Dari yang Unik Sampai Menuai Kontroversi, Inilah 10 Kontes Kecantikan Anti-Mainstream di Dunia!

03 Desember 2017
|Olphi Disya
0SHARES

Bagi kamu yang ingin menjadi ratu kecantikan, mungkin kamu memimpikan untuk berjalan di atas panggung megah di antara kontestan yang cantik dari berbagai daerah atau negara. Tapi itu biasa saja kan? Coba deh kamu simak beberapa kontes kecantikan yang nggak biasa ini. Dijamin bakalan bikin kamu terpukau dan bertanya-tanya, “kok bisa sih?”

1. Miss Beautiful Morals

Kalau biasanya kontes kecantikan akan melihat wajah dan bentuk tubuh kontestannya, tapi di ajang Miss Beautiful Morals semua kontestannya mengenakan hijab dengan cadar yang menutupi wajahnya! Kontes yang diadakan di Arab Saudi ini memang berbeda karena hanya mata kontestannya aja yang terlihat. Jadi apa yang dinilai? Mereka dinilai dari moral, keluarga, dan nilai-nilai sosial. Penilaiannya berlangsung selama 3 bulan. Hadiahnya uang tunai, jam tangan berlian, dan kalung mutiara. Jadi semacam kontes inner beauty kali ya?

2. Miss Atom

Mungkin Miss Atom terdengar kayak superhero cewek yang ada di film-film science fiction ya? Tapi sebenarnya kontes kecantikan ini digelar oleh Nuclear.Ru, sebuah perusahaan energi di Rusia. Tujuan kontes ini adalah untuk menunjukkan adanya wanita-wanita cantik yang bekerja di industri energy nuklir. Pokoknya wanita-wanita yang punya fokus di bidang ini sekaligus mempromosikan karir wanita di bidang nuklir. Kontestan Miss Atom berasal dari Rusia, Ukraina, Belarusia, Kazakhstan, dan Lithuania. Keren-keren banget dong ya!

3. Miss Plastic Surgery atau Miss Artificial Beauty

Tiongkok pernah melarang kontestan yang operasi plastik untuk ikut serta ke ajang kontes kecantikan. Kemudian terciptalah sebuah kelompok yang memutuskan untuk membuat kontes yang nggak biasa ini di tahun 2004. Syarat utamanya adalah harus pernah operasi plastik. Tujuan kontes ini juga untuk memberikan apresiasi terhadap lihainya kemampuan dokter bedah plastik. Tapi sayangnya kontes kecantikan ini hanya berlangsung sekali di Tiongkok. Tapi ada juga yang mengadakan di Hungaria yang hadiahnya adalah sebuah apartemen di Budapest. Wow!

4. Miss Land Mine

Ada jutaan ranjau darat yang ditanamkan di tanah Angola saat perang sipil. Hal ini membuat banyak warganya harus kehilangan anggota tubuh, termasuk kakinya. Oleh karena itu, seorang seniman dari Norwegia bernama Morten Traavik, membuat ajang Miss Land Mine untuk mengapresiasi dan menguatkan wanita-wanita yang memiliki kekurangan berupa cacat fisik. Sekitar sepuluh orang wanita berkompetisi untuk mendapatkan gelar wanita Angola tercantik meski telah kehilangan kaki. Hadiahnya? Tentu aja kaki palsu yang bisa membantu mereka beraktivitas!

5. Miss Nun

Gimana ya kalau ada kontes kecantikan biarawati? Seorang pendeta bernama Father Antonio Rungi mengadakan kontes kecantikan untuk biarawati Katolik Italia. Meskipun ajang ini diadakan di blog pribadinya pada tahun 2008, tapi kontes kecantikan ini terbuka untuk seluruh biarawati usia 18-40 tahun. Kontesnya gimana? Hanya foto dan profil spiritual kok. Tujuannya sih untuk mengapresiasi inner beauty dan membangun Miss Sister Italy. Tapi ternyata menuai kontroversi sehingga pimpinan gerejanya membatalkan kontesnya. Mungkin takut akan ada fashion show baju renang kali ya?

6. Miss Transgender

Sebenarnya ada banyak kontes kecantikan untuk transgender, namun salah satu yang paling terkenal adalah Miss International Queen yang diselenggarakan di Thailand. Pesertanya haruslah terlahir sebagai laki-laki, berusia 18-36 tahun, dan bisa belum atau sudah operasi ganti kelamin. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran akan hak transgender di masyarakat internasional. Nah, dana yang terhimpun di ajang ini akan disumbangkan ke yayasan AiDS Kerajaan Thai. Selain itu, kontes ini juga diadakan untuk membangun persahabatan dan saling bertukar ide antar komunitas LGBT di berbagai negara.

7. Miss Pregnant

Nggak hanya wanita langsing aja yang bisa mengikuti ajang kontes kecantikan. Wanita hamil juga bisa berlenggak-lenggok di atas runway dan menyabet gelar Miss Pregnant. Meskipun dengan perut buncit, kontestan wanita hamil yang berpartisipasi dalam ajang ini dalam balutan gaun mewah dan juga parade bikini. Ajang ini membuat banyak wanita hamil merasa cantik meskipun dengan tubuh yang nggak sesingset sebelumnya.

8. Miss Navajo Nation

Kalau biasanya kontes kecantikan akan melihat potensi dan bakat yang ada pada diri kontestan, berbeda dengan ajang Miss Navajo Nation. Kontes ini mengharuskan kontestan wanitanya untuk menunjukkan kemampuan tradisional khas suku Indian, misalnya menjagal kambing. Jadi konsestan akan dinilai caranya memotong kambing, kerapihannya, dan efisiensi dalam mengolahnya. Mereka pun mengenakan pakaian ala kontes kecantikan dengan sentuhan khas suku Indian dan pakaian tukang daging di luarnya.

9. Miss Jumbo Queen

Bagi wanita bertubuh gemuk pun tetap ada tempat untuk unjuk gigi di ajang bergengsi di Thailand. Sesuai namanya, Miss Jumbo Queen memang diperuntukan wanita cantik bertubuh subur yang diselenggarakan di Bangkok sebagai salah satu bagian dari Jumbo Banquet Elephant Feast. Tujuannya juga untuk mempromosikan konservasi gajah yang menjadi hewan unggulan Thailand. Para kontestan juga dinilai berdasarkan keanggunan dan lemah gemulainya.

10. Miss Senior Sweetheart

Nggak peduli tua muda, bahkan lansia pun punya kesempatan untuk bisa berprestasi di usia senjanya. Salah satunya adalah dengan ajang Miss Senior Sweetheart yang diadakan setiap tahunnya di Fall River, Massachusetts. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa wanita senior masih memiliki semangat dan dapat bersaing dalam bakat, wawancara, serta presentasi gaun malam. Kontes ini dimulai pada tahun 1978 sebagai penggalangan dana Lions 'Club dan telah menjadi kompetisi nasional sejak saat itu.

Unik-unik kan? Tapi gimana pun juga, kontes kecantikan itu lebih utama untuk mengasah kepercayaan diri dan membuat orang-orang percaya bahwa cantik itu bisa dilihat dari sisi manapun kan? Jadi salut deh buat para inisiator kontes-kontes kecantikan yang nggak biasa ini, karena juga memerhatikan wanita yang ada di luar standar kecantikan umum.


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Olphi Disya
"Upcoming psychologist. Awesome weirdo."
0SHARES