Hati-hati, 7 Negara Ini Punya Peraturan Ketat Tentang Penggunaan Gadget di Jalanan

02 Agustus 2017
|Romlah Sundari

Perkembangan teknologi belakangan ini membuat kehidupan kita begitu lekat dengan berbagai perangkat elektronik, terutama dengan gadget. Alat yang satu ini menjadi portal yang menghubungkan kita dengan seluruh dunia dan memang kita seringkali enggan jauh-jauh dari alat elektronik ini. Bahkan ketika kita berada di jalanan, entah berjalan kaki atau mengendarai kendaraan bermotor, kita bahkan seringkali enggan menaruh handphone kita untuk berbagai kepentingan. Mulai dari untuk keperluan penting seperti membaca peta jalan hingga keperluan tidak penting seperti membaca pesan.

Namun aktivitas berkendara atau berjalan sembari mengoperasikan gadget sangatlah berbahaya. Bahkan, di Amerika Serikat, tepatnya di negara bagian Hawaii, penyeberang jalan dilarang menggunakan gadget karena dianggap dapat membahayakan nyawa. Para penyeberang jalan tersebut dapat didenda sebesar 15 dolar hingga 99 dolar jika tertangkap menggunakan gadget saat menyeberang jalan, peraturan baru ini direncanakan akan efektif berlaku per tanggal 25 Oktober besok. Peraturan mengenai penggunaan gadget di jalanan tidak hanya ada di Amerika, berikut lima negara dengan peraturan penggunaan gadget di jalanan yang cukup ketat.

1. Inggris

Inggris memiliki peraturan yang cukup ketat untuk para pengemudi kendaraan bermotornya. Mereka yang mengoperasikan handphone sembari mengemudi dapat dikenai sanksi berupa denda dan pencabutan izin mengemudi bagi mereka yang baru memiliki izin tersebut selama kurang dari dua tahun.

2. Singapura

Singapura memang merupakan negara yang memiliki hukum ketat. Untuk pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara akan dikenai hukuman denda yang tidak sedikit yaitu 1000 dollar Singapura atau hukuman penjara selama enam bulan.

3. Jepang

Para pengemudi kendaraan di Jepang juga dilarang mengoperasikan handphone saat kendaraan sedang melaju. Jika tertangkap menggunakan handphone saat mengemudi, dapat dikenakan denda sebesar 50.000 Yen.

4. Filipina

Mereka yang berada di Filipina tidak boleh mengemudi sambil menggunakan handphone untuk berbagai aktivitas kecuali dalam keadaan darurat atau untuk menjadi petunjuk arah. Handphone sebagai penunjuk arah namun hanya diperbolehkan dalam zona aman yaitu empat inci di atas dashboard mobil atau di atas zona pandang.

5. Argentina

Argentina melarang warganya untuk menggunakan handphone sembari mengemudi. Pelanggaran terhadap aturan ini akan dikenai hukuman berupa denda dari 80 hingga 8.800 Peso Argentina.

Sebenarnya, terdapat lebih dari 30 negara yang telah melarang penggunaan gadget saat berkendara. Akan tetapi, Indonesia bukanlah salah satunya. Di Indonesia, belum ada aturan khusus mengenai penggunaan gadget di jalanan. Baru ada himbauan untuk tidak menggunakan gadget saat berkendara.

Meski begitu, di Indonesia, kita masih sering menemukan para pengguna jalan menggunakan gadgetnya saat berkendara. Bahkan dijual secara bebas alat khusus untuk meletakkan handphone di dashboard mobil atau di motor agar dapat digunakan sembari berkendara. Hmm, kira-kira kapan ya Indonesia akan menerapkan peraturan khusus agar para pengguna jalan lebih bertanggung jawab dan tidak membahayakan diri dengan mengoperasikan gadget sembari berkendara?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
SHARES