Gemas Maksimal, Jepang Merayakan Hari Kucing Tiap Tahunnya. Bukti Mereka Pecinta Kucing Sejati!

09 Februari 2018
|Galih Wisnu Brata
3SHARES

Kamu suka pelihara kucing? Kucing memang menjadi salah satu hewan yang digemari untuk dipelihara. Tingkah polahnya yang lucu membuat orang tertarik menjadikan kucing sebagai teman hidup. Kucing dielus, dibelai, bahkan ada yang diajak tidur. Kalau di Jepang, ada lho hari khusus untuk kucing. Sebagai bukti bahwa Jepang negara pecinta kucing, satu hari di Jepang ditetapkan sebagai Hari Kucing.

Hari Kucing atau di Jepang disebut Nyan-Nyan-Nyan Day merupakan hari perayaan nasional yang diselenggarakan untuk menghormati kucing. Hari kucing pertama kali dirayakan pada tahun 1987. Tahun ini, perayaannya telah memasuki usia 31 tahun.

Penetapan hari Kucing dilakukan dengan menyurvei 9.000 pecinta kucing di Jepang. Dari survei tersebut didapat bahwa kebanyakan orang yang disurvei memilih tanggal 22. Untuk bulan perayaannya ditetapkan bulan 2, Februari. Pada akhirnya Komite Eksekutif Hari Kucing menetapkan tanggal 22 Februari sebagai hari Kucing atau Nyan-Nyan-Nyan Day. Nyan merupakan suara tiruan bunyi kucing menurut orang Jepang. Pengucapannya diulang tiga kali sebagai perwakilan dari tanggal 22/2.

Dalam perayaan hari Kucing, toko-toko hewan peliharaan akan mengadakan banyak promo. Selain itu, masyarakat juga akan berlomba-lomba untuk berswafoto dengan kucing mereka yang kemudian diunggah di media sosial. Ada juga masyarakat yang mengenakan kostum anime kucing atau sekadar memakai neko mimi, hiasan kepala berbentuk telinga kucing. Tak cukup sampai di situ, kucing juga akan didandani dengan berbagai aksesori yang menarik.

Jepang memang dikenal sebagai negara pecinta kucing. Seekor kucing bernama Tama bahkan pernah diangkat sebagai kepala stasiun di stasiun kereta di perfektur Wakayama. Tama kerap berjaga di stasiun kereta tersebut dengan mengenakan topi kecil.

Di dunia maya, seekor kucing asal Jepang bernama Maru telah menjadi idola masyarakat. Video-video tentangnya yang diunggah di YouTube telah menarik perhatian hingga 21 juta penonton. Lebih hits daripada Awkarin, nih!

Di negara pecinta kucing ini pula, kita juga bisa menemukan sebuah pulau khusus untuk kucing. Pulau Aoshima dihuni oleh banyak kucing sehingga sering disebut pulau kucing. Pengunjung pulau ini pun dari tahun ke tahun semakin meningkat.

Keren banget ya, apresiasi Jepang terhadap kucing. Melihat hal ini, nggak heran kalau tingkat kesejahteraan kucing di Jepang cukup tinggi. Beda deh dengan di Indonesia yang masih kerap ditemukan orang-orang penganiaya kucing dan hewan-hewan tak bersalah lainnya. Semoga Indonesia kedepannya dapat memperlakukan hewan dengan lebih baik lagi, ya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Galih Wisnu Brata
"memahami karena menjalani"
3SHARES