meter. Bangunan tersebut adalah Guangzhou International Finance Center. Bangunan ini memiliki 66 lantai yang digunakan untuk perkantoran, pusat referensi, dan hotel. Pembangunan gedung pencakar langit ini berlangsung sejak 2005 hingga 2010. Wilkinson Eyre ditunjuk sebagai arsitek yang bertanggung jawab atas bangunan ini.

4. Kingkey Finance Center, Cina (442 meter)

Tak cukup satu gedung, Cina mempunyai gedung lain yang mampu memcakar langit. Gedung tersebut adalah  Kingkey Finance Center. Gedung ini juga sering disebut KK100. KK100 tepatnya berada di Kota Shenzhen. KK100 digunakan sebagai pusat perkantoran dan perhotelan. Gedung ini diarsiteki seorang arsitek Inggris bernama TFP Farrels. KK100 menjadi gedung tertinggi pertama yang diarsiteki Farrels.

5. Zifeng Tower, Cina (450 meter)

Tampaknya, Cina memang negeri yang penuh dengan gedung-gedung tinggi. Zifeng Tower yang terletak di Nanjing, Cina juga menjadi salah satu bangunan tertinggi di dunia. Tingginya mencapai 450 meter. Bangunan ini diarsiteki oleh Skidmore, Owings, and Merril (SOM) dengan penggagas Adrian Smith. Zifeng Tower difungsikan untuk restoran, hotel, dan tempat observasi publik.

6. Petronas Twin Tower, Malaysia (451,9 meter)

Petronas Twin Tower yang berada di Kuala Lumpur, Malaysia juga termasuk salah satu bangunan tertinggi di dunia. Bahkan bangunan ini menjadi bangunan kembar paling tinggi di dunia. Bangunan ini dirancang oleh Adamson Associates Architects bersama Cesar Pelli. Bangunan yang terdiri dari 88 lantai ini dibuat dari tahun 1992 hingga 1998. Menara Kembar Petronas digunakan sebagai kantpr minyak kelapa sawit terbesar se-Asia.

7. International Commerce Center, Hongkong (484 meter)

Internatinal Commerce Center memiliki tinggi 484 meter dan dibangun di daerah West Kownloon, Hongkong. Pembangunan ICC selesai pada 2010 yang dimulai pada 2005. Arsitek bangunan ini adalah MTR Corporation Limited dan Sun Hunh Kai Properties. Bangunan ini terdiri dari 108 lantai. Fungsi dari bangunan ini adalah sebagai kantor sekaligus hotel. Yang menarik dari bangunan ini adalah terdapatnya kolam renang di lantai teratas.

8. Shanghai World Financial Center, Cina (492 meter)

Shanghai World Financial Center memiliki tinggi 492 meter. Bangunan ini terletak di Shanghai, Cina. WFC dibangun mulai 1997 hingga 2008. Bentuk WFC dapat dikatakan unik karena bentuknya seperti pembuka botol raksasa. Di bangunan ini juga terdapat lubang sebesar 104 kaki yang digunakan untuk mengurangi tekanan angin. Bangunan pencakar langit ini diarsiteki oleh William Pedersen.

9. Taipei 101, Taiwan (508 meter)

Bangunan Taipei 101 yang berada di Taiwan memiliki tinggi lebih dari setengah kilometer. Taipei 101 terdiri dari 101 lantai. Pembangunannya dimulai sejak 1999 hingga 2004 dan resmi dibuka tanggal 31 Januari 2004. Arsitek dari bangunan ini adalah C. Y. Lee. Bangunan yang menyerupai pagoda bersusun delapan ini digunakan sebagai perkantoran dan pusat perbelanjaan.

10. Willis Tower, Amerika Serikat (527 meter)

Negeri Paman Sam juga memiliki bangunan pencakar langit. Bangunan itu, Willis Tower, terletak di Chicago. Willis Tower dibangun pada 1970 sampai dengan tahun 1974. Awalnya, bangunan pencakar langit ini namanya Sears Tower. Pada 2009, namanya berubah menjadi Willis Tower karena sebagian besar ruangan ditempati oleh Wilis Group. Bangunan karya Skidmore, Owings, and Merill (SOM) ini menjadi bangunan populer di Chicago.

11. One World Trade Center, Amerika Serikat (546 meter)

Tak hanya satu, Amerika Serikat juga punya gedung pencakar langit yang lain. One World Trade Center yang memiliki ketinggian 546 meter berlokasi di New York. Bangunan ini memiliki 94 lantai. WTC diarsiteki oleh David Childs dari Skidmore, Owings, and Merill (SOM). Bagunan ini berbentuk oktagon sempurna.

12. Mecca Royal Clock Tower, Arab Saudi (601 meter)

Kalau dilihat dari namanya, sudah jelas bahwa bangunan ini terletak di Mekkah, Arab Saudi. Mecca Royal Clock Tower tingginya mencapai 601 meter. Bangunan yang juga sering disebut Abraj Al Bait Tower ini terdiri dari 120 lantai. Fungsi utama dari bangunan ini adalah untuk menampung jemaah haji. Daya tampungnya mencapai 100 ribu orang. Tim arsitek Al Handasah mulai membangunnya sejak 2004 dan berakhir tahun 2012. Di puncak bangunan terdapat bulan sabit seberat 35 kg.

13. Shanghai Tower, Cina (632 meter)

Cina lagi-lagi masih memiliki bangunan super tingggi. Dan lagi-lagi terletak di Shanghai. Shanghai Tower memiliki tinggi hingga 632 meter. Bangunan karya Marshal Strabala dan Jun Xia ini dibangun dari 2008 hingga 2015. Fungsi dari bangunan 121 lantai ini adalah sebagai restoran, toko, kantor, dan sky lobby.

14. Tokyo Sky Tree, Jepang (634 meter)

Jepang juga punya bangunan tinggi yang lain. Tokyo Sky Tree tingginya mencapai 634 meter. Bangunan super tinggi ini diarsiteki oleh Nikken Sekkai. Tokyo Sky Tree didesain tahan terhadap gempa, mengingat gempa sering terjadi di Jepang. Bangunan yang dibangun sejak 2008 hingga 2012 ini digunakan sebagai tempat siaran, observasi, dan rekreasi.

15. Burj Khalifa, Uni Emirat Arab (830 meter)

Sampailah kita pada bangunan yang paling tinggi. Tingginya mencapai 830 meter. Bangunan iti adalah Burj Khalifa yang terletak di Dubai. Pendirian bangunan ini dicetuskan oleh Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktour. Bangunan yang terdiri dari 160 lantai ini memiliki 340 hotel dan 900 unit apartemen. Tak hanya menjadi tertinggi, bangunan ini juga memiliki elevator tercepat. Elevator tersebut berkecepatan 60 km/jam.

Wow, bangunannya super tinggi bukan? Kamu sekali-kali perlu mencoba salah satunya. Kira-kira di bangunan setinggi langit itu, bisa lihat apa aja ya?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES