Gak Hanya di Indonesia, Inilah Berbagai Macam Becak dari Berbagai Negara

05 November 2017
|Atik Kencana S.
0SHARES

Dilihat dari beberapa catatan sejarah, becak menjadi salah satu moda transportasi yang turut menjadi saksi atas beberapa sejarah dunia. Menurut catatan seorang wartawan asal Jepang yang berjudul “Pen to Kamera” terbitan tahun 1937, becak ditemukan oleh Seiko-san, orang Jepang yang berdomisili di Makassar. Seiko-san merupakan salah satu pemilik toko sepeda yang sedang memutar otak karena penjualannya sedang sepi. Untuk menghabiskan sepeda yang tak laku dijual, ia membuat sebuah kendaraan roda tiga yang bernama becak.

Becak yang berasal dari bahasa Hokkien: be chia yang artinya kereta kuda ini umum sekali ditemukan di hampir seluruh daerah di Indonesia dan sebagian juga Asia. Moda transportasi tradisional ini pertama kali masuk ke Indonesia pada awal abad ke-20 untuk menopang keperluan para pedagang Tionghoa angkut barang. Baru pada tahun 1940-an lah becak ini mulai dipergunakan sebagai kendaraan umum.

Nah, rupanya keberadaan becak ini gak hanya terdapat di Indonesia. Negara-negara lain juga punya becak dengan kekhasannya masing-masing. Bukan hanya Asia, bahkan becak juga eksis sampai ke Benua Eropa. Makanya, kali ini YuKepo mau bahas mengenai keberadaan becak di berbagai negara. Dijamin bakalan keren-keren banget deh. Penasaran? Yuk, kepoin aja langsung bareng YuKepo!

1. Cycle Rickshaw - India

2. Taxicle - Filipina

3. Pedicab - Inggris

5. Velotaxi - Rusia

6. Trishaw - Malaysia

7. Becak Dayung - Singapura

Nah, bener kan kalau becak ternyata juga bisa dijumpai di berbagai negara. Jadi, jangan kira kalau becak cuma eksis di Indonesia aja. Gila ya, keren-keren banget penampakan becak dari berbagai negara ini. Jadi keingetan lagu anak-anak ya, "becak - becak coba bawa saya". Berarti gak ada alasan untuk malu saat naik becak, kan? Pasalnya, orang-orang bule aja gak malu naik becak, masa kita malu? Ya gak sih? Ayo lestarikan transportasi tradisional, terutama di Indonesia.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Atik Kencana S.
"Semper Fi"
0SHARES