Ini Dia 7 Rahasia Kecantikan Tradisional Ala Geisha

06 Juni 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Geisha merupakan salah satu budaya tradisional Jepang yang dikagumi dunia. Berbeda dengan anggapan yang telah lekat di masyarakat, geisha bukanlah semata perempuan penghibur. Mereka adalah seniman yang menguasai seni menjadi wanita sempurna ala Jepang. Kata “geisha” sendiri sebenarnya memiliki arti “seniman”. Geisha menguasai seni tari, musik, olah tubuh, bahkan seni percakapan. Kecantikan geisha pun tak luput dari perhatian dunia. Kulit bak porselen, rambut yang legam dan mengkilap, geisha menjadi contoh kecantikan tradisional Jepang. Penasaran dengan rahasia kecantikan ikon budaya Jepang yang satu ini? Yuk simak daftar berikut!

1. Garam Laut

Garam laut merupakan agen eksfoliator yang baik. Tidak mengherankan pula bahwa Jepang yang memang Negara kepulauan banyak menggunakan garam laut untuk kecantikan. Geisha pun terkenal sering menggunakan garam laut yang dicampur dengan krim sebagai scrub wajah dan tubuh mereka.

2. Azuki Beans (Kacang Tolo Merah)

Selain menjadi isian berbagai panganan tradisional khas Jepang, ternyata kacang tolo merah atau kacang azuki ini juga digunakan sebagai produk kecantikan. Kacang tolo merah ini dihancurkan dan digunakan sebagai eksfoliator seperti garam laut. Hal ini tidak mengherankan, mengingat kacang tolo merah memang kaya akan antioksidan.

3. Kotoran Burung

Kotoran burung? Ya, Kotoran burung telah menjadi bagian dari rutinitas kecantikan di Jepang sejak abad ke-17. Geisha menggunakan kotoran burung sebagai masker. Kotoran burung mengandung suatu zat bernama guanine yang dipercaya dapat mencerahkan kulit, mengurangi keriput, dan membuat kulit lebih bercahaya. Hingga kini, kotoran burung masih banyak digunakan di Jepang dan bahkan seluruh dunia.

4. Beras

Tidak perlu ditanya lagi, beras adalah salah satu rahasia kecantikan yang paling terkenal dari Jepang. Geisha menggunakan air rendaman beras untuk membasuh wajah mereka. Beras memiliki berbagai mineral yang dapat meremajakan dan mencerahkan kulit. Selain itu, air rendaman beras juga mengandung pati yang mampu merelaksasi kulit.

5. Teh Hijau

Sudah bukan rahasia lagi bahwa teh hijau mengandung banyak manfaat bagi kecantikan. Geisha pun terkenal senang meminum teh yang sangat kaya akan antioksidan ini. Teh hijau mengandung Polyphenols, zat yang berfungsi membersihkan tubuh dari racun dan mengurangi peradangan pada kulit. Karena itu, teh hijau sangat baik digunakan untuk menyembuhkan jerawat. Minum segelas teh hijau setiap hari, kamu akan rasakan manfaatnya!

6. Bintsuke (lilin kedelai)

Bintsuke adalah lilin yang terbuat dari kacang kedelai. Geisha menggunakan bintsuke sebagai pelapis antara kulitnya dengan riasannya yang begitu tebal. Lilin ini akan menutup pori-pori dan mempertahankan kelembaban kulit sehingga kulit tetap terjaga meski terpapar make-up dan kotoran seharian.

7. Camellia oil

Geisha percaya bahwa kesederhanaan adalah kunci. Alih-alih menggunakan sabun pembersih, susu pembersih dan toner, geisha menggunakan minyak untuk membersihkan riasannya. Dan minyak memang satu-satunya zat yang ampuh untuk membersihkan riasan geisha yang tebal. Salah satu minyak yang banyak digunakan adalah minyak dari bunga Kamelia. Selain digunakan untuk membersihkan kulit, minyak bunga kamelia juga digunakan untuk menutrisi rambut.

Terlepas dari ketujuh poin di atas, rahasia kecantikan geisha yang utama adalah “Mie-nai Oshareh” yang berarti “kecantikan yang tak terlihat”. Maksudnya, kecantikan utama seorang geisha tidak datang dari riasannya atau bentuk fisiknya. Kecantikan yang paling sejati datang dari sikap anggun, kebahagiaan dan kepercayaan diri yang hadir dari dalam diri. Jadi, jangan pernah lupa untuk mempercantik hatimu, ya!


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES