Inilah 10 Tradisi Pernikahan Aneh yang Ada di Dunia

23 Oktober 2017
|Galih Wisnu Brata
11SHARES

Pernikahan menjadi impian setiap insan yang ada di dunia ini. Saat di hari pernikahan, orang akan berpenampilan terbaik dan mengadakan berbagai pesta. Bahkan, terkadang hari-hari sebelum menuju pernikahan, sudah dilakukan persiapan yang meriah. Tapi, di berbagai penjuru dunia ada tradisi pernikahan yang cukup aneh. Ada yang dilakukan sebelum, tepat, atau sesudah pernikahan. Mau tahu? Simak saja informasi berikut ini.

1. Harus menahan buang air selama tiga hari

Tradisi pernikahan aneh yang pertama datang dari suku Tidung di Kalimantan Utara. Setelah selesai upacara pernikahan, kedua mempelai tidak boleh ke kamar mandi selama tiga hati tiga malam. Pasangan pengantin baru itu harus menahan buang air. Dengan dilakukannya tradisi ini, diharapkan kedua mempelai dapat melalui semua penderitaan bersama. Tradisi ini juga dipercaya dapat membuat langgeng, mesra, dan punya banyak anak.

2. Dilumuri dengan benda- benda menjijikan

Di Skotlandia juga terdapat tradisi pernikahan yang aneh. Tradisi aneh ini dilakukan sebelum hari pernikahan. Kedua mempelai akan dimandikan dengan hal-hal yang menjijikan. Ada telur, susu basi, solar, dan cairan-cairan apa pun yang menjijikan. Tak cukup sampai di situ saja, mereka juga akan diarak keliling kota. Tradisi ini memiliki pesan agar keduanya bisa mengatasi masalah apa pun bersama-sama. 

3. Menjadikan anggota keluarga sebagai karpet

Kalau sebelumnya, kedua mempelai yang harus menanggung beban, hal berbeda terdapat dalam tradisi penduduk di Pulau Marquez yang ada di Tahiti. Dalam tradisinya, anggota keluarga dari kedua mempelai akan diinjak-injak oleh sang pengantin. Kedua anggota keluarga akan tidur berbaris membentuk karpet. Kemudian, kedua mempelai akan berjalan di atas karpet manusia itu.

4. Menikahkan anak pembawa sial dengan hewan

India memang terkenal sebagai salah satu negara yang kuat dalam mempertahankan tradisi. Salah satunya adalah tradisi pernikahan. Di India, jika ada anak yang lahir dengan gigi gingsul, maka ia akan dinikahkan dengan hewan karena anak gigi gingsul dianggap sebagai pembawa sial. Tradisi ini tepatnya dilakukan di India bagian timur, seperti Orissa, Chattisgarh, dan Jharkand. Untungnya pernikahan ini tidak mengubah status sang anak.

5. Saling menghina antarkeluarga

Saat akan menikah, kedua keluarga dari calon mempelai akan bertemu. Saat bertemu, keduanya tentu akan saling memberikan kesan yang baik satu sama lain. Tapi, hal itu tidak terjadi di Afrika Selatan. Tradisi sebagian daerah di Afrika Selatan mengharuskan kedua keluarga saling menghina. Kedua keluarga berbaris dengan berhadapan dan mulailah menghina. Semakin kejam hinaan malah semakin bagus. Wow, tetap jadi nikah tuh?

6. Memukul kaki si pria sebagai obat kuat

Di Korea juga terdapat tradisi yang aneh saat pernikahan. Tradisi ini berkaitan dengan malam pertama yang akan dijalani pengantin baru. Si mempelai pria akan diikat kakinya, kemudian dipukul dengan menggunakan tongkat yang terbuat dari kayu. Hal tersebut dipercaya dapat menjadi obat kuat untuk si pria sehingga tidak mengecewakan momen malam pertamanya.

7. Menculik sang mempelai wanita

Jerman juga memiliki tradisi aneh. Katanya sih buat lucu-lucuan. Si calon pengantin perempuan akan diculik dan pasangannya harus mencarinya di seluruh penjuru kota. Biasanya, si korban penculikan disembunyikan di bar yang berada di pusat kota. Nah, yang menjadi tantangan sebenarnya adalah si pria harus mampu menemukan dambaan hatinya sebelum muntah dan pingsan karena mabuk.

8. Menikahkan dengan pohon

India lagi-lagi punya tradisi pernikahan yang unik dan lagi-lagi berhubungan dengan anggapan sebagai pembawa sial. Perempuan dianggap pembawa sial jika lahir saat Planet Mars sedang berada di posisi pertama, ke-2, ke-4, ke-7, ke-8, ke-12 menurut tabel astrologi India. Mereka yang lahir di hari-hari tersebut disebut Mangklik. Untuk bisa menikah dengan pasangannya, Mangklik harus menikah dengan pohon terlebih dahulu.

9. Dipandu saat malam pertama

Malam pertama tentu hanya ingin dihabiskan berdua saja. Tapi, hal itu tidak berlaku di beberapa desa yang ada di Afrika. Saat malam pertama, kepala desa akan berada di kolong tempat tidur pengantin. Tujuannya adalah untuk memandu dan memberikan instruksi kepada pengantin baru. Hal itu dilakukan agar sang istri dapat memuaskan suami. Kepala desa akan tetap tinggal di kolong sampai malam pertama selesai.

10. Membawa mahar kepala manusia

Di Taiwan terdapat suku yang bernama suku Atayal. Dalam suku ini, perempuan yang ingin menikah harus mahir menenun. Hal tersebut bagi mereka tidak sulit karena mereka sudah melakukannya sejak kecil. Selain itu, sehari sebelum pernikahan, pengantin perempuan tidak boleh menginjak tanah. Untuk itu, dia harus digendong terus oleh si laki-laki. Hal tersebut juga menjadi bukti kekuatan dan kesungguhan si laki-laki. Tak hanya sampai di situ, si laki-laki juga harus memberikan mahar berupa kepala manusia dari musuhnya. Ngeri ya! 

Itulah deretan tradisi pernikahan aneh yang ada di dunia ini. Kalau di tempatmu, ada tradisi aneh macem gitu nggak? Atau kamu mau coba tradisi aneh di atas? Tapi, jangan yang merugikan, ya. Kalau bawa mahar kepala manusia, malah nggak jadi nikah nanti.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
Gak Punya Quote Nih!
11SHARES