Difermentasi dan Diseduh di Mangkok, Begini Tradisi Minum Teh Hijau di Korea Selatan!

17 Januari 2018
|Lulu Lukyani
0SHARES

Korea Selatan emang gak ada habisnya buat dibahas. Mulai dari musik, fashion, serial drama, film, dan banyak hal lagi yang menarik untuk dibicarakan dari negara ini. Kini Yukepo akan membahas satu hal lain lagi yang menarik dari Korea Selatan yaitu tradisi minum teh hijau ala Korea Selatan. Ternyata bukan Cuma Jepang atau China yang memiliki tradisi minum teh, Korea Selatan pun punya, lho! Khususnya tradisi minum teh hijau, semakin banyak menarik perhatian dan keingintahuan wisatawan yang berkunjung ke Korea Selatan. Ritual yang dilakukan saat minum teh ini di Korea Selatan tidak hanya unik tetapi juga memiliki nilai estetis yang tinggi serta nilai filosofis yang dalam sehingga minum tidak asal minum, setiap tahapnya harus dilakukan dengan benar dan sesuai aturan.

Nah sekarang Yukepo bakal ngasih tau kamu semua mengenai tradisi ritual minum teh hijau di Korea Selatan. Biar kamu yang suka sama budaya-budaya Korea Selatan semakin tau tentang budaya tradisional negeri ginseng ini dan jadi tambah pengen main ke sana deh. kalau gitu langsung aja yuk kepoin!

Teh hijau ala Korea Selatan ini gak diseduh di dalam sebuah cangkir atau gelas. Melainkan diseduh di dalam pot keramik yang bentuknya seperti mangkok. Hal ini bertujuan untuk menjaga suhu teh agar tetap hangat. Penggunaan pot keramik sebagai wadah menjadikan cara minum teh hijau ala Korea Selatan ini unik dan beda!

Biasanya, teh hijau ini gak diminum sendirian. Perlu cemilan-cemilan manis untuk menjadi teman minum teh hijau. Cemilan manis dipercaya mampu meningkatkan cita rasa dari teh hijau itu sendiri. Manisan buah, cookies, dan lain-lain bisa menjadi opsi cemilan untuk menemani minum teh ala Korea ini.

Selain unik dari segi cara meminumya, teh hijau ala Korea Selatan ini juga melalui proses yang cukup rumit dan juga unik sampai menjadi teh hijau yang siap minum. Seperti wine, teh hijau ala Korea Selatan juga mengalami proses fermentasi. Proses fermentasi dilakukan di dalam tong kayu selama 100 hari lamanya. 

Biar rasa tehnya nikmat dan aromanya benar-benar terasa, air yang digunakan untuk menyeduh teh harus punya suhu yang pas. Gak boleh terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu air yang pas untuk menyeduh teh hijau ini adalah 70-80 derajat celcius.

Sama dengan tradisi minum teh di Jepang, China, atau negara lainnya, tradisi minum teh ala Korea Selatan juga punya cara penyajian yang khas. Teh harus dituangkan dengan sesuai aturan, dari kiri ke kanan dan dari kanan ke kiri. Hal ini bertujuan agar volume air teh pada setiap pot sama.

Nah yang terakhir, pastikan saat kamu menyajikan teh hijau, gelas pertama yang berada di sebelah kanan diberikan untuk tamu kehormatan. 

Nah itu dia tradisi minum teh hijau di Korea Selatan. Gimana? Agak ribet ya? iya sih, tapi emang gitu bentuk penghormatan orang Korea terhadap teh hijau. Intinya ritual ini dilakukan sebagai wujud syukur masyarakat Korea Selatan. Mudah-mudahan tradisi dari Korea Selatan dan tradisi baik dari seluruh dunia akan terus lestari, ya!

 


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Lulu Lukyani
Gak Punya Quote Nih!
0SHARES