Dari Puncak Everest Sampai Bulan, Inilah 8 Lokasi Fasilitas WiFi yang Paling Ajaib!

18 Januari 2018
|Median

Di zaman serba digital seperti sekarang ini, internet sudah menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, ya otomatis paket kuota data atau WiFi sangatlah dibutuhkan. Kalau WiFi, apalagi gratis, sih nggak usah ditanya karena pada punya atau nggak punya paket kuota data, WiFi gratis mah selalu dicari. Selain koneksinya lebih cepat, paket data kan juga bisa dihemat. Jadi ya nggak heran kalau tempat-tempat dengan zona free WiFi selalu ramai ditongkrongin. Dari tempat-tempat dengan hotspot WiFi di seluruh dunia, ada tempat-tempat nggak biasa yang ternyata juga menyediakan fasilitas WiFi bagi para pengunjungnya. Wih, mana saja sih?

1. Gunung Everest, Nepal

Di gunung tertinggi di dunia ini, para pengunjung dan pendaki dapat menikmati hotspot WiFi gratis. Gimana nggak keren tuh? Biasanya, jangankan hotspot WiFi, sinyal aja susah kalau di gunung mah. Di Gunung Everest, hotspot WiFi ada di beberapa titik dan base camp. Titik akhir lokasi hotspot adalah di base camp terakhir Everest sebelum puncak gunung, yang berada pada ketinggian 17.598 kaki. Terima kasih banget deh buat perusahaan telekomunikasi di Nepal, Ncell, yang telah mewujudkan keinginan para pengunjung Gunung Everest yang mendambakan akses layanan WiFi.

 

2. Gunung Fuji, Jepang

Gunung Fuji juga nggak kalah dari Gunung Everest karena di gunung ini, para pengunjung dan pendaki bisa online dan mengabarkan aktivitas terkininya kapan saja secara live dengan fasilitas WiFi yang telah disediakan sejak Juli 2015. Bahkan, hotspot WiFi juga bisa diakses ketika kita berada di puncak gunung. Nggak perlu nanti-nanti, para pendaki yang berada di puncak gunung langsung bisa langsung mengunggah foto dan bikin story di media sosial saat itu juga.

3. Bilik telepon umum di Rusia

Walaupun keberadaannya sudah tidak sepenting dulu ketika belum banyak ponsel, bilik telepon umum masih dapat dijumpai di banyak kota di Eropa. Uniknya lagi, bilik telepon itu dijadikan lokasi untuk penempatan hotspot-hotspot WiFi, lho. Gagasan unik tersebut awalnya diprakarsai oleh Pemerintah Kota Moskow, Rusia, yang memfungsikan puluhan bilik telepon di lingkungan kota sebagai hotspot WiFi. Masyarakat dapat menikmati akses layanan WiFi asalkan mereka memiliki kartu telepon prabayar dan otorisasi SMS. Kini, kota-kota lain, seperti New York dan beberapa kota di Eropa juga memberikan akses layanan WiFi serupa.

4. Dekat Kutub Utara

Ya, hampir di kutub utara, hotspot WiFi ada di sana. Dua karyawan perusahaan Intel yang berbasis di Moskow-lah yang pada tahun 2005 memasang hotspot WiFi tersebut. Lebih tepatnya, lokasi hotspot WiFi berada di Barneo Ice Camp, yang hanya berjarak 80 km dari Kutub Utara. Pemasangan hotspot WiFi tersebut adalah untuk membantu para penjelajah melakukan penelitian di wilayah Kutub Utara. Kalau tujuannya bukan untuk membantu penelitian, siapa juga coba yang mau WiFi-an di tempat sedingin itu.

 

5. Di atas punggung keledai di Israel

Di Kfar Kedem, sebuah tempat wisata berlatar sejarah di Israel, pengunjung dapat mengendarai keledai berkeliling sekitar hutan di taman wisata untuk mengenang dan merasakan kehidupan masyarakat di Israel di masa lalu pada abad pertama dan kedua Masehi. Uniknya, pengunjung yang berkeliling sekitar dengan mengendarai keledai dapat mengakses layanan WiFi. Lokasi hotspot-nya tak lain dan tak bukan adalah di punggung keledai yang dinaiki pengunjung tersebut. Jadi, di setiap leher keledai di Kfar Kedem ini terdapat tas yang berisi router. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi para pengunjung yang mengendarai keledai agar dapat mendokumentasikan perjalanannya dan mengunggahnya ke internet saat itu juga. Wah, jadi penasaran, kira-kira apa ya nama hotspot WiFi-nya?

6. Bulan

Nggak cukup di bumi aja,  di bulan pun ternyata juga ada hotspot WiFi. Jadi, para astronot  pada tahun 2014 telah memasang fasilitas WiFi di satelit bumi ini. Pemasangan tersebut awalnya bermula dari pemikiran bahwa apabila generasi masa depan akan berakhir dengan hidup di bulan, mereka akan tetap dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di bumi. Wah, futuristik sekali ya.

 

7. Di pemakaman di Spanyol

Kok kayaknya aneh ya kalau di pemakaman disediakan fasilitas WiFi. Iya emang aneh, tapi fasilitas WiFi beneran ada di pemakaman De San Jose, Granada, Spanyol, sejak tahun 2013. Aneh, tapi masuk akal juga karena fasilitas WiFi disediakan untuk memenuhi banyaknya permintaan pengunjung pada waktu itu agar mereka lebih mudah untuk mengakses database dan menemukan makam orang yang mereka cari. Fasilitas WiFi nggak cuma ada di pemakaman De San Jose, lho, tapi juga ada di beberapa pemakaman lainnya di dunia, misalnya di pemakaman Oak Grove, Kentucky, AS.

 

8. Luar angkasa

Di bumi sudah, di bulan sudah. Di luar angkasa, layanan WiFi juga akan segera sudah. Perusahaan pesawat antariksa komersial pertama di dunia, Virgin Galactic, kabarnya akan menyediakan fasilitas WiFi di pesawat untuk para penumpangnya yang berwisata ke luar angkasa. Belum dapat dipastikan sih kapan tepatnya pesawat buatan Virgin Galactic akan benar-benar terbang berwisata ke luar angkasa, tapi ternyata sekitar 700 orang kaya-raya dari seluruh dunia sudah mendaftar. Nah,  kalau kamu juga mau merasakan sensasi serunya berwisata ke luar angkasa sambil WiFi-an gratis di sana, siapkan dulu saja uang sekitar 3,2 M untuk mendaftar ke Virgin Galactic. Kalau nggak mampu, ya udah kita WiFi-an di bumi aja.

 

Dari gunung sampai luar angkasa, lokasi-lokasi penempatan fasilitas WiFi tadi memang unik semua, ya. Ada-ada aja akal briliannya manusia. Bisa nih jadi referensi bagi kamu yang ingin memasang hostpot WiFi di tempat yang nggak biasa. Mau coba?


Marah
Marah
0 %
Gokil
Gokil
0 %
Lucu
Lucu
0 %
Kaget
Kaget
0 %
Suka
Suka
0 %
Aneh
Aneh
0 %
PENULIS
Median
"Nata polah."
SHARES