Heboh Polemik Rendang Ayam Berkulit 'Crispy' di Masterchef UK, Ketahui Dulu 5 Hal Ini!

www.freemalaysiatoday.com

Baru-baru ini rendang kembali menggemparkan media sosial. Yup, kamu lagi ga salah baca nih. Memang baru-baru ini makanan khas dan termasuk salah satu makanan favorit bagi masyarakat Indonesia ini menggemparkan media sosial.

Kejadian ini bermula, ketika salah satu ajang kompetisi memasak di Inggris atau disebut dengan nama Masterchef UK salah satu pesertanya membuat makanan khas, rendang ayam. Ajang ini sendiri dibuat untuk mencari chef terbaik di Inggris. Sebenarnya tidak ada yang aneh dengan ajang pencarian bakat ini. Namun, terjadi perdebatan di media sosial, ketika netizen dibuat geram dengan pernyataan salah satu juri dari Masterchef terhadap rendang tersebut. Rendang ayam ini sendiri sebenarnya dibuat oleh Zaleha Kadir Olpin yang disajikan bersama dengan nasi lemak, makanan khas dari malaysia.

Nah biar kamu tau lebih lengkap tentang info yang satu ini, berikut 5 hal yang harus kamu ketahui tentang polemik rendang di Masterchef UK yang berhasil menyatukan Malaysia dan Indonesia!

1. Komentar sadis juri

www.digitalspy.com

Awal polemik ini terjadi di sosial media adalah ketika dewan juri mengomentari makanan yang disajikan oleh Zaleha Kadir Olpin. Zaleha yang menyajikan makanan andalannya yaitu rendang ayam dan nasi lemak, mendapatkan komentar “tidak masuk akal” dari juri. Salah satu juri bernama Gregg Wallace mengungkapkan bahwa kulit ayam pada rendang yang disajikan oleh Zaleha tidak renyah atau 'crispy', dan seharusnya kulit rendang itu crispy. Salah satu juri lainnya, John Torode, juga mengungkapkan bahwa rendang buatan Zaleha tidak terlalu enak, dan keras. Inilah yang kemudian banyak membuat netizen geram.

2. Zaleha keluar dari ajang Master Chef

coconuts.co

Zaleha yang kecewa dengan komentar juri pun menjadi lebih kecewa, karena dengan makanan yang dia sajikan pada malam itu, Zaleha sendiri akhirnya harus tereliminasi dari ajang Masterchef UK. Padahal makanan tradisional tersebut adalah salah satu menu kebanggaannya.

3. Amarah netizen Indonesia dan Malaysia

inforumpi.blogspot.co.id

Mendengar komentar rendang ayam crispy dan Zaleha yang keluar dari ajang tersebut, sontak membuat netizen Indonesia dan Malaysia bereaksi. Mereka beranggapan bahwa para juri tidak mengetahui tentang makanan khas tersebut. Beberapa netizen mengungkapkan bahwa sejak kapan rendang ayam menjadi crispy? Bahkan mereka beranggapan bahwa juri tidak mengetahui bagaimana proses memasak rendang yang sebenarnya. Saking panasnya polemik ini, bahkan netizen Malaysia membuat tagar Masterchef UK, dan rendanggate yang kemudian menjadi trending di Twitter, dengan isi amarah netizen terhadap dua juri itu di dalamnya.

4. Komentar pemerintah Malaysia

www.trendsmap.com

Perdana Menteri dari Malaysia Najib Razak pun kemudian ikut mengambil respon dari penilaian juri tersebut. Najib mengungkapkan seperti dilansir dari detik.com “Mana ada orang makan ayam rendang ‘crispy’?” lewat akun twitternya. Bahkan selain PM Najib, Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman juga mengungkapkan di akun facebook resminya bahwa “Sungguh menggelikan ketika orang-orang asing berupaya mengajari warga Malaysia soal hidangan tradisional mereka sendiri. Ini membuat kami bertanya apakah ini adalah bentuk 'whitesplaining' di media sosial".

5. Klarifikasi juri
www.thesun.co.uk

Mendapatkan banyak kritik, salah satu juri, Torode, kemudian mengeluarkan klarifikasi yang justru menyindir lewat twitter. Jika diartikan tweet dari Torode ini mengungkapkan bahwa “Mungkin rendang dari Indonesia, saya sangat suka ini, senang melihat kalian bersemangat.. Namaste”. Sontak klarifikasi ini tambah memicu amarah netizen, karena Torode dianggap sedang mengadu domba antara netizen Malaysia dan Indonesia untuk ribut tentang asal muasal rendang. Untungnya banyak netizen yang sadar dan mengungkapkan bahwa percuma Torode mengadu domba karena mereka telah bersatu berkat rendang ayam.

6. Juri Masterchef UK pun bukannya asing dengan masakan rendang

www.youtube.com

Uniknya, salah satu juri Masterchef UK yang memberikan komentar terkait rendang ayam Zaleha yaitu John Torode, sebenarnya mengetahui persis seperti apa masakan rendang tradisional di Malaysia. Pasalnya, ia pernah memandu acara bertajuk 'John Torode's Malaysian Adventure' yang mengharuskannya berkeliling Malaysia untuk mencari 'cita rasa' Malaysia yang sesungguhnya. Ia pun dalam salah satu episode acara tersebut, sempat tampak menikmati rendang bebek di Malaysia. Lalu, dari mana teori rendang ayam crispy ini berasal?

Inilah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang polemik rendang ayam yang sedang ramai diperbincangkan. Biar bagaimanapun, rendang adalah makanan favorit bagi masyarakat Indonesia, dan Malaysia. Sehingga tidak seperti biasanya, kasus rendang ini kemudian menyatukan netizen Indonesia dan Malaysia yang selama ini kerap saling bersinggungan di media sosial.

Hmm, rendang memang hebat ya. Dengan kualitas cita rasanya yang nikmat, dia bisa menyatukan beberapa negara selayaknya saudara. Apakah kamu juga termasuk salah satu penyuka rendang?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
Remaja Disiksa Orangtua Karena Menolak Menikah, Begini Ngerinya Fenomena Honour Killing Di Dunia

Remaja Disiksa Orangtua Karena Menolak Menikah, Begini Ngerinya Fenomena Honour Killing Di Dunia

Menjadi Rumah Bagi 27.000 Orang PSK, Pattaya Dijuluki Kota Soddom dan Gomorrah Modern!

Menjadi Rumah Bagi 27.000 Orang PSK, Pattaya Dijuluki Kota Soddom dan Gomorrah Modern!

Pernah Menyerang Kereta Tokyo dengan Gas Sarin, Begini Ngerinya Sekte Sesat Aum Shinrikyo!

Pernah Menyerang Kereta Tokyo dengan Gas Sarin, Begini Ngerinya Sekte Sesat Aum Shinrikyo!

Alamak, Inilah 10 Negara yang Nggak Punya Gerai Mc Donald. Alasannya Macem-Macem!

Alamak, Inilah 10 Negara yang Nggak Punya Gerai Mc Donald. Alasannya Macem-Macem!

Sama-sama Sering Digunakan, Tapi Begini Perbedaan Sumpit dari Cina, Jepang dan Korea!

Sama-sama Sering Digunakan, Tapi Begini Perbedaan Sumpit dari Cina, Jepang dan Korea!

Wow, Taiwan Bakal Bikin Gedung Pencakar Langit Bentuk Bambu Raksasa, Kayak Apa ya?

Wow, Taiwan Bakal Bikin Gedung Pencakar Langit Bentuk Bambu Raksasa, Kayak Apa ya?

loading