Gokil! Dindingnya Bisa Berubah Warna Seperti Bunglon, Inilah 8 Fakta Menakjubkan Taj Mahal

www.gringotree.com

Siapa sih yang tidak kenal Taj Mahal, situs keajaiban dunia dari India yang sangat termasyhur? Selain bangunannya yang megah dan luar biasa, hampir semua orang tahu kisah romantis di balik alasan dibangunnya Taj Mahal ini. Taj Mahal adalah bukti cinta Kaisar Shah Jahan kepada Mumtaz Mahal, istri ketiga yang paling dikasihinya. Kaisar kelima dari dinasti Mughal ini membuatkan Taj Mahal sebagai mausoleum megah, tidak lama setelah istrinya meninggal dunia ketika melahirkan anak keempat belas mereka. Selain sebagai bukti cinta, ada fakta-fakta lain yang perlu kamu tahu tentang Taj Mahal. Yuk, kepo satu-satu!

1. Proses pembangunan memakan waktu 22 tahun

www.tripoto.com

Pembangunan kompleks Taj Mahal memerlukan waktu yang cukup lama, yaitu total sekitar 22 tahun. Mulai dibangun pada tahun 1631, mausoleum inti baru selesai pada tahun 1648. Bangunan tambahan serta taman selesai pada tahun 1653. Jumlah pekerjanya pun sangat banyak, yaitu sekitar 20.000 orang, yang terdiri dari buruh bangunan, pemotong batu, pelukis, pemahat, dan kaligraf, dengan dibantu 1000 ekor gajah.

2. Menghabiskan biaya 32 juta rupee

id.pinterest.com

Pembangunan mausoleum yang dirancang oleh Ahmad Lahauri ini menghabiskan biaya yang sangat fantastis pada masanya, yaitu sebanyak 32 juta rupee India. Sangat masuk akal karena seluruh dinding bangunan Taj Mahal dibangun dengan marmer putih dan dihiasi dengan banyak permata dan batu mulia yang mahal dan mewah. Bener-bener bikin takjub!

3. Bangunan paling simetris di dunia

www.echo-news.co.uk

Nggak cuma megah, bangunan yang terletak di tepi Sungai Yamuna, Agra, ini juga merupakan satu-satunya bangunan dengan struktur paling simetris di dunia. Dari dinding, ruangan, menara, sampai taman, semuanya simetris. Satu-satunya yang tidak simetris adalah bangunan makam Kaisar Shah Jahan yang dibangun lebih tinggi dan besar dari bangunan makam sang istri yang terletak di sebelahnya.  Nggak masalah, tetap angkat topi buat sang arsitek yang menerapkan prinsip simetri dan geometri dengan sempurna.

4. Dapat berubah warna
www.yukepo.com

Kalau kamu belum tau, Taj Mahal ini bisa berubah warna. Taj Mahal terlihat putih agak merah jambu di pagi yang cerah, berwarna putih bersinar di siang hari, berwarna keemasan di bawah cahaya bulan, dan terlihat dengan warna lainnya di waktu-waktu tertentu. Perubahan warna pada Taj Mahal ini disebabkan oleh dinding marmer putih yang memantulkan cahaya. Jadi, beda kondisi cahaya, beda pula hasil pantulannya. Cantik!

5. Keempat menaranya agak miring
laoblogger.com

Tanpa disadari banyak orang, keempat menara yang mengapit Taj Mahal ternyata dibangun dengan agak miring ke luar. Alasannya adalah jika menara runtuh atau terjadi gempa bumi, menara akan roboh ke arah luar dan tidak menimpa Taj Mahal. Angkat topi lagi dah buat sang arsitek yang visioner sekali.

6. Dinding-dinding berhiaskan Asmaul Husna

www.tajmahal.org.uk

Jiwa Islam Taj Mahal tampak hidup melalui kaligrafi-kaligrafi indah yang menghiasi dinding-dinding interior dan eksteriornya. Ademnya lagi, kaligrafi-kaligrafi di Taj Mahal ternyata banyak yang bertuliskan Asmaul Husna, 99 nama baik Allah. Para kaligraf yang terlibat ini dulu didatangkan langsung dari Suriah dan Persia.

7. Memiliki ruang rahasia

id.pinterest.com

Di dalam bangunan Taj Mahal, ada ruangan yang disegel sejak masa pemerintahan Shah Jahan hingga kini. Entah apa yang ada dalam ruangan rahasia ini. Bikin penasaran juga, tapi ya sudahlah.

 

8. Mitos Taj Mahal Hitam yang populer

www.happytrips.com

Konon, Shah Jahan tidak pernah berniat untuk dimakamkan di samping makam istrinya. Kaisar kelima Mughal ini dipercaya akan membangun Taj Mahal dari marmer hitam di seberang Taj Mahal sebagai tanda duka cita yang mendalam karena terlebih dahulu telah ditinggal istrinya yang tercinta. Setelah dilakukan berbagai penelitian, ternyata itu tidak lebih dari mitos belaka yang dibuat agar lebih menarik para pengunjung Taj Mahal.

 

Jadi itu tadi delapan fakta tentang Taj Mahal, bangunan luar biasa yang sejak tahun 1983 telah diakui UNESCO sebagai situs warisan dunia. Nggak cuma bikin takjub, tapi bangunan ini juga bikin adem dan bersyukur karena warisan peradaban dinasti Mughal satu ini punya kisah historis yang romantis. Hmm, lebih romantis mana nih dari Dilan?

0%
Marah
0%
Gokil
0%
Lucu
0%
Kaget
0%
Suka
0%
Aneh
SHARES
7 Fakta Ini Membuktikan Betapa Sulitnya Jadi Orang Jepang

7 Fakta Ini Membuktikan Betapa Sulitnya Jadi Orang Jepang

Lebih Cantik dari Kembang Desa, Ini Dia 10 Bunga Nasional Negara Asia Tenggara!

Lebih Cantik dari Kembang Desa, Ini Dia 10 Bunga Nasional Negara Asia Tenggara!

Bikin Greget, Inilah Daftar Kekayaan Kim Jong-un yang Berbanding Terbalik dengan Kondisi Rakyatnya

Bikin Greget, Inilah Daftar Kekayaan Kim Jong-un yang Berbanding Terbalik dengan Kondisi Rakyatnya

Dari Pembalut Hingga Menonton Bokep, 9 Kebiasaan Ini Ilegal di Korea Utara. Aneh!

Dari Pembalut Hingga Menonton Bokep, 9 Kebiasaan Ini Ilegal di Korea Utara. Aneh!

Pulau Okinoshima di Jepang Ini Terlarang Untuk Perempuan. Emang Ada Apa di Sana?

Pulau Okinoshima di Jepang Ini Terlarang Untuk Perempuan. Emang Ada Apa di Sana?

Gagal Paham, 6 Tempat Aneh di Dunia Ini Bikin Kening Kita Ikut Kerutan!

Gagal Paham, 6 Tempat Aneh di Dunia Ini Bikin Kening Kita Ikut Kerutan!

loading