Ingin Jadi Selebgram Pro? Daftarkan Diri di Kampus Cina Ini!

16 Juli 2017
|Romlah Sundari
455SHARES

Selebgram nampaknya kini menjadi profesi yang diinginkan oleh banyak orang. Kehidupan seorang selebritis internet digambarkan begitu menyenangkan. Seorang selebgram dapat berjalan-jalan dan alih-alih mengeluarkan duit, justru mendapatkan duit dari perjalanannya. Perusahaan-perusahaan pun kini sudah mengalokasikan anggaran tersendiri untuk mempromosikan produknya melalui selebgram dan orang-orang yang berpengaruh lainnya di berbagai sosial media.

Industri influencer meski terdengar tidak serius bukanlah industri main-main. Tercatat, selebgram seperti Awkarin, berhasil mendapatkan 70 juta rupiah per bulannya. Dan jumlah ini tentu belum seberapa dibandingkan selebgram kelas dunia seperti Selena Gomez atau Ronaldo. 

Namun menjadi selebgram atau orang yang berpengaruh di sosial media tidaklah mudah. Dibutuhkan kreativitas yang tinggi dan kesabaran untuk membangun follower. Meski kehidupan seorang selebgram terdengar menyenangkan, dibutuhkan jerih payah untuk sampai pada titik tersebut sebagai selebgram.

Karena itu, di Cina, yang memiliki 1,4 miliar penduduk, menjadi selebgram tentu dibutuhkan usaha yang ekstra. Untuk bersinar di antara sekian banyak orang lain yang memiliki keunikan dan keistimewaannya masing-masing, seorang selebgram di Cina membutuhkan usaha yang lebih daripada selebgram-selebgram di Indonesia atau Amerika Serikat. 

Karena itu, sebuah kampus di Cina yang bernama Yiwu Industrial and Commercial College (YIWCC) memberikan jurusan Modelling and Etiquette yang spesifik mempelajari cara-cara menjadi selebritis internet. Jurusan ini memang dibentuk khusus untuk mengajarkan seluk beluk industri influencer di Cina. Industri influencer di Cina memang merupakan industri yang besar dan menguntungkan. Menurut analisa dari organisasi internasional, industri ini bernilai kurang lebih 10 miliar dollar Amerika Serikat dan dapat berlipat ganda dalam setahun mendatang. Selebritis-selebritis internet yang terkenal di Cina, atau yang disebut dengan wang hong, kabarnya dapat meraih penghasilan sampai 46 juta dollar per bulannya.

Materi yang diajarkan di jurusan unik ini begitu beragam, mulai dari materi make up hingga menciptakan konten yang estetik ada didalam mata kuliah yang ditawarkan. Dan kampus ini memberikan gelar resmi untuk mereka yang berhasil menyelesaikan program jurusan Modelling and Etiquette. Meski begitu, program jurusan ini hanya menerima 33 mahasiswa dan mayoritas merupakan perempuan. Menurut YIWCC, untuk menjadi seorang selebritis internet, kemampuan mendasar yang dibutuhkan adalah pengembangan estetik, sensitivitas terhadap fashion, etika dalam relasi publik dan kemampuan post-processing foto.

Bagaimanapun menjadi orang yang berpengaruh di internet juga bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena meskipun menguntungkan, menjadi orang yang berpengaruh memiliki konsekuensi tersendiri. Apa yang diucapkan dan disampaikan oleh mereka para tokoh internet ini akan sampai pada banyak orang dan mempengaruhi banyak orang. Sehingga tokoh internet memiliki beban moral yang lebih daripada kita-kita yang tidak memiliki popularitas di dunia maya. Nah, bagi kamu yang ingin menjadi selebgram, mungkin jurusan ini adalah jurusan yang tepat untukmu.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
455SHARES