Inilah 10 Pasukan Perang Paling Kuat yang Ada Sebelum Perang Dunia Pertama. Sangar!

25 Januari 2018
|Median
444SHARES

Dari dulu sampai sekarang, tentara atau pasukan perang memiliki peran yang sangat penting bagi keberadaan dan keberlangsungan suatu bangsa. Pada zaman dulu, peran tentara lebih sangat signifikan karena selain untuk mempertahankan bangsa/peradaban dari berbagai ancaman dari luar, tentara juga merupakan kekuatan utama untuk menginvasi wilayah lain. Karena itu, setiap bangsa kemudian membangun kekuatan pasukan perangnya masing-masing. Dari berbagai pasukan perang tersebut, beberapa di antaranya diakui sebagai pasukan perang terkuat yang pernah ada di dunia. Pasukan mana sajakah itu? Dikutip dari listverse.com, ini dia 10 pasukan perang terkuat sebelum Perang Dunia I yang pernah ada.

1. Pasukan Aztek (abad ke-14—16 M)

Suku di Meksiko yang sering berpakaian mirip dengan elang atau jaguar ini dikenal sebagai prajurit perang yang hebat dan kejam. Kemampuannya dalam berperang sangat menggentarkan musuh meskipun hanya bersenjatakan tongkat kayu dan busur. Walaupun pada akhirnya dikalahkan oleh pasukan Spanyol dengan senjatanya yang lebih modern, kekuatan dan kehebatan pasukan Aztek dalam bertempur patut diperhitungkan.

2. Pasukan Mongol (tahun 1206—1368)

Pasukan berkuda tentara Mongol terkenal kehebatannya dalam menggunakan panah dan tombak. Pasukan Mongol pernah berjaya menguasai Eropa dan Asia pada awal abad ke-13 di bawah pimpinannya yang terkenal dalam sejarah, Genghis Khan.  

 

3. Pasukan Mamluk (abad ke-9—19 M)

Kekuatan militer pasukan Mamluk sering berhasil dalam mengalahkan pasukan tentara Perang Salib. Mereka adalah para tentara yang dilatih sebagai kavaleri yang tangguh. Periode paling terkenal adalah ketika mereka berkuasa di Mesir di bawah bendera Kesultanan Mamluk (1250—1517).

4. Pasukan Romawi (abad ke-100 SM—3 M)

Sebagian besar tentara Romawi adalah infanteri dengan baju besi dan perisai yang tidak tertandingi pada zamannya. Mereka sangat mahir dalam menggunakan pedang dan tombak sekaligus. Sebagai pasukan yang berdisiplin tinggi, pandai bersenjata, dan hebat dalam berstrategi, mereka dapat bertahan dan berkuasa lama.

5. Pasukan Apache (abad ke-17—19 M)

Pasukan Apache dikenal sebagai pasukan ninja-nya Amerika. Senjatanya sebagian besar terbuat dari kayu dan tulang, tetapi mereka juga pandai memainkan pisau dan menggunakan tomahawk (kapak) dalam pertempuran. Pada zamannya, pasukan Apache adalah teror bagi Amerika Serikat bagian barat daya yang sulit dikalahkan. Konon, keturunan merekalah yang mengajarkan cara berperang dengan tangan kosong.

6. Pasukan Samurai (abad ke-12—19 M)

Samurai adalah pasukan tentara berbaju besi di zaman feodal Jepang yang siap mati untuk tuannya. Pedang pasukan Samurai adalah pedang paling tajam di dunia yang dengan mudahnya bisa digunakan untuk memotong lawan menjadi dua bagian. Selain mahir dalam berpedang, pasukan Samurai juga mahir dalam memanah, yang konon beberapa tembakan di antaranya menjadi tembakan terbaik dalam pertempuran di zaman kuno.

7. Pasukan Ninja (abad ke-12—19 M)

Pada awalnya, pasukan Ninja adalah para petani yang dilatih untuk mengalahkan pasukan Samurai jahat (perampok). Pasukan Ninja ini ahli menyusup dan menggunakan berbagai jenis pedang. Akan tetapi, dalam perkembangannya, banyak di antara mereka yang justru berubah menjadi assasin (pembunuh misterius berdarah dingin) yang sangat ditakuti. Namun, beberapa di antara mereka ada juga yang kemudian menjadi martial artist terkenal.

8. Pasukan Viking (tahun 800—1066)

Di zaman kuno, pasukan Viking adalah momok bagi Eropa. Suku bangsa Skandinavia ini terkenal ganas dalam bertempur dengan bersenjatakan pedang, lembing, dan kapak. Berbagai wilayah berhasil ditaklukkan dengan mudahnya. Akan tetapi, walaupun menjadi teror menakutkan, pasukan Viking di sisi lain juga dikenal sebagai pedagang cakap yang membawa banyak keberuntungan bagi Eropa.

 

9. Pasukan Sparta (abad ke-6—4 SM)

Pasukan Sparta adalah pasukan berani mati zaman Yunani kuno yang mengerikan. Bahkan, budaya mereka adalah semua tentang perang dan melatih orang-orang Sparta untuk berperang seumur hidup. Pasukan Sparta dikenal sebagai salah satu pasukan perang terberat untuk dikalahkan. Mereka benar-benar ahli dalam menggunakan tombak dan perisai sekaligus, yang kemudian dicontoh oleh pasukan perang lain.

10. Pasukan Templar (tahun 1119—1314)

Pasukan Templar (Knights) terdiri dari tentara berkuda pelindung Kerajaan Yerusalem yang sangat terlatih dan bersenjata lengkap. Baju besi mereka sangat kuat sehingga mereka termasuk pasukan terberat untuk dibunuh dalam sejarah. Hampir seluruh hidup mereka digunakan untuk berlatih perang sehingga kekuatannya menjadi “tank” pada zaman kuno.  

Kehebatan mereka adalah bukti kejayaan masing-masing peradaban di zaman lampau. Akan tetapi, sehebat-hebatnya mereka, pada akhirnya jatuh pula dan tergantikan oleh yang lainnya. Pelajaran yang bisa diambil adalah bahwa sekuat-kuatnya kita, pasti ada yang lebih kuat dari kita. Satu lagi, di dunia ini tidak ada yang abadi.

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
444SHARES