Foto-foto Kota Hantu Kangbashi di Cina. Tertarik Pindah Kesana?

18 Juni 2017
|Romlah Sundari
0SHARES

Cina memang selalu penuh dengan kejutan. Bukan hanya kulinernya yang aneh atau budayanya yang seringkali membuat orang terheran-heran, kini bahkan Cina kembali mengejutkan dunia dengan adanya sebuah ‘kota hantu’ yang terletak di tengah-tengah padang pasir di kawasan Inner Mongolia.

Kawasan yang bernama Kangbashi ini mendapat julukan ‘kota hantu’ karena populasinya yang tidak mencapai seperempat dari kapasitas asli wilayah ini. Kangbashi sebenarnya merupakan wilayah yang terletak di dalam kawasan Ordos, sebuah kawasan urban dengan jumlah penduduk sebanyak dua juta. Akan tetapi Kangbashi yang memang baru dibangun ini tidak kunjung terisi bahkan setelah satu dekade dari dibukanya wilayah ini untuk umum.

Proses pembangunan Kangbashi dimulai oleh sejumlah investor pada tahun 2003, namun proyek ini dengan cepat mengalami kebuntuan. Investor mencabut dananya dan kontraktor beranjak pergi menjadikan wilayah ini terbengkalai. Beberapa gedung dan tempat tinggal yang berhasil diselesaikan pun tidak kunjung memiliki penghuni karena harganya yang tinggi dan kurangnya kegiatan pemasaran.

Beberapa fotografer dan reporter yang tertarik dengan kisah mengenai ‘kota hantu’ ini lantas berdatangan ke Kangbashi dan memotret keadaan sebenarnya. Berikut foto-foto Kota Kangbashi yang menggambarkan betapa kosongnya wilayah ini.

1. Patung Kuda ini menjadi salah satu penanda Kangbashi

2. Kota cantik ini sebenarnya merupakan proyek yang tidak selesai

3. Kangbashi masih memiliki fasilitas umum yang beroperasi seperti perpustakaan, meski tidak ada pengunjung yang terlihat

4. Meski tidak berpenghuni, kota ini memiliki bentuk arsitektur modern yang unik

5. Apartemen siap huni di Kangbashi ini kosong selama lebih dari satu dekade

6. Wilayah ini dibangun di daerah dimana Genghis Khan berasal

7. Jalanan yang kosong memastikan bahwa kamu tidak akan mengalami kemacetan di Kangbashi

Desain futuristik yang diusung oleh kota Kangbashi, dipadukan dengan kosongnya kota ini, menjadikan Kangbashi terasa seperti sebuah utopia yang gagal, menurut seorang fotografer yang mengunjungi Kangbashi. Namun bagi pemerintah Cina, Kangbashi adalah salah satu bukti pembangunan dan pengembangan negaranya meski gagal.

Seiring dengan berbagai pemberitaan oleh berbagai media baik didalam maupun diluar Cina, Kangbashi kini mendapatkan popularitas. Kabar terakhir menyatakan bahwa Kangbashi sudah bukan merupakan ‘kota hantu’ lagi karena kini Kangbashi sudah memiliki penduduk tetapnya dan hampir terisi penuh.

Bagaimanapun, Kangbashi menjadi pengingat bagi kita bahwa tidak semua hal dapat berjalan lancar. Meski Cina merupakan negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi, ternyata prestasi ini diraih dengan berbagai kegagalan di baliknya pula, salah satunya adalah kota Kangbashi. Begitupun dengan kita, tidak ada jalan lancar menuju kesuksesan. Dalam sebuah kesuksesan pasti terdapat banyak kuburan kegagalan di belakangnya.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Romlah Sundari
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES