Harga Tanahnya Bikin Sinting dan Keranjingan Teh, Inilah 8 Fakta Menarik Hong Kong!

theculturetrip.com

Ketika kita berbicara tentang tujuan wisata paling populer di Asia, besar kemungkinan Hong Kong akan menjadi jawabannya. Ya, selain berkembang menjadi salah satu pusat perekonomian paling maju di dunia, lanskap negeri ini juga diisi oleh struktur kota yang sangat rapi serta dipenuhi oleh gedung-gedung pencakar langit yang menambah kegagahan Hong Kong. Tidak heran jika para wisatawan menjadikan negara yang hanya dihuni sekitar tujuh juta ini menjadi tujuan wisata mereka. Namun dibalik gemerlapnya kota metropolis tersebut di malam hari, negara yang menjadi simbol status sosial di Asia ini memiliki beberapa hal menarik yang mungkin belum kita ketahui. Yuk, kepo ulasannya!

1. Arti nama Hong Kong

bbc.com

Secara harfiah, nama Hong Kong berasal dari bahasa Cina, Heung dan Gong, yang berarti ‘pelabuhan yang wangi’. Ini erat kaitannya dengan kondisi geografis Hong Kong yang merupakan negara kepulauan kecil dengan banyak pulau di dalamnya. Namun secara resmi, negara yang menggunakan Bahasa Inggris dan Bahasa Kanton sebagai bahasa utamanya ini dikenal sebagai Hong Kong Special Administrative Region.

2. Plat nomor sebagai status sosial

j3tourshongkong.com

Hong Kong memiliki simbol status sosial yang cukup unik. Mereka menggunakan plat kendaraan sebagai simbol dari status sosialnya. Misal orang seperti Run Run Shaw memiliki nomor 6. Atau Albert Yeung yang memiliki plat nomor 8. Bahkan, pada tahun 2007, plat nomor 18 pernah dilelang seharga HKD 16,5 juta (28 miliar rupiah).

3. Gedung pencakar langit terbanyak

lonelyplanet.com

Dilansir oleh skyscrappercenter.com, Hong Kong memiliki lebih dari 300 bangunan yang memiliki tinggi diatas 150 meter. Hal ini menjadikannya sebagai kota dengan gedung pencakar langit terbanyak di dunia, mengalahkan New York yang hanya memiliki sekitar 250 gedung dengan rentang tinggi yang sama.

4. Konsumsi teh berlebih
discoverhongkong.com

Penduduk Hong Kong gemar sekali meminum teh. Setidaknya, mereka mengonsumsi teh tiga kali lebih banyak dari rata-rata teh yang di konsumsi oleh penduduk dunia dengan jumlah sekitar 9,8 juta kilogram setiap tahunnya. Bahkan, teh paling mahal di dunia pun ada di Hong Kong juga, yaitu The Iron Buddha, yang dijual dengan harga HKD 20.000 atau sekitar hampir 35 juta rupiah per kilogramnya.

5. Bandara tersibuk di dunia
futuretravelexperience.com

Hong Kong International Airport (HKIA) merupakan satu dari 10 bandara internasional paling sibuk di dunia. Tercatat pada 2015, bandara ini menerima lebih dari 68 juta penumpang. Meskipun tidak lebih tinggi dari bandara Beijing, namun angka ini sudah cukup tinggi dengan menempati peringkat 8 dari bandara tersibuk di dunia.

6. Jembatan Suspensi terpanjang di dunia

wsllpaper.com

Jembatan Tsing Ma merupakan jembatan suspensi terpanjang di dunia yang memiliki rel dan jalan raya sekaligus. Jembatan ini membentang sepanjang 1.377 meter dan 100 meter lebih panjang dari Jembatan Golden Gate yang berlokasi di San Fransisco, Amerika Serikat. Nama jembatan ini sendiri berasal dari kedua nama kota yang berhubungan secara langsung dengan jembatan ini, yaitu kota Tsing Mi dan kota Ma Wan.

7. Tanah properti paling mahal

jllproperty.com.hk

Tanah Hong Kong adalah tempat paling mahal untuk membeli rumah. Jika kamu punya uang HKD 1,5 juta (2,6 miliar rupiah), kamu hanya bisa membeli tanah sekitar 150 meter persegi. Harga satu kamar apartemen di Tsim Sha Tsui saja bisa mencapai HKD 25 juta (43 miliar rupiah). Yang paling mahal ada di kota Peak, dimana uang sejumlah HKD 350 juta (600 miliar rupiah) hanya mampu untuk membeli villa seluas 1400 meter persegi saja.

8. Hong Kong dan Cina itu beda

Sumber Gambar

Hong Kong adalah Hong Kong, sedangkan Cina adalah Cina. Gampangnya, Cina adalah sebuah negara merdeka, sedangkan Hong Kong adalah bagian dari Cina yang statusnya ‘semi-merdeka’. Sebagai sebuah daerah semi-independen, Hong Kong memiliki bendera, mata uang dan bahkan paspornya sendiri. Hanya saja, pertahanan negaranya diserahkan ke Cina. Itulah sebabnya Cina biasa menyebut Hong Kong sebagai ‘negara dengan dua sistem’.

Itu dia beberapa fakta menarik mengenai Hong Kong yang ternyata menyimpan beberapa cerita unik dibalik gemerlap kotanya yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya. Membuat tempat ini menjadi semakin menarik untuk dikunjungi. Jadi, kapan kita ke Hong Kong?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

5 Film Hollywood Terbaik yang Dibintangi oleh Musisi Terkenal - Keepodotme

Tajir Melintir dengan Jumlah Tabungan Minimal 3M, Begini Penampakan Desa Terkaya di Dunia!

Tajir Melintir dengan Jumlah Tabungan Minimal 3M, Begini Penampakan Desa Terkaya di Dunia!

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Foto Cewek Berlatar Belakang Rumah Angker ini Simpan 'Penampakan' yang Bikin Hati Kesel Minta Ampun! - Keepodotme

Wow, Dari Mekong Hingga Kapuas, Ini Dia 7 Sungai Terpanjang di Asia Tenggara!

Wow, Dari Mekong Hingga Kapuas, Ini Dia 7 Sungai Terpanjang di Asia Tenggara!

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Semuanya Dilakukan Sendiri, Foto Prewedding Unik Ini Bisa Jadi Inspirasi - Keepodotme

Dari Ulat Hingga Janin Bebek, Inilah 8 Makanan Ekstrim dari Asia Tenggara. Geli!

Dari Ulat Hingga Janin Bebek, Inilah 8 Makanan Ekstrim dari Asia Tenggara. Geli!

loading